by

21+ Contoh Usaha Makanan Ringan Bisa Bikin Cuan Mengalir

-Bisnis-0 views

Wpberita Wordpress Theme

Usaha makanan ringan menjanjikan

Usaha makanan ringan banyak digemari oleh pengusaha dengan modal pas pasan maupun pemodal besar.

Mengapa?

Sebab makanan memang menjadi kebutuhan semua orang. Jadi, target marketnya luas. Belum lagi jumlah penduduk terus mengalami peningkatan secara pesat.

Jika Kamu pintar menekuni nya serta jago dalam hal promosi dan distribusi, maka usaha makanan ringan bisa sangat menguntungkan.

Kamu pun bisa menjalankan usaha ini sebagai sampingan untuk menambah pemasukan kantong kamu. Atau mungkin bisa jadi usaha besar.

Jenis nya beragam, tergantung selera masyarakat. Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu kegemaran masyarakat sekitar.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi usaha makanan ringan yang bisa di coba untuk menambah pemasukan Kamu.

1. Aneka Rasa Roti Bakar

Makanan Ringan Roti bakar

Via Pixabay.com

Estimasi modal awal

  • Gerobak = +/- Rp1.600.000
  • Wajan Persegi=  +/- Rp300.000
  • Peralatan makan (Piring, garpu, gelas dll) = +/- Rp600.000
  • Meja dan kursi = +/- Rp800.000
  • Uang operasional = +/- Rp500.000

Roti bakar merupakan makanan ringan yang laris dan banyak disukai oleh semua kalangan. Tak heran jika banyak kita jumpai pedagang roti  yang sukses menjalankan usaha mereka.

Dengan bahan dasar roti tawar, Kamu bisa mengolah makanan ini menjadi aneka rasa. Seperti rasa coklat, keju, susu dan lain sebagainya.

Untuk modal pun tidak terlalu besar, bisa dirintis dengan modal kecil terlebih dahulu. Berikut ini estimasi rincian biaya modal awal.

2. Telur Gulung

Telur Gulung

Via detik.com

Telur gulung merupakan jajanan populer baik itu dikalangan anak anak maupun orang dewasa.

Modal yang dibutuhkan sangat kecil, cukup dengan modal seadanya terlebih dahulu, Kamu pun bisa memulai usaha ini.

Lokasi usaha pun bisa dimulai dari teras rumah, dijajakan keliling atau dititipkan di warung sekolah, warung sembako atau para penjual lainnya.

Atau…

Kamu bisa bekerja sama dengan orang lain untuk melakukan promosi, menempatkan dagangan kamu atau bentuk kerja sama lainnya.

3. Keripik Pisang

Makanan Keripik pisang

Via Pixabay

Usaha makanan ringan berikutnya yaitu keripik pisang. Ya, Keripik pisang. Terkesan kecil kecilan bukan? Akan tetapi jika rasanya enak, bisa jadi olahan makanan tersebut digemari oleh banyak kalangan.

Keripik pisang bisa Kamu olah menjadi kekinian dengan sentuhan tertentu. Kamu bisa bisa memoles dengan berbagai macam bumbu dan tampilan agar lebih menarik.

Misalkan keripik pisang rasa keju, rasa coklat, green tea atau model lainnya sesuai dengan kreatifitas Kamu.

4. Basreng

Basreng makanan ringan

Via idntimes.com

Basreng singkatan dari bakso goreng. Cara pengolahannya juga terbilang mudah. Setelah bakso diiris iris kemudian digoreng. Kemudian dicampur dengan bumbu pedas dan gurih.

Basreng merupakan makanan jajanan yang populer dikalangan remaja saat ini. Bahkan hingga kalangan orang tua pun sangat suka dengan makanan ringan ini.

Modal yang diperlukan juga tak terlalu besar, bisa dimulai dengan  modal kecil terlebih dahulu. Peralatan juga bisa digunakan

Berikut ini tips untuk memulainya:

  • Carilah suplier bakso yang tepat
  • Temukan resep khas yang enak
  • Jika Kamu jualan keripik basreng, buatlah kemasan keripik yang menarik.
  • Lakukan analisa pasar dan harga

5. Singkong Taburan Keju

Singkong keju usaha makanan ringan

Usaha makanan ringan yang juga sangat menjanjikan yaitu singkong keju. Pernah kah Kamu mendengar singkong keju?

Ya, singkong keju juga begitu popular. Rasa singkong yang khas ditambah keju menjadikan singkong ini sangat digemari oleh berbagai kalangan.

Baca juga :  Want a Car Rental Business? Here are the Tips to Get Started

Tips sukses usaha ini selain pengelolaan dan promosi yaitu pilihlah kualitas singkong yang baik. Karena rasa utama dari makanan ini tentu dari singkong. Carilah yang berkualitas dan temukan pemasok yang bisa dipercaya.

Namun tak perlu khawatir, seiring berjalannya waktu, pasti Kamu akan menemukan suplier yang tepat untuk menopang bisnis Kamu.

6. Tahu Bakso

Tahu bakso enak

Via detik.com

Siapa yang tak kenal tahu bakso?

Tahu bakso merupakan makanan yang berasal dari kabupaten semarang. Rasanya yang enak serta mengenyangkan menjadi poin penting bagi para pemburu jajanan.

Modal yang diperlukan juga relatif kecil. Selain itu pengolahannya juga mudah lho. Bahan dasar perbuatannya juga sangat gampang ditemui disekitar kita.  Seperti mulai dari daging ayam, tepung dan tahu.

7. Stik Talas

Usaha makanan ringan selanjutnya yang bisa di lirik adalah makanan stik talas. Ya, makanan ini juga banyak digemari oleh lapisan masyarakat.

Kamu bisa mencoba aneka resepi dan rasa dalam pembuatannya. Kamu bisa menambahkan sentuhan rasa yang spesial agar stik talas Kamu lebih digemari.

Agar cita rasa stik talas Kamu lebih maksimal, maka carilah bumbu dan bahan baku yang berkualitas. Coba cari pemasok bahan baku yang memberikan jaminan mutu.

Masyarakat pada umumnya sudah tahu beragam manfaat yang didapat ketika mengkonsumsi makanan ini. Hal ini juga yang menjadi alasan mengapa makanan yang satu ini juga gemar dijadikan camilan.

8. Potato Wedges

Variasi lain dari kentang goreng yang kini ramai digemari adalah potato wedges. Nah, Kamu bisa memanfaatkan peluang usaha ini.

Potato wedges agak sedikit berbeda dengan kentang goreng biasa. Potato wedges digoreng agak sedikit tebal agar saat digigit, texture kentang sangat terasa di lidah.

Untuk teknik membuat makanan ini, Kamu bisa belajar dengan berselancar di internet. Silahkan lakukan penelitian dan mulai melakukan promosi.

Untuk melakukan promosi makanan ringan yang satu ini, bisa saja dengan mempromosikan pada teman dekat, keluarga atau orang orang disekitar Kamu lho.

9. Sosis Bakar

Makanan yang satu ini memiliki rasa yang khas dan enak. Sehingga makanan ini banyak digemari oleh semua kalangan. Cocok disajikan sebagai makanan camilan snack ataupun lauk disaat makan.

Dengan demikian, tak heran jika makanan ini dijadikan sebagai usaha. Sebab selain karena modalnya yang tak terlalu besar, pangsa pasarnya juga lumayan bagus.

Usaha ini bisa dijalankan pada area padat penduduk, sekolah atau kampus. Metode jajanan bisa dengan gerobak, kerja sama dengan warung kopi, warung sarapan dan lain sebagainya.

10. Keripik Kentang

Keripik kentang juga bisa menjadi ide menarik lho, pasalnya usaha ini punya target pasar yang luas. Dengan rasa  yang khas dan gurih membuat makanan ini banyak diminati.

Masalah modal juga gak terlalu banyak, kamu bisa memulai usaha keripik dengan modal yang kecil. Cukup persiapkan strategi dan peralatan masak.

Untuk bahan baku juga mudah didapatkan kan? Enggak sulit, kamu bisa mendapatkan bahan baku dengan mudah disekitar kamu.

11. Makaroni pedas

Ternyata makaroni begitu populer didunia bukan hanya di Indonesia. Makaroni dikatakan merupakan makanan khas Italia.

Baca juga :  Suka Bersolek? Yuk Mulai Coba Mulai Bisnis Jasa Make Up Bagi Pemula

Rasa yang khas dan enak membuat makanan ini juga ikut popular dikalangan masyarakat Indonesia. Jadi, itulah asalan mengapa makaroni bisa dijadikan ladang usaha.

Nah, dari pada kamu hanya tahu tentang makaroni, tidak ada salahnya kan kita mencoba memikirkan tentang usaha yang satu ini.

Bukan tidak mungkin jika kamu pintar mengelola usaha, maka usaha kamu akan terus berkembang untuk jangka panjang.

Agar dagangan kamu laris, kamu bisa mencoba membuat makaroni berdasarkan level pedas. Lalu buatlah tampilan yang menarik minat bagi konsumen. Utamakan juga rasa yang gurih dan enak dengan cara memasak makaroni yang tepat.

12. Coba lirik Mi lidi

Usaha makan ringan selanjutnya yang bisa kamu pertimbangkan adalah usaha makanan mi lidi.

Ya, walaupun makanan ini terkesan jadul, mengandung micin atau apalah, tapi sampai saat ini masih banyak peminatnya.

Enggak ketinggalan anak kalangan millenial, mereka masih suka lho makanan mi lidi. Coba saja kamu perhatikan para pedagang mi lidi. Kamu pasti melihat konsumen yang membeli berasal dari berbagai macam kalangan.

Selain itu, mi lidi terbilang awet, kamu tidak perlu khawatir perubahan rasa atau texture karena memang terkenal tahan lama.

13. Pizza Mini

Pizza mini juga merupakan makanan yang populer, Anda bisa mencoba usaha ini sebagai rintisan atau dijadikan sebagai usaha sampingan.

Apakah kamu belum bisa membuatnya? Gampang kok, tinggal kamu buka google atau Youtube. Kamu bisa belajar dari sana. Banyak kok tutorial tentang pembuatan pizza mini.

Makanan pizza sudah begitu popular di indonesia, makanan ini sangat disukai oleh sebagian besar kalangan masyarakat. Jadi walaupun di buat mini, maka makanan ini akan mudah diterima oleh masyarakat.

14. Tahu Kremes

Kamu pasti tahu dong tahu kremes. Nah makanan yang satu ini juga bisa kamu jadikan usaha lho.

Selain karena modal yang dibutuhkan juga kecil, kamu bisa merintis usaha ini dari rumah  saja. Kamu bisa menitipkan di warung atau dengan menjajakan didepan rumah.

Makanan ini terbuat dari tahu biasa sehingga bahan dasarnya sangat mudah untuk kamu temukan.

15. Nasi Goreng

Siapa sih yang gak kenal nasi goreng. Ini juga bisa dikatakan makanan ringan buat sarapan pagi.

Terutama bagi kamu yang berada pada lokasi penduduk super sibuk. Misalkan kompleks karyawan atau kampus.

Nah jika kamu pada lokasi tersebut, kamu bisa menawarkan sarapan pagi yang instan, siap dimakan dan dengan rasa yang enak.

Teknik penjualannya juga terbilang gampang, kamu bisa membuka warung lesehan, kerja sama warung kopi atau dari rumah kamu.

Peluang usaha ini bisa kamu mulai dengan modal kecil, kamu bisa menggunakan peralatan dapur yang ada, kemudian menyediakan pesanan online dan offline. Bagaimana? Mudah bukan.

16. Bakso Goreng

Bakso goreng bisa dikatakan makanan camilan. Kalau dari segi rasa, kamu pasti tahu bahwa bakso goreng sangat enak jika disantap.

Bagaimana tidak, bahan dasar daging halus kemudian diolah dengan digoreng, sudah pasti rasanya sangat enak sekali.

Makanan camilan yang satu ini juga digemari oleh berbagai macam kalangan. Mulai dari orang tua hingga anak anak. Cara penyajiannya juga sangat bervariasi, sebagai camilan atau sebagai lauk pauk.

Baca juga :  Hai Anak Muda, Yuk Cobain Bisnis Kekinian Dengan Jualan Dessert

17. Roti Bakar

Sebagai contoh Santi Subroto, wanita ini berhasil menyajikan roti bakar yang berbeda dari yang lain. Inovasinya tersebut berhasil menarik konsumen.

Wanita usia lebih dari 50 tahun ini pun berhasil meraih omset besar dari usaha yang ia kerjakan.

Roti bakar buatan wanita ini berbeda dari yang lain. Biasanya roti bakar disajikan dengan rasa coklat, pisang, keju atau manis.

Namun Santi Subroto membuatnya dengan rasa asin dengan isi yang membuat lidah bergoyang. Misalkan dengan menambah isi ayam triyaki, pepper tuna, smoked beef mozarella dan sosis.

18. Tahu Bulat

Usaha makanan ringan berikutnya yang bisa kamu jadikan pilihan adalah usaha makanan tahu bulat.

Lakukan inovasi, coba buat tahu bulat berbeda dari yang lain dan tidak bisa ditemukan ditempat lain.

Misalkan kamu membuat tahu bulat dengan isi keju mozarella, sosis, tahu bulat isi daging sapi atau tahu bulat isi gurita.

Nah inovasi semacam ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Mereka tentu penasaran dengan model usaha kamu.

Agar konsumen kamu menjadi pelanggan tetap, jaga kebersihan, berikan pelayanan yang baik dan buatlah rasa yang enak di lidah.

19. Kerupuk Seblak

Belakangan ini makanan ringan seblak menjadi kegemaran dikalangan millenial. Nama kerupuk seblak sudah popular di kota kota besar. Makanan ini berasal dari bandung dengan cita rasa yang gurih dan pedas.

Jika biasanya kamu menyantap seblak dengan bakso, ceker, atau ayam suwir. Kamu bisa juga menyajikan seblak kering yak ni kerupuk seblak.

Proses pembuatannya juga tak serumit yang dibayangkan. Kamu bisa belajar secara online dan offline dari orang yang telah mahir membuat kerupuk seblak.

20. Kek Brownies

Seperti hal nya pizza mini, kek brownies bisa dikatakan sebagai makanan ringan yang bisa kamu jadikan usaha.

Kek brownies sudah dikenal sangat luas dan digemari oleh banyak orang. Nah jika kamu tertarik ingin mencobanya. Kamu bisa merintis usaha ini dengan cara kecil kecilan terlebih dahulu.

Untuk metode pemasran, kamu bisa memasarkan dari depan rumah, via media sosial atau dengan cara dititipkan pada warung kue.

Agar berhasil, kamu bisa mencoba melakukan inovasi, misalkan dengan menambah cita rasa atau mengemas dengan kemasan yang menarik.

Tentunya kamu harus membuat nama brand. Nama brand yang akan membuat produk kamu semakin terkenal.

21. Kerupuk Jengkol

Jangan salah, walau terkesan spele, ternyata ada banyak pengusaha kerupuk jengkol yang berhasil bertahan dan mendapatkan keuntungan. Bahkan ada pengusaha mampu berkembang besar hanya dengan usaha kerupuk jengkol.

Kerupuk jengkol menjadi camilan yang begitu digemari oleh semua lapisan. Kerupuk jengkol bisa disajikan hanya sebagai camilan atau sebagai makanan penyerta saat makan.

Nah jika Anda tertarik, Anda bisa mencoba mencari tahu terlebih dahulu tentang analisa usaha ini.

Baca juga: 18+ Peluang Usaha Sangat Menjanjikan di Tahun 2021

Itulah tadi beberapa ide usaha makanan ringan yang bisa kamu pertimbangkan. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi kamu. Jangan takut untuk berusaha, tetaplah semangat dan terus berkarya. Salam sukses selalu.

Tema WordPress Berita

Source : Kolomsatu.com

PROMO Paket Desainweb Terbaik, Gratis Hosting Selama 5 Tahun

Comment

Leave a Reply

News Feed