The Marketing Mix, Strategi Cuan Bisnis Berjualan

The Marketing mix merupakan strategi berjualan yang mengombinasikan Product, Promotion, Price, and Place. Strategi ini berbilang efektif untuk bisnis berjualan karena setiap komponen yang memiliki peran tersebut menjadi lebih efisien dengan hadirnya kombinasi komponen lain.

The Marketing Mix, Strategi Cuan Bisnis Berjualan
The Marketing Mix, Strategi Cuan Bisnis Berjualan

The Marketing Mix, Strategi Cuan Bisnis Berjualan- Berjualan barang merupakan salah satu jenis usaha bisnis yang terus eksis hingga saat ini. Berbagai macam produk dan model semuanya telah tersedia.

Bisnis jualan ini juga makin diminati karena modal yang dibutuhkan dapat menyesuaikan dengan kemampuan alias tidak selalu besar, misalnya saja membuka julan macaroni pedas dengan modal 100 an ribu. 

Namun, untuk mencapai kesuksesan berbisnisini rupanya berjualan tak semudah yang kita kira. Bayangkan saja, misalnya pada item berupa baju, ada berapa brand yang menjual item tersebut? 

Pastinya sangat banyak, bahkan persaingan ini pula yang menjadi momok menakutkan dalam membuka bisnis jualan sehingga perlombaan promosi menjadi dikejar oleh para pebisnis jualan.

Agar dapat berjualan dan memperoleh omset seperti yang diharapkan, rupanya sekedar promosi saja tidak cukup. Ada sebuah strategi “The Marketing Mix” yang dapat membuat bisnis jualan kalian menjadi lebih laris. 

Apa itu “The Marketing Mix”?

Marketing mix merupakan strategi berjualan yang mengombinasikan Product, Promotion, Price, and Place. Strategi ini berbilang efektif untuk bisnis berjualan karena setiap komponen yang memiliki peran tersebut menjadi lebih efisien dengan hadirnya kombinasi komponen lain.

Perhatikan gambar diatas artikel, disana semua komponen berada dalam sebuah kotak yang saling terkoneksi. Yup! Begitulah gambaran sederhana dari The Marketing Mix.

Products

Sobat bebas menentukan product apapun dalam berbisnis jualan, namun tentunya pertimbangan seperti kebutuhan dan kelangkaan juga dapat diperhatikan untuk membuka sebuah bisnis yang menarik minat.

Lebih dari sekedar product, pehatikan juga hal lain seperti packaging-nya yang membedakan dengan competitor untuk membuat produk dan brand kalian menjadi dikenal.

Prices

Penentuan price (Harga) dalam produk ini tidak bisa lepas dari values baik itu kenyamanan ataupun pretise. Biasanya customer memilih produk dengan harga lebih rendah untuk perbandingan item yang sama. Memperhatikan daya beli memang baik, tapi jangan lupa pertimbangkan dengan modal product.

Place

Place yang dimaksud bukanya “Tempat”, namun lebih kearah jaringan distribusi. Sederhananya, seberapa mudah orang untuk mendapatkan produkmu. Jika juga berpaku pada kebutuhan pasar, maka jenis item juga harus diperhatikan sejak awal perintisan usaha.

Promotion

Promosi adalah hal yang sangat wajib dilakukan untuk building bisnis-mu, promosi ini bisa dilakukan dengan cara tradisional ataupun digital. Kini, berbagai media promosi telah gampang dijumpai bahkan dengan harga mulai dari dibawah 100 ribu.

Kesimpulan

“The Marketing mix” ini merupakan sebuah strategi yang memadukan hubungan antara komponen Product, Price, Place and Promotion untuk menciptakan building di pasar.

Keempat komponen tersebut memiliki peran berbeda untuk bisnis di pasar, oleh sebab itu dengan saling menghubungkannya maka akan didapati hasil lebih efisien dari upaya optimalissi di komponen-komponen tersebut.