by

Website Builder dan Baik Buruknya Dalam Membangun Website

Wpberita Wordpress Theme

Perkembangan website semakin maju seiring dengan bermunculannya website baru di dunia internet. Selain itu, cara dalam membangun website juga semakin mudah. Selain menanggalkan atau mengurangi aktiftas coding, teknologi terbaru dari pembuat website yang di kenal dengan website builder juga memiliki banyak template premium yang bagus untuk website.

Masyarakat awam mugkin tidak mengetahui jika mereka mengakses website yang di desain dengan atraktif dan menarik, ternyata dibuat dengan berbagai perangkat atau layanan yang berbeda. Yang mereka pahami adalah UI dan UX website tersebut menarik atau tidak.

Namun bagi pengembang website, penggunaan platform menjadi kunci keberhasilan. Platform yang digunakan mempengaruhi kinerja website keseluruhan, termasuk salah satunya adalah desain UI dan UX yang nantinya dihasilkan.

Karena itulah Anda perlu mengenal platform pembangun website yang salah satunya adalah model platform website builder yang akan di bahas pada artikel ini.

Apa itu Website Builder?

Website Builder
website builder memudahkan membangun website. Sumber Pexels

Mungkin banyak yang akan bertanya, apa itu website builder? Apakah website builder adalah platform sejenis WordPress?

Website builder merupakan platform pembangun website. Akan tetapi meskipun platform tersebut memiliki fungsi sama dengan WordPress yakni membangun website, namun keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

WordPress dan platform sejenisnya merupakan platform CMS (Content Management System) dimana fungsi dari platform tersebut adalah memudahkan manajemen konten yang tersimpan di server (hosting) untuk kemudian di tampilkan melalui pengaturan melalui CMS dengan alamat domain tertentu.

Artinya Anda harus menyediakan server atau hosting dan domain tersendiri secara terpisah ketika membangun sebuah website. Sedangakan untuk website builder semua ada dalam satu layanan yang terintegrasi. Ini tentu semakin memudahkan pembuatan website oleh orang awam sekalipun.

Website Builder Adalah Perkembangan dari CMS?

Di masa lalu, membuat website akan di pusingkan dengan bahasa coding yang hanya diketahui oleh sedikit orang. Mereka membangun website dengan sistem pengelolaan dan tampilan website yang dikostumisasi secara penuh. Website di masa lalu dibuat sesuai dengan kebutuhan mereka pada saat itu.

Kemudian muncul CMS semisal WordPress yang hadir dengan wajah berbeda untuk urusan pembangunan website. Dengan menggunakan CMS, pengguna lebih mudah dalam melakukan kostumisasi tanpa harus diribetkan dalam penggunaan aktifitas coding. Namun ini bukan berarti dengan menggunakan CMS maka coding kemudian ditinggalkan.

Untuk urusan tertentu masih menggunakan coding. Selain itu, pengguna masih menggunakan alat lain untuk mengembangkan website menjadi lebih bagus lagi,. Muncullah beragam plugin website yang mampu mejawab tantangan dalam perkembangan website lebih lanjut. Plugin mampu mengatasi masalah yang ada pada CMS, dan memberikan fitur tambahan pada website.

Sedangkan website builder memberikan penglaman yan lebi baik dalam pembangunan website. Website builder adalah platform termudah dalam pembuatan website. Inilah beberapa kelebihan website builder yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan mengapa Anda menggunakan website builder untuk membangun website.

1. Tanpa Bahasa Pemrograman Coding

Anda tidak bisa coding? Maka untuk membangun website luar biasa yang menjadi impian Anda, Anda bisa menggunakan platforn website builder. Dengan menggunakan platform ini, Anda hanya tinggal melakukan seting dan pengaturan tata letak. Meskipun Anda menggunakan paltform CMS semacam WordPress, untuk situasi tertentu Anda tetap menggunakan coding.

2. Pengerjaan Lebih Cepat dari CMS

Mengerjakan website dengan website builder akan memangkas waktu Anda di depan layar komputer. Bagaimana tidak. Anda akan di hadapkan dengan elemen yang tinggal pakai saja. Dengan template yang sudah ada, mungkin Anda hanya perlu merubah header saja maka website Anda sudah bisa tayang.

3. Mudah Pindah Platform

Terkadang seseorang memindahkan layanan websitenya dari platform satu ke platform lainnya untuk urusan tertentu. Melakukan ekspor website ke platform lain tidak mudah, terkadang Anda akan mengalami kesulitan untuk melakukan ekspor. Namun banyak penyedia layanan website builder memberikan kemudahan untuk melakukan pindah layanan. Ini menjadi nilai lebih dari website builder.

Baca juga :  Biaya Maintenance Website Mahal? Kenali Prosesnya!

4. Tidak Perlu Desainer Website

Anda tidak perlu menggunakan desainer website jika membangun website menggunakan website builder. Mereka akan menyediakan tampilan website yang siap di gunakan. Memang tampilan yang Anda dapatkan tidak bisa dirubah dengan banyak perubahan. Namun Anda sudah mendapatkan website yang layak dengan menggunakan template yang di tawarkan.

Itulah beberapa kemudahan yang ditawarkan oleh platform website builder ketika membangun website. Website builder seperti perkembangan dari CMS yang lebih baik. Namun keberadaan CMS yang menguasai mayirotas platform pembuat website saat ini masih belum tergeser oleh keberadaan website builder.

Jika ada anggapan bahwa website builder adalah perkembangan dari CMS yang ‘bermetamorfosis’ menjadi platform yang lebih baik sepertinya merupakan anggapan yang kurang tepat. Faktanya masing masing tetap berjalan sendiri dan memiliki pangsa pasar yang berbeda.

Website Builder Free

Untuk meraih pangsa pasar pembangunan website yang selama ini dipegang oleh platform CMS, website builder melakukan berbagai upaya agar mampu menarik konsumen pemakai baru. Salah satunya adalah menyediakan website builder free yang bisa digunakan dengan bebas tanpa ada biaya.

Ada banyak layanan website builder free yang bisa Anda coba untuk membangun sebuah website. Namun karena gratis maka ada berbagai macam fitur terkunci dan hanya bisa Anda dapatkan di layanan berbayar saja.

Pembatasan Website Builder Free

Meskipun ada banyak fitur yang terkunci, namun tidak ada salahnya jika Anda mencoba membangun website dengan layanan gratis ini. Anda bisa merasakan sensasi kemudahan dalam membangun website. Beberapa fitur yang terkunci biasanya adalah sebagai berikut:

1. Indexing

Jika Anda menggunakan platform website builder free biasanya website yang Anda dapatkan tidak bisa diindeks oleh mesin pencarian. Salah satu alasan mengapa fitur ini di kunci adalah agar website gratis tidak disalah gunakan untuk hal seperti penanaman backlink.

2. Theme terbatas

Tema atau template pada website gratisan biasanya akan di batasi hanya menggunakan tema tertentu saja. Jika Anda menggunakan layanan berbayar, Anda bisa memilih banyak tema yang tersedia. Tema yang di sediakan tentu lebih baik dari tema layanan gratis. Tema yang di sediakan oleh layanan berbayar biasanya gratis, namun ada pula yang di banderol dengan biaya tambahan.

3. Halaman terbatas

Menggunakan website builder free ketika membangun sebuah website maka Anda akan memiliki layanan fitur yang terbatas. Salah satunya adalah fitur halaman. Selain itu terkadang fitur halaman blog terkunci, sehingga Anda tidak bisa memperbarui konten secara berkala. Anda hanya bisa memakai halaman kontak, homepage dan beberapa halaman lain.

4. Penggunaan domain

Dengan layanan gratisan tentu saja domain yang Anda peroleh bukan domain TLD yang biasanya ada pada website. Anda akan mendapatkan domain yang dibuat oleh penyedia layanan dengan masih menggantung pada domain utama penyedia layanan. Domain tersebut seperti websiteanda.wixsite.com, websiteanda.jimdosite.com, websiteanda.webnode.com dan sebagainya.

Penyedia Website Builder Free

Website Builder
Penawaran berbayar pada website builder Wix. Sumber Screenshoot

Inilah beberapa penyedia jasa layanan website builder free yang bisa Anda coba layanannya. Jika Anda tertarik untuk memakainya Anda bisa membayar untuk layanan premium. Namun jika tidak tertarik Anda masih bisa menggunakan versi free dengan pembatasan fitur layanan tertentu.

1. Wix

Wix merupakan layanan website builder HTML 5 yang gencar dalam mengiklankan layanannya terutama di platform Google seperti Google Ads dan juga YouTube. Wix mendapatkan pemasukan dari pengguna premium. Pengguna premium akan mendapatkan layanan seperti penghapusan iklan wix di website mereka, mendapatkan nama domain, mendapatkan akses data lebih besar dan sebagainya.

Baca juga :  Langkah Strategis Memasarkan Produk Makanan untuk UMKM

2. Webnode

Webnode sebagaimana website builder free lainnya menawarkan sensasi membangun website sendiri dengan gratis. Webnode memberikan pengalaman kepada pengguna tentang kemudahan dalam membangun website. Namun Webnode memiliki keterbatasan dalam gaya website. Jika Anda menginginkan website toko online, maka Webnode belum sepenuhnya memiliki fitur yang dibutuhkan, akan tetapi pengaturan SEO sudah cukup bagus pada platform ini.

3. Jimdo

Jimdo menawarkan pembuatan website yang cepat dan tidak bertele tele. Selain itu kemudahan dalam mengoperasikannya menjadi keunggulan dari platform website builder Jimdo. Template website yang di tawarkan cukup bervariasi, namun seperti layanan website builder lainnya, Anda tidak menemukan banyak template yang bisa menjadi pilihan ketika membangun website dengan platform ini.

4. Sitey

Sitey menjadi salah satu website builder yang memiliki template bagus. Ini merupakan strategi yang jitu dimana kebanyakan website builder termasuk Sitey tidak memiliki template yang banyak. Karena itu untuk tujuan tertentu, seperti website pernikahan maka menggunakan Sitey merupakan langkah yang cukup bagus. Akan tetapi ia memiliki keterbatasan jika digunakan untuk membangun website yang lebih ‘advance’.

Sebenarnya masih banyak lagi website builder yang bisa digunakan, seperti Weebly, Webs, Site123 dan sebagainya. Biasanya setiap penyedia layanan akan memiliki berbagai keunggulan yang ditawarkan.

Kelemahan Website Builder

Meskipun website builder memberikan kemudahan bagi Anda untuk membangun website, namun ada beberapa kelemahan website builder yang menjadikan banyak orang lebih suka menggunakan CMS seperti WordPress. Inilah beberapa kelemahan website builder.

1. Desain Kurang Profesional

Karena Anda menggunakan template desain website yang sudah ada dan terbatas dalam pengaturannya maka Anda akan melihat website Anda kurang profesional dengan template yang ada. Sedangkan jika Anda menggunakan website berbasis CMS, Anda akan mudah merubah website menjadi berpenampilan sesuai keinginan dan bisa menyesuaikan dengan bisnis Anda.

2. Tidak Leluasa Kostumisasi

Jika Anda sudah mahir dalam pengelolaan dan pengaturan website, maka Anda pasti akan terganggu dengan batasan yang ada pada layanan website builder. Untuk kostumisasi yang lebih luas lagi maka Anda sebaiknya menggunakan platform CMS dalam membangun website, namun setidaknya Anda harus memiliki ketrampilan yang dibutuhkan.

3. Kendali SEO Kurang Leluasa

Menggunakan website builder akan menjadikan apapun yang Anda inginkan hanya bisa di selesaikan berdasarkan pengaturan yang tersedia. Termasuk dalam hal ini adalah SEO. Anda hanya bisa menggunakan strategi SEO yang sudah ada dalam paket pembeliannya. Namun meskipun kendali SEO tidak leluasa, sebagian platform website builder sudah memiliki strategi SEO yang mapan.

4. Halaman Terbatas

Sebagaimana di ketahui bahwa halaman website yang dibuat menggunakan website builder biasanya akan di batasi oleh beberapa halaman saja. Berbeda dengan penggunaan CMS dalam membangun website, halaman website platform CMS lebih banyak. Terkadang penyediaan halaman yang digunakan pada website builder tergantung pada paket layanan yang di pilih.

5. Fitur Terbatas

Dengan menggunakan CMS seperti WordPress, Anda akan mendapatkan banyak fitur melalui plugin yang tersedia. Banyak plugin WordPress baik yang sifatnya free ataupun berbayar yang bisa di pergunakan untuk pembuatan fitur website Anda.

Namun apabila Anda menggunakan website builder, Anda akan di berikan fitur yang hanya tersedia di website builder tersebut. Keberadaan plugin untuk WordPress bisa di mungkinkan dibuat oleh pihak ketiga, karena itulah plugin WordPress lebih banyak dan bervariasi.

Website Builder WordPress

Perkembangan website builder yang memudahkan proses pembuatan website ternyata di sambut oleh kedatangan plugin page builder WordPress yang memudahkan pembutan website. Ada beberapa plugin page builder yang bisa digunakan untuk membangun website, fungsinya hampir mirip dengan website builder.

Website Builder
Elementor. oage builder populer. Sumber Screenshoot

Yang menarik dari pemakaian platform website builder atau platform WordPress dengan plugin page builder adalah karena Anda bisa melihat penampilan website secara real time meskipun Anda masih beraada pada waktu pengeditan.

Baca juga :  Investasi Emas Antam Apakah Menguntungkan? Simak ulasan berikut

Jika Anda ingin membangun tampilan website dengan mudah, semudah menggunakan website builder namun Anda menggunakan WordPress, maka Anda bisa menggunakan plugin website builder WordPress. Inilah diantaranya.

1. Divi

Divi adalah plugin yang difungsikan untuk membangun website dari halaman yang bisa diedit secara real time. Anda bisa menemukan lebih dari 20 template yang bisa digunakan untuk membangun halaman website. Kelebihan dari plugin ini adalah, Anda akan mendapatkan penawaran harga yang menarik.

2. Elementor

Elementor menjadi salah satu page builder yang banyak digunakan oleh pemakai CMS WordPress. Yang menarik dari Elementor adalah, Anda bisa menggunakan widget pada halaman yang disusun menggunakan Elementor. Sedangkan widget tersebut berasal dari plugin WordPress lainnya. Template siap pakai bisa Anda gunakan untuk pembuatan halaman dengan cepat.

3. SeedProd

SeedProd berbeda dengan page builder lainnya. SeedProd fokus mengembangkan page yang benar benar ringan dalam pemuatan halaman. Hal ini tentu akan bermanfaat bagi UX website dan juga SEO. Anda bisa menggunakan setelan yang sebelumnya digunakan. Fitur ini tentu akan mempercepat pekerjaan Anda.

4. Beaver Builder

Dengan melakukan pengeditan langsung, Anda akan lebih mudah melihat perubahan secara real time. Dengan menggunakan Beaver Builder, Anda hanya perlu untuk melakukan drag dan meletakkan elemen yang diinginkan. Dengan lebih dari 30 template yang dirancang untuk landing page, Anda dengan cepat bisa membangun landing page yang luar biasa hanya dengan waktu singkat.

Website Builder dan SEO

Untuk saat ini, membangun website akan terasa kurang jika tidak di optimalkan menggunakan teknik SEO. Bisnis senantiasa bergantung kepada seberapa banyak orang yang membutuhkan produk atau jasa yang di tawarkan. Melalui SEO, Anda seolah menawarkan produk atau jasa ke seluruh dunia dimana kemungkinan orang membutuhkannya akan lebih besar.

Akan tetapi praktik SEO tidak semudah yang di bayangkan. Setiap waktu akan selalu di lakukan pembaruan ‘aturan main’ yang menjadikan setiap praktisi SEO selalu mempelajari dan mempraktekkan teknik terbaru. Jadi bisa dikatakan, tidak ada aturan baku dalam SEO.

Karena itulah, membangun website yang di optimasi menggunakan teknik SEO tentu memerlukan platform yang SEO friendly. Meskipun platform website builder menggunakan sistem yang ramah dan mungkin mudah dalampengaturan SEOnya, namun mereka tetap membatasi pengguna untuk merubah setelan situs lebih dalam, termasuk setelan SEO.

CMS terutama WordPress hadir memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk mengatur pengaturan apapun dalam membangun website. Termasuk dalam hal ini adalah pengaturan SEO, sehingga jika website Anda ingin di optimalkan di kata kunci pencarian tertentu menggunakan teknik SEO, maka memilih platform WordPress adalah langkah terbaik. Akan tetapi kemudahan membangun website tetap di pegang oleh website builder.

Website Builder
Website bisnis biasanya dioptimalkan menggunakan SEO. Sumber Pexels

Penutup

Membangun website perlu mempertimbangkan banyak hal. Jika Anda menginginkan kemudahan dalam pengoperasiannya, maka platform website builder bisa Anda pilih. Namun untuk website dengan tujuan peringkat atas SERP, maka platform WordPress akan memudahkan langkah Anda.

Untuk kemudahannya, Anda bisa bekerja bersama SEO Anak Sholeh, penyedia jasa SEO dan layanan pembuatan website berbasis WordPress yang akan membantu membangun istana bisnis Anda dengan profesional. Kami tunggu kedatangan Anda!

Tema WordPress Berita

Source link

Comment

Leave a Reply

News Feed