by

Bantul Targetkan Penyuntikan Booster Moderna Selesai dalam Sebulan

Wpberita Wordpress Theme


Bantul – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul mengaku telah mengajukan sekitar 7.000 tenaga kesehatan (nakes) untuk mendapatkan booster atau vaksinasi ketiga dengan vaksin Moderna. Selain itu, Dinkes sebut vaksinasi ditarget sebukan selesai karena rantai beku (cold chain) untuk penyimpanan vaksin tidak ada yang -20 derajat Celcius.

Kepala Dinkes Bantul Agus Budi Raharja mengatakan, bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan proses verifikasi data penerima booster Moderna. Bahkan pihaknya tengah mengimpulkan pakta integritas agar peruntukan vaksin Moderna betul-betul tepat sasaran.

“Ini baru mengumpulkan pakta integritas dari masing-masing unit kami seperti Puskesmas dan fasyankes agar peruntukannya tepat. Karena kabarnya kan moderna sudah sampai di DIY, jadi kita tunggu sampai data lengkap sehingga vaksin datang ke Bantul langsung bisa disuntikkan,” saat ditemui di Kantor Dinkes Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Senin (2/8/2021).

Baca juga :  Mau Scan QR Code PeduliLindungi, Eh Jaringan Error

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi tahap ketiga bagi nakes di Bantul akan berlangsung selama satu bulan. Pasalnya cold chain di Bantul tidak ada yang minus 20 derajat Celcius.

“Kita punya untuk suhu 2-8 derajat, kalau minus 20 belum punya. Jadi alternatifnya kalau datang ya kita simpan dan durasi sebulan, karena itu harus selesai sebulan syukur-syukur kurang dari sebulan,” ucapnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Bantul Sri Wahyu Joko Santoso menjelaskan, jika penyimpanan vaksin Moderna harus dalam keadaan beku dengan suhu minus 20 derajat. Bahkan, apabila sudah dalam keadaan tidak beku Moderna tidak boleh kembali dibekukan. Karena itu vaksinasi dosis ketiga untuk nakes akan berlangsung cepat.

Baca juga :  Habis Tsunami COVID-19, India Kok Diterjang Tsunami Diabetes? Ini Kata Pakar

“Penyimpanan Moderna ini disarankan dalam keadaan beku minus 20 derajat. Lalau seandainya tidak ada minus 20 itu ada toleransi untuk disimpan di antara 2-8 derajat, tapi masanya jadi lebih pendek hanya bisa 1 bulan,” ucapnya.

“Dan Moderna itu kalau sudah keluar dalam keadaan tidak beku tidak boleh dikembalikan lagi ke tempat pembekuan. Misal, kita keluarkan 10 vial dari tempat pembekuan, sisa 1 vial nah itu tidak boleh dibekukan lagi tapi harus disimpan di 2-8 derajat untuk bisa dipakai besoknya lagi,” lanjutnya.



Simak Video “Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19
[Gambas:Video 20detik]


Tema WordPress Berita

Source Link : bacaHealth.

Baca juga :  Stop Berburu Merek Tertentu! Semua Vaksin COVID-19 Dipastikan Aman
PROMO Paket Desainweb Terbaik, Gratis Hosting Selama 5 Tahun

Comment

Leave a Reply

News Feed