Wpberita Wordpress Theme

Persaingan produk dan jasa di dunia bisnis mengharuskan setiap pebisnis atau perusahaan untuk melakukan ekspansi dengan memperbanyak pelanggan. Salah satu cara agar pelanggan bertambah adalah dengan melakukan iklan. Dengan membuat iklan yang efektif maka pelanggan akan banyak yang mempertimbangkan untuk membelinya.

Bahkan bisnis iklan sendiri merupakan bisnis yang menggiurkan dimana persaingan saat ini sangat ketat. Berbagai media digunakan untuk beriklan, bahkan anda bisa menganggarkan sesuai dengan budget iklan yang anda rencanakan, terutama dalam strategi digital marketing seperti iklan berbayar Google. Dan tentu saja iklan yang berhasil adalah iklan yang efektif dalam pembuatannya dan pemasangannya. 

Iklan Digital vs Iklan Tradisional, Mana Iklan Yang Efektif ?

Iklan digital mulai menjamur, apakah iklan tradisional ditinggalkan ? Sumber Unsplash

Mungkin diantara anda ada yang masih menggunakan iklan tradisional, seperti iklan dengan spanduk, brosur, flyer atau iklan di media cetak. Sebagian yang lain sudah beralih sepenuhnya menggunakan iklan digital. Di masa digital sekarang ini memang sepertinya kurang afdhol ketika berbisnis tanpa menggunakan media digital.

Dengan demikian apakah marketing tradisional perlu ditinggalkan dan beralih ke digital marketing secara keseluruhan ?

Sebenarnya ketika anda menjalankan marketing digital, anda tidak perlu meninggalkan tradisional marketing. Keduanya bisa berjalan beriringan. Meskipun anda menjalankan bisnis anda sepenuhnya dengan online, namun terkadang untuk memberikan bukti keberadaan bisnis tersebut diperlukan tanda lokasi di aplikasi map.

Demikian pula untuk menandakan keberadaan bisnis anda secara nyata, menandakan lokasi bisnis anda bukanlah lokasi fiktif maka anda perlu menambahkan penanda seperti papan nama, spanduk atau mungkin billboard sebagai penanda. Itulah sebenarnya tradisional marketing. Ketika anda masih menggunakan media tersebut maka anda masih menggunakan sarana marketing tradisional.

Karena itu keberadaan cara-cara tradisional dalam marketing terkadang masih di perlukan. Yang menjadi fokus adalah, baik itu iklan digital maupun iklan tradisional, anda harus membuatnya seefektif mungkin. Dengan iklan yang efektif anda akan mudah menarik pelanggan baru untuk masuk ke bisnis anda.

Baca juga:  'Lautan terbakar lagi': Gunung lumpur meledak, menerangi Laut Kaspia

Membuat Iklan Yang Efektif

Keberadaan iklan yang efektif selain mampu menarik minat pelanggan baru, juga menjadikan biaya operasional periklanan anda menjadi lebih hemat. Jika anda menggunakan iklan dengan kualitas buruk memerlukan 10 kali tayang untuk mendapatkan pelanggan, mungkin jika iklan anda efektif tidak memerlukan beberapa kali penayangan. Dan tentu hal ini bisa menghemat pengeluaran.

Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan untuk membuat iklan yang efektif.

Dapatkan audiens yang tepat untuk iklan anda. Sumber Unbsplash

1.  Fokus Pada Target Audiens

Pastikan untuk memilih pasar sasaran yang paling cocok untuk bisnis anda. Sangat penting bagi anda untuk memilih kelompok tertentu untuk dijadikan audiens sasaran iklan. Prospek ini jelas akan memanfaatkan produk atau layanan anda secara maksimal. Lakukan riset yang cukup sehingga anda tahu cara memasarkan produk atau layanan dengan iklan yang efektif.

TikTok sangat cocok untuk pangsa pasar remaja, namun orang tua kurang terterik dengan platform ini. Begitu juga dengan ppenyebaran flyer promo restoran menengah aatas, tentu akan lebih efektif jika anda sebar di perkantoran atau perumahan elit.

2. Tekankan Kelebihan Produk Anda

Sangat penting untuk menyoroti manfaat yang diberikan produk atau jasa yang anda tawarkan kepada pelanggan. Mereka harus tahu persis apa yang anda tawarkan, serta apa keunggulan produk atau jasa yang anda ttawarkan dibandingkan merek lain. Pelanggan membutuhkan informasi tentang apa yang mereka butuhkan dari anda sehingga mereka dapat mempercayai anda.

3. Kontrol Anggaran

Jika anda membatasi diri anda dengan anggaran yang ketat untuk iklan, ini dapat mengurangi keefektifannya. Penting untuk dicatat bahwa anda harus mengeluarkan uang untuk menghasilkan uang. Sangat penting untuk mengalokasikan uang anda di tempat yang akan menghasilkan iklan yang paling efektif.

Sebaiknya berinvestasi dalam iklan anda dengan iklan yang efektif karena ini akan menghasilkan pelanggan baru yang nantinya akan mendatangkan lebih banyak pendapatan. Pasti ada cara bagi anda untuk menghemat uang, meskipun penting untuk diperhatikan bahwa iklan yang efektif biasanya menggunakan biaya lebih mahal. Anggaran yang anda belanjakan akan mempengaruhi hasil.

Baca juga:  Desain Website dan Tips Penting Desain

4. Jadikan Brand Anda Menonjol

Trik untuk beriklan yang efektif adalah memastikan bisnis anda menonjol di kancah persaingan. Pelanggan ingin melihat yang terbaik dari brand yang ada dan perlu tahu mengapa penting bagi mereka untuk memilih anda. Perusahaan anda harus membangun citra merek yang kuat yang terlihat menarik dan dapat diandalkan, istilahnya adalah branding. Dengan demikian, brand atau merk anda lebih tertanam dalam ingatan mereka daripada merek pesaing.

5. Perhatikan Elemen Iklan

Anda perlu memperhatikan elemen iklan sebelum anda meluncurkan iklan tersebut.  Tulis judul yang membuat tawaran anda penting dan perlu ditindaklanjuti. Dengan cara ini akan membuat calon pelanggan atau prospek perlu menghubungia anda dengan segera. Selain judul, anda bisa memaksimalkan dengan penambahan sub-judul jika space untuk judul dirasa kurang. Grafis atau visualisasi juga harus dibuat semenarik mungkin.

6. Penawaran Yang Nyaman

Pernahkah anda ditawari sesuatu oleh sales di mall atau suatu tempat dan anda sendiri menjadi tidak nyaman ? Mungkin dalam menawarkan tidak menggunakan attitude yang benar, atau mereka menawarkan dengan setengah memaksa ? hal seperti ini justru akan membuat pelanggan lari.

Pastikan ketika anda melakukan penawaran, calon konsumen merasas nyaman dengan penawaran anda. Buat iklan yang jujur, tidak berlebihan dan masuk akal. Iklan yang terlalu berlebihan terkadang menjadikan konsumen merasa seperti di bohongi dan mereka akan jengah ketika melihat iklan anda tayang.

7. Buat Berbeda

Pastikan kampanye iklan anda sedikit berbeda setiap kali aanda menayangkan iklan secara berkala. Mungkin anda bisa membuat semacam serial dan iklan saat ini merupakan perpanjangan dari sebelumnya agar cerita tetap berjalan. Jika iklan selalu mirip dengan merek lain, iklan anda akan menjadi membosankan atau bahkan tidak dapat diingat. Lakukan eksperimen dengan kampanye iklan anda dan coba hal-hal baru untuk membuat iklan yang efektif.

Baca juga:  Direct Marketing : Apakah Cocok dengan Bisnis Anda?

8. Strategi Yang Tepat

Penelitian sangat penting dilakukan untuk mengetahui segala tentang target pasar anda. Jangan salah dalam penempatan iklan yang tidak akan memberi anda keuntungan. Pastikan untuk menginvestasikan uang anda di tempat yang benar dan tidak membuang modal untuk iklan yang tidak akan diperhatikan oleh target pasar anda. Anda dapat memilih, sebaiknya dimana anda beriklan.

9. Lakukan Pengujian

Jika anda masih memiliki waktu yang longgar sebelum iklan tayang maka anda bisa mengumpulkan grup khusus yang fokus pada pemberian umpan balik tentang iklan anda sebelum iklan anda diluncurkan untuk menarik perhatian publik. Dengan melakukan pengujian di hadapan orang yang kompeten, maka kesalahan yang anda perbuat akan mudah terdeteksi sebelum iklan anda tayang dan di konsumsi publik.

10. Pantau Progres

Pantau iklan anda, seberapa efektif iklan berjalan. Sumber Unsplash

Pastikan anda memperhatikan iklan anda setelah dipublikasikan untuk melihat mana yang berhasil dan mana yang tidak. Tindak lanjuti dan pastikan anda bertanya kepada pelanggan baru di mana mereka pertama kali mendengar tentang produk anda untuk mengetahui dengan tepat di mana tempa beriklan paling efektif.

Penutup

Beriklan tidak hanya mengandalkan dana anggaran yang besar dengan penempatan iklan dimana-mana. Jika dengan dana yang besar namun iklan yang dibuat ternyata tidak efektif, maka hanya akan terjadi penghamburan anggaran untuk iklan. Dibutuhkan studi mendalam dan juga perencanaan untuk membuat iklan yang efektif.

Karena itu, untuk anda yang merencanakan untuk membuat iklan yang efektif terutama di dunia digital, anda bisa mempercayakan kepada kami. SEO Anak Sholeh yang bererak dalam bidang SEO dan jasa pembuatan website, berpengalaman dalam memaksimalkan website yang teroptimasi sebagai media marketing. Segera menghubungi kami sebelum slot terbatas !

Tema WordPress Berita

Source Seo Anak Sholeh

Leave a Reply