by

Viral Nakes ‘Dihajar’ KIPI Vaksin Moderna, Lebih ‘Nampol’ dari Sinovac

Wpberita Wordpress Theme

Jakarta – Seorang tenaga kesehatan (nakes) di Surabaya membagikan pengalamannya mendapat booster vaksin Moderna. Efek samping yang muncul disebutnya lebih ‘nampol’ dibanding vaksin Sinovac yang didapatnya pada dosis pertama dan kedua.

Nakes bernama Galuh Prafita (25) tersebut membagikan ceritanya di TikTok, yang lantas viral ke mana-mana. Ia menceritakan, badannya sempat lemas 30 menit setelah disuntik vaksin Moderna.

Dalam 3 jam berikutnya, ia mengalami gemam disertai kram. Keluhan berlanjut ke vertigo disertai mual, lalu disusul ngilu dan kaku di area bekas suntikan.

“Kalau Sinovac, aku efeknya hanya pusing ringan level 1-2 (dari 10). Sumer badan mungkin 36,5 dan jarem di bekas vaksin hanya rendah tingkatan sakitnya. Beda banget sama Moderna,” ujar Galuh pada detikcom, Sabtu (14/8/2021).

Baca juga :  Kapan Vaksin Diperbarui untuk Lawan Varian Delta Cs? Ini Jawaban Peneliti

“Mungkin karena Moderna (efikasinya) 94 persen. Jadi efeknya berasa,” lanjutnya.

Kisah Galuh mendapat banyak reaksi dari para netizen. Ada yang memberinya semangat, ada juga yang mengaku termotivasi untuk cepat-cepat vaksin.

Soal efek samping vaksin Moderna, juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi juga sempat menyinggung efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang pernah dilaporkan setelah pemberian vaksin Moderna.

“Ada (laporan efek samping vaksin Moderna pada nakes), tetapi sifatnya ringan dan dalam 1-3 hari sembuh. Seperti demam, nyeri kepala. Terbanyak pegal dan sakit di tempat penyuntikan,” ujarnya pada detikcom, Jumat (13/8/2021).

Meski demikian, para pakar menyarankan untuk tidak pilih-pilih vaksin. Dalam kondisi saat ini, vaksin terbaik adalah yang tersedia dan paling mudah diakses. Herd immunity terbentuk ketika vaksinasi telah mencakup sebanyak mungkin populasi, apapun jenis vaksinnya.

Baca juga :  Ngelayap Saat Tokyo Diamuk Corona, 2 Judoka Di-kick dari Olimpiade

Simak Video “Efek Samping Vaksin Moderna: Nyeri hingga Sakit Kepala
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)


Tema WordPress Berita

Source Link : bacaHealth.

Comment

Leave a Reply

News Feed