by

Traffic Website : Bagaimana Website Anda Bisa Memiliki Traffic?

Wpberita Wordpress Theme

Memiliki website tidak sekedar memiliki nama domain yang mudah diingat, tampilan bagus, atau konten yang menarik. Namun Anda masih perlu memantau perkembangan dari website tersebut, terutama jika website tersebut adalah website yang digunakan untuk bisnis. Salah satunya adalah memantau traffic website yang bisa Anda lihat di halaman Google Search Console.

Dari keseluruhan data traffic website yang lengkap, maka di masa depan Anda memiliki pedoman untuk melakukan upaya optimasi website. Anda bisa melakukan penyesuaian website berdasarkan tren yang ada. Karena itulah pakar SEO akan selalu memantau perkembangan traffic website dari waktu ke waktu agar mengetahui strategi apa yang sebaiknya di lakukan kedepannya.

Traffic Website

Traffic Website
Traffic website menjadi penting pada bisnis. Sumber Pexels

Biasanya traffic pada sebuha website diartikan secara luas sebagai jumlah kunjungan website. Traffic website yang disebut juga dengan lalu lintas website merupakan suatu istilah yang mengacu pada jumlah pengunjung yang masuk dan terdata pada suatu situs website pada periode waktu tertentu atau bahkan data total kunjungan keseluruhan.

Karena keberadaan lalu lintas website merupakan hal yang sangat penting, maka pengembang website tentu akan melakukan berbagai upaya agar website yang dikerjakannya memiliki pengunjung yang banyak dan menghasilkan konversi.

Berdasarkan dari kepentingan itulah pekerjaan optimasi website di mesin pencarian menjadi pekerjaan yang dibutuhka di dunia digital marketing.  

Pentingnya Mengukur Traffic Website

Mengukur traffic website merupakan hal yang penting. Hal ini karena dengan mengamati hasil dari mengukur traffic website membantu membuka wawasan tentang pengunjung Anda secara lebih detail.

Data yang Anda miliki tersebut akan membantu Anda mengetahui hal pasa saja yang berhasil dan yang tidak untuk membangun situs website.  Setidaknya Anda mengetahui hal berikut ini untuk website Anda :

1. Analisis Perilaku Pengunjung

Data yang ditawarkan ketika Anda melakukanpengukuran traffic website akan membantu memetakan perilaku pengunjung dan memudahkan mengenal pengunjung dengan lebih baik. Data tersebut akan memberi Anda dengan memberikan informasi demografis dan perilaku tentang pengunjung Anda yang dapat Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan situs Anda.

Baca juga :  Penawaran kamera keamanan Prime Day 2021 terbaik saat ini: Harga dipangkas untuk produk Ring, Arlo, dan Blink teratas

2. Parameter Keberhasilan

Jika Anda telah membuat perubahan apa pun pada situs web Anda, maka Anada bisa memantau efek dari perubahan yang Anda lakukan dari traffic website.

Jika Anda mengamati dan menemukan pengunjung Anda menignkat setelah Anda melakukan perubahan pada website Anda maka bisa dikatakan improvisasi yang Anda lakukan pada website Anda berhasil. Jika pengunjung website menurun maka Anda bisa melakukan evaluasi dan memperbaiki segala hal yang menjadikan pengunjung turun.

3. Statistik Browser dan Lokasi

Dengan menggunakan data pengukuran traffic website penjelajahan dinamika pasar bisa dilakukan. Lokasi potensial dan statistik browser yang di tampilkan pada data pengukuran membantu Anda menarik basis pelanggan yang lebih besar dan memperluas jangkauan bisnis Anda dengan strategi yang terukur.

Metrik Penting Pada Pengukuran Traffic Website

Ada beberapa metrik penting yang juga harus diperhatikan ketika Anda ingtin mengetahui kinerja website secara keseluruhan. Metrik inilah yang dijadikan pedoman untuk mengembangkan website secara profesional oleh para ahli.

ADa beberapa matrik penting pada pengukuran traffic website. Sumber Unsplash

1. Waktu yang Dihabiskan oleh Pengunjung

Berapa lama waktu yang dihabiskan pengunjung ketika mengunjungi website nda adalah penting. Volume besar pengunjung situs website Anda tidak ada artinya jika mereka hanya menghabiskan beberapa detik di halaman web Anda dan kemudian menutup website Anda. Untuk mengukur waktu yang dihabiskan oleh pengunjung, setidaknya Anda harus mengetahui hal ini.

Rasio Pentalan

Rasio pentalan membagikan informasi mengenai perilaku pengunjung di situs, dan juga seberapa berhasilnya situs web mampu melibatkan pengunjung. Rasio pentalan mengindikasikan bahwa seberapa besar website Anda dibuka dan kemudian ditutup lagi tanpa ada interaksi berkelanjutan.

Waktu Di Halaman

Waktu di halaman memberi Anda wawasan tentang seberapa baik kinerja konten yang Anda upload di website. Informasi ini memberitahukan jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna untuk melihat halaman atau kumpulan halaman tertentu.

Sebagian besar analis mendefinisikan ini sebagai jumlah waktu yang dihabiskan pengunjung untuk membaca konten pada satu halaman. Nilai ini dihitung dengan membagi jumlah total waktu yang dihabiskan pengunjung di hyalaman website Anda dengan jumlah total kunjungan situs yang di lakukan dalam satu sesi.

Baca juga :  Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Beli Domain Murah!

2. Tingkat konversi

Tingkat konversi adalah ukuran berapa banyak pengguna yang mengunjungi situs website Anda dan kemudian melakukan pembelian atau mengklik tombol CTA yang kemudian masuk ke aktifitas selanjutnya. Aktifitas setelah mengeklik tombol CTA seperti mengisi formulir kontak, mendaftar atau mengunduh konten.

Biasanya data tingkat konversi ini penting untuk website seperti online shop yang memungkinkan untuk melakukan transaksi langsung. Namun terkadang website bisnis yang menggunakan landing page memuat tombol CTA yang nantinya terhubung dengan jalur komunikasi lebih lanjut seperti WhatsApp, atau telepon.

 3. Biaya Akuisisi Pengunjung

Jika Anda melakukan optimasi dengan cara yang organik, maka sebenarnya Anda tidak memerlukan hal ini untuk mencari traffic pengunjung website. Namun terkadang Anda membutuhkan kampanye berbayar menggunakan iklan seperti Pay Per Click untuk mendapatkan posisi SERP dengan instant. Anda bisa melihat perkiraan biaya yang nantinya dialokasikan melalui data pengkuran traffic website.

Dari Mana Sumber Traffic Website?

Darimana pengunjung dapat mengunjungi website Anda? Mengapa mereka bisa  menemukan website Anda? Dari sinilah mereka mendapatkan alamat website Anda :

1. Pencarian Organik

Seseorang yang mencari informasi di mesin pencarian dengan mengetikkan kata kunci tertentu dan kemudian menemukan website Anda, ketika Anda tidak menggunakan iklan berbayar, maka hal tersebut merupakan hasil dari pencarian organik.

Salah satu cara termudah untuk meningkatkan traffic organik situs web adalah dengan menerbitkan konten berkualitas tinggi dan relevan secara teratur seperti blog dan konten lain seperti gambar atau video. Namun persaingan yang ketat menjadikan langkah tersebut sulit di lakukan. Karena itu menggunakan jasa SEO organik menjadi salah satu langkahnya.

2. Iklan Berbayar

Berbeda dengan pencarian organik. Denga iklan berbayar seprti Google ads, maka website Anda akan memperoleh posisi SERP ideal tanpa harus melakukan skema panjang optimasi website. Banyak pengunjung website Anda akan menemukan website Anda dari iklan berbayar ini. Namun, Anda harus senantiasa mengeluarkan uang untuk memastikan iklan Anda tayang di SERP.

Baca juga :  How to Start a Wedding Organizer Business, Recognize the Strengths and Weaknesses

3. Link Rujukan

Website Anda kadang bisa dikunjungi oleh pengunjung website lain dimana website lain tersebut memuat link yang mengarah ke website Anda. Ini seperti langkah membangun backlink dengan PBN. Seseorang mengakses suatu web PBN, dari web tersebut dia dapat menemukan link ke web utama.

Namun lalu lintas rujukan juga dapat di temukan pada affliate marketing, seperti iklan banner AdWords, dimana di dalam iklan akan menyertakan kode rujukan yang ditautkan ke kampanye pemasaran tertentu.

4. Media Sosial

Mirip dengan sumber traffic web lainnya, media sosial bisa digunakan untuk mempertinggi kunjungan di website Anda. Langkahnya adalah Anda membagikan konten website ke media sosial milik Anda. Ketika pengikut Anda menemukan postingan Anda di media sosial, mereka akan melakukan klik dan mengarah ke website utama.

5. Email

Email marketing menggunakan pengiriman email untuk menawarkan produk atau layanan. Biasanya di dalam kampanye tersebut juga menyematkan alamat website perusahaan. Seseorang bisa saja mengeklik alamat website dan kemudian di arahkan ke website utama.

6. Kunjungan Langsung

Kunjungan langsung pengunjung website bisa dari seseorang yang menuliskan alamat domain websoite secara langsung di address bar pada browser. Namun terkadang link alamat website tersebut berasal dari file dokumen seperti microsoft word atau file PDF.

Traffic Website
Kunjungan website selalu di pantau dan ditingkatkan oleh praktisi SEO. Sumber Unsplash

Penutup

Traffic website menjadi sanagt penting karena berkaitan dengan konversi. Meningkatkan traffic website dan mendatanya setiap saat secara berkala merupakan pekerjaan para agensi SEO. Tentu saja jika Anda memiliki bisnis maka waktu Anda dalam menjalankan bisinis menjadi terganggu ketika harus berurusan dengan pengelolaan website.

Karena itu, untuk kemudahan dan keberlangsungan traffic website yang tinggi, Anda bisa mempercayakan pembuatan sekaligus pengelolaan websitenya kepada penyedia layanan jasa pembuatan website profesional, SEO Anak Sholeh.

Tema WordPress Berita

Source : seoanaksholeh.com

Comment

Leave a Reply

News Feed