Aplikasi perpesanan instan milik Facebook telah memasarkan enkripsi yang berfokus pada privasi untuk beberapa waktu. Itu diklaim untuk melindungi pesan teks dan suara, foto, video, dokumen, dan panggilan dengan cara yang tidak dapat diakses oleh siapa pun kecuali pengirim dan penerima. Namun, mengaktifkan tingkat perlindungan yang sama pada beberapa perangkat bersamaan dengan sinkronisasi komunikasi di antara mereka tidaklah mudah dan melibatkan tantangan teknis dalam penerapannya.

WhatsApp Akan Mengaktifkan System Multi Perangkat Dengan Enkripsi End-to-End
WhatsApp Akan Mengaktifkan System Multi Perangkat Dengan Enkripsi End-to-End

Meskipun WhatsApp belum memberikan perincian resmi, pelacak beta WhatsApp WABetaInfo telah melaporkan bahwa enkripsi ujung ke ujung yang tersedia di WhatsApp akan kompatibel dengan dukungan multi-perangkat yang akan datang.

Awal bulan ini, Mark Zuckerberg menyebutkan dalam percakapan yang diduga dengan WABetaInfo bahwa obrolan saat menggunakan dukungan multi-perangkat di WhatsApp akan tetap dienkripsi ujung ke ujung.

Baca juga:  Celebrating Body Empowerment with Real Women

Tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo menunjukkan bahwa CEO Facebook menyatakan bahwa perusahaan memecahkan tantangan yang terlibat dalam menerapkan enkripsi ujung ke ujung dengan “cara yang elegan” untuk memastikan bahwa obrolan antar pengguna dilindungi bahkan ketika menggunakan aplikasi perpesanan di banyak perangkat.

WhatsApp diperkirakan sedang berupaya mengaktifkan dukungan multi-perangkat setidaknya sejak Juli 2019 . Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses aplikasi secara bersamaan di hingga empat perangkat.

Tampaknya berada pada tahap akhir pengujian internal karena tangkapan layar yang merinci tambahan baru muncul secara online di masa lalu. Kepala WhatsApp Will Cathcart juga konon mencatat dalam pesan yang dipertukarkan dengan WABetaInfo bahwa tambahan baru dapat diberikan dalam versi beta publik dalam satu atau dua bulan ke depan.

Baca juga:  Africa: Five Star Luxury and Wildlife Encounters

Selain mengaktifkan enkripsi ujung ke ujung saat menggunakan dukungan multi-perangkat, WhatsApp dikatakan membawa cadangan terenkripsi ujung ke ujung. Namun, tidak ada waktu pasti kapan itu akan tersedia bahkan untuk penguji beta publik.

WhatsApp menggunakan protokol enkripsi Signal untuk menawarkan pengalaman komunikasi terenkripsi ujung ke ujung pada aplikasinya.

Pesaing termasuk Google Messages juga menganut metode perlindungan yang sama untuk mengatasi masalah privasi yang diangkat oleh aktivis digital. Namun, karena enkripsi ujung ke ujung membatasi keterlacakan pada platform, pemerintah dan regulator di beberapa negara termasuk India telah menuntut cara untuk mendapatkan entri pintu belakang.

Apakah kebijakan privasi baru WhatsApp mengakhiri privasi Anda?

Baca juga:  Best Karaoke Gadgets for Singing Superstars

Kami membahas ini di Orbital , podcast Gadgets, Orbital tersedia di Apple Podcasts , Google Podcasts , Spotify , dan di mana pun Anda mendapatkan podcast Anda.ujarnya

Leave a Reply