9 Tips Penting untuk Menjaga Tanaman Rumah Anda Tetap Sehat

Inilah 9 Tips Penting untuk Menjaga Tanaman Rumah Anda Tetap Sehat yang wajib kamu ketahui untuk meningkatkan kenyamanan di rumah anda.

9 Tips Penting untuk Menjaga Tanaman Rumah Anda Tetap Sehat
9 Tips Penting untuk Menjaga Tanaman Rumah Anda Tetap Sehat

Tidak peduli tanaman apa yang Anda miliki dalam koleksi Anda, mereka semua memiliki kebutuhan dasar yang sama. Berikut adalah cara untuk menjaga tanaman agar selalu dalam kondisi prima.

Jika Anda adalah orang tua tanaman baru, semua perawatan yang dilakukan untuk menjaga tanaman hias Anda tetap bahagia bisa terasa sedikit berlebihan pada awalnya.

Namun, sebagian besar tanaman Anda tidak memerlukan perhatian terus-menerus untuk tetap sehat. Selain mengingat air, ada banyak tanaman hias yang mudah dirawat yang hanya membutuhkan sedikit perawatan beberapa kali setiap tahun.

Ketika Anda perlu turun tangan dan melakukan pemangkasan atau memotong beberapa daun yang mulai menguning , tips ini akan memberi Anda pengetahuan yang Anda butuhkan untuk merawat tanaman Anda dengan percaya diri.

9 Tips Penting untuk Menjaga Tanaman Rumah Anda Tetap Sehat

1. Menyiram Tanaman Rumah Anda

Semua tanaman hias memiliki persyaratan penyiraman yang sedikit berbeda , tergantung pada bagaimana mereka tumbuh dan perubahan pertumbuhan tanaman sepanjang musim. Yang terbaik adalah menyiram sesuai kebutuhan daripada dengan jadwal kalender yang ditetapkan.

Secara umum, tanaman yang tumbuh di tanah yang dikeringkan dengan baik dalam wadah ukuran yang sesuai harus disiram ketika bagian atas 1/2 hingga 1 inci tanah terasa kering.

Kaktus dan sukulen membutuhkan lebih sedikit air ; tanaman berbunga biasanya membutuhkan sedikit lebih banyak. Overwatering adalah salah satu penyebab paling umum kematian tanaman hias. Jika Anda tidak yakin berapa banyak yang harus disiram, lebih baik melakukan kesalahan di sisi kering daripada memberi tanaman Anda terlalu banyak kelembapan.

2. Pupuk Tanaman Rumah Secara Berkala

Seperti halnya menyiram, tidak ada aturan yang mudah untuk mengetahui berapa banyak yang harus dipupuk : Itu tergantung pada tingkat pertumbuhan dan usia tanaman, dan waktu dalam setahun.

Sebagian besar tanaman hias mengalami lonjakan pertumbuhan di musim semi dan musim panas, jadi ini adalah waktu terbaik untuk memupuknya. Selama hari-hari pendek musim gugur dan musim dingin, kebanyakan tanaman hias tidak membutuhkan banyak, jika ada, pupuk. Ikuti petunjuk label untuk mengetahui berapa banyak makanan nabati yang harus digunakan.

Seperti penyiraman yang berlebihan, penting untuk menghindari pemupukan berlebihan pada tanaman hias Anda. Terlalu banyak pupuk dapat membakar akarnya dan menghambat pertumbuhannya.

Untuk varietas berbunga, gunakan pupuk di mana tiga angka pada label ( masing-masing nitrogen, fosfor, dan kalium ) relatif sama. Jika kandungan nitrogen terlalu tinggi, tanaman dapat menumbuhkan banyak daun, tetapi sedikit bunga.

3. Perbanyak Tanaman Hias Saat Dibutuhkan

Beberapa jenis tanaman hias mendapat manfaat dari diperbanyak dengan pembagian atau metode lain sesekali. Ini membantu meremajakan tanaman yang terlalu banyak tumbuh dan mendorong pertumbuhan segar. Plus, ini adalah cara yang murah untuk mendapatkan lebih banyak tanaman dari yang sudah Anda miliki.

Beberapa tanaman hias, seperti bromeliad, mengirim tunas baru di dasar tanaman atau offset, yang dapat Anda bagi dan masukkan ke dalam pot baru.

Tanaman hias memanjat seperti philodendron dan pothos membentuk akar baru di mana batangnya bersentuhan dengan tanah, jadi mereka adalah kandidat yang baik untuk memulai tanaman baru dari stek .

Dan Anda dapat membasmi violet Afrika baru dari satu daun; hanya menempatkan ujung batang dalam sedikit air selama beberapa minggu.

Tanaman hias lainnya, seperti tanaman laba -laba dan begonia stroberi , berkembang biak dengan mengirimkan pelari dengan planlet baru di ujungnya. Sangat mudah untuk membasmi ini untuk memulai tanaman baru; biasanya,

Anda hanya perlu merendam pangkal planlet dalam air selama beberapa hari untuk membantu mereka mengembangkan akar, dan kemudian Anda bisa menanamnya di tanah.

4. Repot Tanaman Rumah yang Ditumbuhi Tanaman

Tidak yakin apakah tanaman hias Anda perlu direpoting ? Periksa sistem root. Jika akarnya melingkari bagian dalam wadah, mungkin sudah waktunya untuk merepoting tanaman. Jika tanaman telah melebihi potnya, Anda dapat memindahkannya ke wadah yang sedikit lebih besar.

Jika Anda ingin menyimpannya di pot yang sama, potong sebagian akarnya dengan pisau tajam dan tanam kembali ke dalam wadah menggunakan tanah pot yang baru .

Saat Anda merepoting tanaman hias Anda, ini juga saat yang tepat untuk membaginya dengan banyak batang untuk membuat tanaman baru. Musim semi dan musim panas adalah musim terbaik untuk merepoting tanaman hias Anda.

5. Membersihkan Debu Dari Tanaman

Hampir semua tanaman hias terlihat lebih baik dengan pembersihan rutin. Debu mengumpul pada daun, jadi cucilah dengan pancuran air suhu kamar yang lembut atau bersihkan dengan sikat lembut jika tanaman memiliki daun berbulu (yang dapat menahan kelembapan dan mendorong penyakit).

Untuk tanaman rumah dengan daun halus, Anda juga dapat menggunakan kain untuk menyeka debu yang terkumpul di daun dengan lembut. Ini tidak hanya meningkatkan penampilan tanaman Anda, tetapi juga membantunya menyerap lebih banyak cahaya.

6. Pangkas dan Pinch Back Houseplants

Anda dapat memangkas setiap saat sepanjang tahun, tetapi musim gugur adalah waktu yang alami untuk memotong gunting pemangkasan Anda ($ 13, The Home Depot ) setelah musim panas pertumbuhan. Alasan utama untuk memangkas tanaman hias adalah untuk membuatnya terlihat lebih baik dan mencegahnya menjadi terlalu besar.

Mirip dengan menyebarkan, memotong tanaman hias yang tumbuh terlalu tinggi hingga setinggi 4 hingga 6 inci membantu meremajakannya. Teknik ini efektif dalam mendorong pertumbuhan baru untuk tanaman trailing seperti ivy Swedia dan pothos yang mungkin telah gundul di pangkalnya.

Cobalah untuk membuat potongan Anda tepat di atas satu set kuncup atau tunas samping pada batang yang ingin Anda potong. Di sinilah pertumbuhan baru akan dimulai. Juga, singkirkan daun dan batang yang mati atau sakit untuk membantu mencegah penyebaran penyakit.

Mencubit berarti menghilangkan ujung batang, baik dengan kuku atau pemangkas. Jepit ujung batang dan daun paling atas untuk mendorong pertumbuhan tunas samping. Tanaman yang tumbuh cepat sering terlihat paling baik dengan sering dicubit agar tetap kompak dan penuh.

7. Bunga Deadhead dan Buang Daun yang Mati

Pangkas bunga pudar dari tanaman Anda untuk mendorong lebih banyak mekar dan membantu mencegah masalah penyakit. Saat Anda melakukannya, pastikan untuk membuang daun kuning, coklat, atau layu.

Salah satu menjaga tanaman rumah dengan menggunakan pemangkas tangan bermata sempit ($15, The Home Depot ) atau gunting tajam untuk membuat potongan yang bersih tanpa merobek batang tanaman. Sebaiknya bersihkan bilah pemangkas Anda dengan alkohol sebelum pindah ke tanaman lain untuk menghindari penyebaran hama dan penyakit.

8. Pengendalian Hama Serangga

Beberapa serangga umumnya menyerang tanaman hias. Sabun insektisida ($6, The Home Depot ) adalah pengobatan yang mudah digunakan dan efektif untuk sebagian besar hama bertubuh lunak seperti kutu daun dan tungau laba-laba.

Semprotan air yang kuat dari selang membantu merobohkan populasi hama ini juga. Alkohol gosok efektif pada serangga dengan lapisan lilin seperti sisik dan kutu putih; oleskan dengan bola kapas.

Apa pun perawatan yang Anda gunakan, tetaplah konsisten. Untuk hama yang berkembang biak dengan cepat seperti kutu daun dan tungau laba-laba , Anda mungkin perlu merawat tanaman seminggu sekali selama sekitar satu bulan untuk menyingkirkan hama.

Agas jamur adalah lalat hitam kecil yang berdengung di sekitar tanah dan merupakan hama tanaman hias yang umum, meskipun sering disalahartikan dengan lalat buah.

Anda biasanya melihat agas jamur dalam jumlah besar ketika tanaman terlalu banyak air. Biarkan permukaan tanah mengering di antara penyiraman dan pastikan untuk membersihkan daun mati di permukaan tanah.

Dalam kasus ekstrim, Anda mungkin ingin mencoba merepoting tanaman Anda ke tanah segar dan wadah yang bersih.

9. Waspadai Penyakit Tanaman Rumah

Buang dan musnahkan tanaman hias yang sakit atau daun atau batang yang terkena penyakit saat mereka berkembang untuk mencegah penyebaran penyakit. Beberapa penyakit disebarkan oleh serangga, jadi menjaga populasi serangga dapat membantu mencegah masalah ini.

Beberapa penyakit tanaman hias umum yang harus diwaspadai termasuk embun tepung (terlihat seperti bintik-bintik putih tepung pada daun), bintik-bintik jamur pada daun (bisa berupa bintik-bintik kuning, coklat, atau hitam pada daun), dan busuk akar (lembek, berwarna gelap). akar biasanya disebabkan oleh overwatering).