5 Dampak Postif Sosial Informatika

Teknologi yang mengalami pertumbuhan signifikan secara eksplisit memberi dampak yang sangat besar terhadap kehidupan sosial manusia masa kini.

5 Dampak Postif Sosial Informatika
5 Dampak Postif Sosial Informatika (foto: H. Safrduin Dwi Apriyanto,SPD, Wakil Bupati Bungo)

BACA.NEWS, 5 Dampak Postif Sosial Informatika – Masyarakat dan lingkungan sosial tidaklah dapat di pisahkan, sebagaimana yang kita ketahui bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan antara individu yang satu dengan individu lainnya.

Dalam ilmu sosiolog sendiri di kemukakan bahwa manusia sebagai makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, sehingga manusia juga harus saling berkomunikasi serta saling berinteraksi langsung antar sesama.

Namun, jika melihat fakta yang ada, kehidupan sosial masyarakat saat ini, sepertinya istilah makhluk sosial yang melakukan interaksi sosial secara langsung perlu dicek kembali.

Hal ini karena zaman dan teknologi telah mengubah pola serta sistem kehidupan sosial masyarakat modern.

Teknologi yang mengalami pertumbuhan signifikan secara eksplisit memberi dampak yang sangat besar terhadap kehidupan sosial manusia masa kini.

Munculnya media sosial serta alat-alat komunikasi yang serba efektif dan efisien sebagai salah satu faktor yang mengakibatkan lahirnya manusia-manusia individu yang cenderung egois atau bahkan individualis.

Orang cenderung melakukan hal-hal yang lebih pragmatis untuk berinteraksi sosial.

Dengan melakukan kontak sosial secara langsung, maka dapat diasumsikan sebagai sesuatu yang ribet, tidak memberi keuntungan, membuang waktu dan tak jarang akan di anggap ketinggalan zaman.

Selain karena kemajuan teknologi yang menyajikan berbagai wahana dalam mempercepat komunikasi antar individu.

Salah satu faktor lainnya yang menyebabkan berkurangnya masyarakat sosial adalah adanya mosi tidak percaya kepada lingkungannya sendiri, bahkan dalam lingkup terdekat seperti pada keluarga, tetangga serta lingkungan kerja.

Hal ini sendiri dapat terjadi karena banyaknya terjadi tindakan kriminalitas yang umumnya terjadi justru karena orang-orang di sekitar lingkungan, sehingga seseorang cenderung memilih untuk melakukan segala sesuatunya sendiri

atau melalui alat komunikasi untuk berinteraksi tanpa harus bertemu serta bertatap secara langsung.

Contoh kecil saja yang bisa kita dapatkan misal di kantor, semuanya memiliki kesibukan di luar pekerjaan mereka, yakni sibuk untuk bermain sosial media dan di rumah pun demikian.

Dewasa ini, banyak manusia yang cenderung tidak peka lagi terhadap keadaan di sekitarnya.

Komunikasi serta interaksi sosial dalam sebuah keluarga, lingkungan baik di rumah atau di kantor terkesan lebih egois serta lebih individualis.

Di rumah si ibu dengan teman-temannya, si ayah sibuk twitter-an dengan kolega-koleganya, si anak sibuk bermain game online-nya, sehingga satu sama lain tidak lagi berkomunikasi secara intens.

Bahkan, tidak ada keterbukaan antara istri dan suami, ayah atau ibu dan anak.

5 Dampak Postif Sosial Informatika

Teknologi memungkinkan untuk saling bertemu di luar batas-batas ruang serta budaya mereka sendiri, dengan menciptakan sebuah dunia yang sama sekali baru dari persahabatan-persahabatan potensial.

Namun, penting juga untuk selalu mengingat bahwa kontak virtual tak dapat dan tidak boleh mengganti kontak manusiawi langsung dengan orang orang di setiap tingkat kehidupan kita.

1. Memudahkan Seseorang Berkomunikasi dengan Orang Lain

Dampak positif informatika yang pertama adalah memudahkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya sangat jauh atau bahkan berada di beda negara.

Dengan semakin mudahnya melakukan komunikasi, maka hubungan pun menjadi terjaga menjadi lebih baik.

2. Memudahkan Pemerintah dalam Melakukan Sosialisasi Kebijakan

Setiap kebijakan pemerintah yang baru harus di sosialisasikan oleh pemerintah agar masyarakat terbiasa dengan kebijakan tersebut.

Dengan adanya kemajuan teknologi membuat sosial informatika terus mengalami perkembangan, sehingga seringkali pemerintah menyebarluaskan suatu kebijakan melalui media sosial milik suatu lembaga.

3. Mudah Mengetahui Budaya Luar Negeri

Dengan adanya sosial informatika ini membuat seseorang lebih mudah dalam mengetahui budaya luar negeri.

Dengan begitu, kita tidak perlu repot-repot untuk pergi ke luar negeri hanya untuk mencari sebuah informasi.

4. Mudah Menyebarkan Karya-Karya

Dengan adanya kemajuan teknologi dan juga sosial informatika yang terus berkembang, maka karya-karya anak bangsa akan lebih mudah di sebarluaskan.

Dengan begitu, negara Indonesia akan semakin lebih di kenal oleh banyak masyarakat dunia.

5. Mudah Melakukan Pertukaran Pelajar

5 Dampak Postif Sosial Informatika salah satu bentuk Kemajuan teknologi juga memudahkan seseorang untuk melakukan pertukaran pelajar.

Hal ini karena pendaftaran sudah bisa di lakukan secara online. Dengan begitu, akan banyak masyarakat Indonesia yang dapat menempuh pendidikan di luar negeri.

Kesimpulannya

Dari 5 Dampak Postif Sosial Informatika tersebut kita wajib mengetahui Dampak Negatif Sosial Informatika nya juga, kamu bisa membacanya pada halaman berikutnya.

Dekatkan anaik-anak kita untuk lebih fokus kedalam pendidikan agama, dan memberikan perhatian yang lebih untuk mereka agar bisa menjadi suri tauladan bagi yang lainnya kelak.

Semoga saja informasi ini bermanfaat.

Jika anda berminat mengetahui lebih dalam tentang Informatika Sosial anda bisa membeli buku literasinya di situs resminya Gramedia, silahkan Klik Di SINI