by

Mentor Bisnis : Apakah Sangat Penting?

Wpberita Wordpress Theme

Memulai bisnis selain membutuhkan keberanian, modal dan sarana, ada satu hal yang biasanya ada pada pebisnis pemula yakni pendampingan. Biasanya jika Anda membuka sebuah bisnis maka akan ada orang yang menuntun Anda menjalankan bisnis di awal. Ia adalah mentor bisnis yang akan senantiasa memberi nasihat tentang apa yang Anda lakukan.

Teman, keluarga Anda, guru, dan bahkan kenalan biasa dapat memberi Anda informasi mengenai bisnis, perkembangan, dan peluang kepada Anda. Mereka hanya akan bertukar informasi seperti kebanyakan orang. Namun berbeda dengan orang yang Anda anggap sebagai mentor bisnis.

Siapa Mentor Bisnis Itu?

Mentor Bisnis
Apakah penting mentor bisnis untuk Anda? Sumber Unsplash

Seorang kawan atau teman bisnis hanya akan membicarakan bisnis seperti halnya pembicaraan biasa dan tidak ada dampak dengan bisnis Anda. Akan tetapi seorang  mentor bisnis akan benar-benar dapat berbagi apapun dimana masukkannya berdampak pada kebijaksanaan yang Anda lakukan secara berkelanjutan.

Dengan cara yang dilakukannya, Anda bisa memutuskan suatu klebijakan yang nantinya dapat berdampak langsung dan positif pada pertumbuhan bisnis Anda dari waktu ke waktu. Inilah mentor bisnis yang sesungguhnya, dimana dia akan memiliki andil dalam perkembangan bisnis Anda.

Seorang mentor bisnis adalah seseorang dengan pengalaman bisnis wirausaha lebih dari Anda.  Banyak mentor bisnis mungkin menyarankan kepada Anda untuk mengembangkan keterampilan. Hingga nantinya mentor bisnis Anda pun dapat belajar tentang ide, strategi, dan taktik baru dari Anda, sama seperti Anda akan belajar dari merekatentang pengalaman yang telah mereka lalui.

Mengapa Anda Perlu Mentor Bisnis?

Meskipun ada beberapa pebisnis yang benar-benar berdiri sendiri dan tanpa bimbingan orang lain yang di khususkan sebagai mentor. Namun untuk langkah bisnis yang lebih efisien tentu alangkah baiknya menggandeng orang lain untuk dijadika mentor.

Inilah beberapa keuntungan memiliki mentor bisnis ketika membangun sebuah bisnis:

1. Sumber Rujukan

Begitu Anda memulai bisnis Anda sendiri , tidak ada bos bahkan rekan kerja yang bisa Anda mintai saran atau arahan saat Anda dalam keadaan darurat. Meskipun Anda mungkin bisa menyelesaikannya sendiri, namun alangkah baiknya meminta nasihat dari orang lain sebagai masukan. Semua orang membutuhkan dukungan ketika jatuh. Dengan memiliki mentor bisnis Anda bisa mendapatkan rujukan ketika memiliki masalah.

Baca juga :  Peluang Bisnis Dengan Aplikasi Android Tanpa Coding

2. Menghindari Jatuh Pada kesalahan Yang Sama

Manfaat paling bisa dirasakan ketika memiliki mentor adalah Anda dapat belajar dari kesalahan dan kesuksesan mereka sebelumnya. Anda tidak perlu melakukan kesalahan yang sama ketika Anda memiliki mentor. Seorang mentor akan memberikan arahan siapapun yang ia mentori untuk tidak jatuh pada kesalahan yang pernah dilakukannya.

Mereka tidak harus mengikuti tren atau teknologi terbaru untuk menjadi mentor Anda yang mungkin lebih muda usianya. Peran mentor Anda adalah untuk berbagi dengan Anda pelajaran dari pengalaman mereka dengan harapan Anda dapat mempelajarinya.

3. Layanan Gratis

Apa beda konsultan dan mentor? Ketika Anda menghubungi perusahaan konsultan bisnis dan meminta mereka untuk mendampingi Anda dalam menjalankan bisnis, maka mereka akan memasang tarif untuk Anda. Seperti itulah pekerjaan konsultan bisnis. Ini sangat berbeda dengan mentor bisnis.

Jika Anda menempatkan sahabat Anda, keluarga Anda, kerabat atau rekan kerja sebagai mentor bisnis, maka Anda tidak perlu membayar mereka dengan sejumlah uang. Anda hanya perlu mengakrabkan hubungan dengan hal menarik seperti bingkisan, hadiah, traktiran dan sebagainya. Menempatkan mentor yang tepat di bisnis Anda bisa sepenuhnya gratis.

4. Perluasan Jaringan Bisnis

Sebagai pebisnis berpengalaman, kemungkinan besar mentor Anda memiliki jaringan yang luas, dan dapat menawarkan Anda akses jaringannya. Dalam bisnis, jaringan menjadi sangat penting. Karena itu tidak semua jaringan bisnis akan mudah menerima pendatang baru. Namun dengan mentor Anda yang membawa Anda berada di jaringannya, ini akan menjadi lebih mudah.

5. Hubungan Jangka Panjang Yang Bermanfaat

Mentor Anda dan Anda tentu tidak memiliki motif tersembunyi dalam membuka hubungan, ia tidak menjual apapun kepada Anda dan Anda juga tidak mengambil keuntungan materiil dari mentor Anda. Namun ketika hubungan berkembang dari waktu ke waktu, kepercayaan itu bisa tumbuh lebih kuat.

Baca juga :  [Terbaik] Ini dia Cara Jadi Youtuber Sukses Bagi Pemula

Ini akan menjadi hubungan yang lebih dalam dan tentu bermanfaat bagi keberlangsungan bisnis masing-masing. Seperti, Anda atau mentor Anda mungkin tidak perlu menghadapi kesulitan dalam menambah  modal. Mungkin kedepannya Anda bisa bekerja sama untuk permodalan bersama.

Inilah Mentor Bisnis Anda!

Mentor Bisnis
Jangan salah memilih mentor. Sumber Unsplash

Orang seperti apa yang harus Anda cari untuk dijadikan mentor bisnis Anda? Berikut adalah tujuh type orang yang bisa Anda jadikan mentor bisnis Anda :

1. Ada di Lingkaran Anda

Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki hubungan yang baik dan cocok dengan mentor Anda. Itulah mengapa Anda harus terlebih dahulu melakukan penilaian diri secara menyeluruh, sebelum memutuskan memilih seseoranmg untuk dijadikan mentor. Ini bisa Anda temukan di dalam lingkaran komunitas Anda sendiri.

Biasanya pengusaha muslim akan memilih mentor diantara pengusaha muslim lainnya. Begitu juga pengusaha dari kalangan ras tertentu, akan lebih memilih di kalangan ras yang sama. Ini bukan masalah diskriminasi, namun lebih cenderung kepada kecocokan masing-masing. Namun kecenderungan ini tidak mutlak.

2. Bersedia Membersamai Anda

Anda tidak hanya memerlukan orang yang memiliki pengalaman lebih dalam berbisnis dan cocok ketika berbicara denga Anda. Namun Anda harus memastikan orang tersebut bersedia dan memiliki cukup waktu ketika Anda menginginkan pembicaraan yang serius. Tentu sajaa seorang pebisnis memiliki kesibukan tersendiri.

Akan ditemukan banyak pebisnis yang memiliki pengalaman bisnis yang matang. Dan mereka tentu bisa menginspirasi Anda ketika Anda berbisnis. Namun Anda akan sangat sedikit menemukan orang yang bisa meluangkan waktu berbicara dengan Anda, bahkan mengajari Anda sesuatu yang bermanfaat untuk bisnis.

3. Pendengar Yang Baik

Apakah seorang menot akan memberikan solusi ketika Anda memiliki kesulitan dalam menjalankan bisnis? Belum tentu.

Baca juga :  Tips kamera iPhone SE: 6 cara untuk mengambil foto yang lebih baik

Seorang mentor belum tentu memilik solusi, karena mereka meminliki urusannya tersendiri dan bisa jadi ketika mereka ikut campur menyelesaikan urusan Anda, maka seolah mentor Anda akan mencampuri urusan orang lain yang sebenarnya bisa ditangani sendiri.

Anda hanya membutuhkan orang yang sanggup menjadi pendengar yang baik ketika Anda mengutarakan permasalahan yang Anda hadapi. Mereka hanya akan memberikan motivasi, masukan dan mungkin nasihat yang sebenarnya Anda sendiri akan mengetahui apa yang nantinya akan mereka katakan.

Namun setidaknya dengan masukan dari orang yang lebih mapan dan lebih berpengalaman maka Anda akan terbantu dalam menentukan keputusan bisnis.

4. Memiliki Sikap Positif

Peran seorang mentor dalam mendorong Anda dan membangun kepercayaan diri Anda sangat penting. Karena itu pastikan mentor bisnis Anda memiliki sikap positif dan optimis. Namun dukungan yang diberikan kepada orang yang di mentori tentunya harus terukur. Di dalam bisnis segala kebijakan harus terukur karena itu kebijakan tidak hanya bermodal semangat saja.

Mentor Bisnis
Pastikan mentor Anda menumbuhkan sikap optimis. Sumber Unsplash

5. Memiliki Sikap Terbuka

Seorang mentor yang memiliki pemikiran terbuka akan menerima masukan dari siapapun termasuk Anda sendiri. Selain itu berbagai trik bisnis bisa Anda dapatkan dengan gratis ketika Anda mendapatkan mentor yang berpemikiran terbuka dan mau berbagi degan Anda.

Kesimpulan

Menggunakan jasa mentoring dalam menjalankan bisnis adalah merupakan hal penting. Mereka akan memberikan Anda pelajaran berharga dalam menjalankan bisnis. Namun Anda tidak serta merta mengandalkan mereka seluruhnya dalam bisnis. Anda perlu memiliki inisiatif sendiri.

Selain mengandalkan mentoring, Anda bisa melejitkan bisnis melalui pemasaran digital. Kami dari SEO Anak Sholeh menyediakan layanan pemasaran digital meliputi jasa pembuatan website, jasa landing page, jasa SEO dan jasa lainnya yang berhubungan dengan digital marketing. Segera hubungi kami.

Tema WordPress Berita

Source Seo Anak Sholeh

Comment

Leave a Reply

News Feed