by

Tips Parenting Selama Covid-19

Tips Parenting Selama Covid-19
Selama musim pandemi ini, pemerintah mengimbau agar anak-anak sekolah tetap di rumah. Sementara orang tua sibuk dengan tugas pekerjaan mereka sendiri, mereka juga ingin anak-anak mereka tetap aktif dan membuat mereka sibuk. Berikut beberapa tip untuk membantu orang tua dalam melakukannya:

1. Buat Jadwal Untuk Diikuti Anak-Anak Pada Hari Kerja

Nabi (ﷺ) bersabda, “Yang terbaik di antara kamu (Muslim) adalah mereka yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.”
(Sahih Bukhari)

Buat pengaturan khusus berdasarkan subjek dan waktu istirahat / bermain untuk anak-anak. Ini akan membantu mempertahankan disiplin / rutinitas mereka dan mempermudah transisi mereka kembali ke sekolah di masa depan. Juga dengan seluruh keluarga yang tinggal di rumah, sertakan waktu istirahat untuk berdoa bersama seluruh keluarga. Ini akan membiasakan anak untuk berdoa juga.

Baca juga :  Here's How to Overcome Err_Connection_Refused in FileZilla

2. Bagikan Informasi Dengan Anak Anda

Share Information With Your Children
Share Information With Your Children

Mempersiapkan jawaban atas pertanyaan yang diharapkan akan ditanyakan oleh anak-anak tentang Covid-19 dengan menggunakan gambar atau penjelasan sederhana yang sesuai dengan usianya.

3. Sediakan Ruang Bagi Anak-Anak Untuk Menghabiskan Sebagian Besar Hari Mereka

Berikan anak ruang untuk bermain dan berkreasi seperti melakukan kegiatan olahraga dan seni. Jika memungkinkan, pisahkan ruang bermain dan ruang belajar mereka sehingga mereka dapat secara mental membedakan antara waktu bermain dan waktu belajar. Ini akan membuat mereka tidak bosan, tidak tertarik dan mudah tersinggung dalam melakukan apa pun selama hari-hari di rumah.

4. Lakukan Aktivitas Bersama Sebagai Satu Keluarga

Lakukan Aktivitas Bersama Sebagai Keluarga
Lakukan Aktivitas Bersama Sebagai Keluarga

Nabi (ﷺ) berkata, “Berbaik hatilah kepada anak-anakmu, dan sempurnakan perilaku mereka.”
(Ibn Majah)

Perkuat hubungan keluarga melalui aktivitas dan dialog interaktif seperti game dan audio story. Pertimbangkan untuk berbicara dengan anak-anak tentang Islam seperti membacakan cerita para Nabi kepada mereka dan bagaimana membuat Ibadah.

Baca juga :  Gara-gara Hipertensi, Indonesia Jadi Sorotan Dunia

5. Batasi Waktu Bermain Layar Smartphone

Membatasi waktu yang dihabiskan pada sebuah aplikasi setiap hari
Membatasi waktu yang dihabiskan pada sebuah aplikasi setiap hari

Alokasikan waktu tertentu untuk penggunaan perangkat pintar dan pantau pilihan aplikasi yang sesuai untuk usianya. Anda dapat memasukkan membaca Alquran online untuk anak-anak dengan membacanya di aplikasi Muslim Pro atau aplikasi Al-quran Lainnya saat mereka menggunakan perangkat elektronik.

Ubah Karantina ke Waktu Alquran. Ketika Alquran menjadi kebiasaan, keluarga menjadi lebih kuat. Jadilah bagian dari gerakan Quran terbesar di dunia. Bergabunglah dengan Umat secara global untuk menjanjikan 1 juta niyyah untuk membaca Alquran Ramadan ini dalam prakarsa Bulan Alquran Seluruh Dunia.

Semoga Allah meringankan urusan kita dan menjaga keluarga dan orang yang kita cintai aman selama pandemi ini.

Baca juga :  Mengganas, Varian Delta Makin Banyak Serang Usia Muda yang Belum Divaksinasi

Comment

Leave a Reply

News Feed