by

Resep Jenang Ketan Kukus Legit dan Ekonomis

Wpberita Wordpress Theme

Resep Jenang Ketan Kukus Legit dan Ekonomis
gambar dokumentasi pribadi

Assalamualaikum, Bunda! 

Jumpa Lagi Dengan Saya Mama ina

Kali ini saya akan membuat resep jenang ketan legit, enak dan pastinya ekonomis. Resep jenang ketan ini sangat sederhana dan mudah membuatnya, bahan – bahan nya pun ekonomis dan mudah untuk kita dapatkan.

Resep jenang ketan ini juga sangat cocok untuk hidangan saat acara arisan, pengajian, yasinan atau pun untuk hidangan di hari raya idul fitri, selain itu juga cocok juga buat ide jualan jajanan loh. 

Jenang Ketan ini juga cocok untuk bisnis kuliner dengan modal kecil dan untung besar. Mau tahu cara buatnya? Yuk, simak resep jenang ketan berikut ini.

Bahan – Bahan Resep Jenang Ketan Kukus Legit dan Ekonomis

Resep Untuk 4 Porsi

gambar dokumentasi mama ina
  • 250 gr tepung ketan
  • 400 ml air
  • 300 gr gula jawa
  • 2 bungkus santan kara 65 ml
  • Daun pandan

Cara Membuat Resep Jenang Ketan Kukus Legit dan Ekonomis

gambar dokumentasi pribadi
  1. Pertama kali yang kita lakukan untuk membuat jenang ketan ini kita harus mempersiapkan bahan – bahan sesuai takaran dan alat, wadah yang di butuhkan.
  2. Kemudian kita mulai larutkan gula merah dengan sedikit air dengan cara di masak terlebih dahulu.
  3. Siapkan pen untuk memasak gula merah dengan air, tambahkan daun pandan dan sedikit garam ya, kemudian masak semua bahan dengan di aduk – aduk terus sampai gula benar – benar larut ya.
  4. Setelah larutan gula mendidih kemudian gula juga sudah benar – benar larut, kemudian matikan kompor nya kemudian kita sisihkan agar sedikit dingin.
  5. Siapkan wadah untuk membuat adonan, kemudian tuangkan air kedalam wadah, lanjut masuk kan santan, kemudian aduk aduk dahulu agar santan dan bahan lainya tercampur merata.
  6. Setelah santan tercampur kemudian kita masuk kan tepung dikit demi sedikit sampil kita aduk aduk terus agar tepung nya tercampur sempurna dengan bahan lain nya ya.
  7. Setelah tepung sudah di masuk kan semua dan adonan sudah halus kemudian kita lanjut tuangkan cairan air gula dengan cara kita saring agar ampas dari gula merah tidak masuk ke dalam adonan ya.
  8. Lanjut aduk – aduk kembali adonan sampai tercampur lagi bahan – bahan nya, setelah adonan benar – benar tercampur merata kemudian siapkan loyang yang kita olesi minyak goreng agar nanti mudah untuk mengeluarkan kue nya.
  9. Tuangkan adonan kedalam loyang, kemudian kita kukus ya bunda sebelum nya siapkan dahulu pengukusan yang air nya sudah mendidih ya agar bisa langsung mengukus adonan jenang ketan nya.
  10. Kukus adonan jenang ketan selama 1 jam dengan menggunakan api sedang saja ya agar jenang benar-benar tanak dan matang sempurna.
  11. Setelah kita kukus selama 1 jam kemudian kita turunkan dari penggukusan dan diamkan sebentar agar sedikit dingin agar mudah kita mengeluarkan jenang dari loyang nya.
  12. Keluarkan jenang dari loyang kemudian taruh di piring saji kemudian potong sesuai selera masing masing.
  13. Jenang ketan legit enak dan ekonomis sudah siap di santap.
Baca juga :  Resep Bubur Kacang Hijau Mudah dan Hemat Gas

Jenang Ketan Legit Enak dan Ekonomis ala Mama ina sudah siap untuk disajikan dan disantap. Sangat rekomendet buat bikin hidangan untuk acara yasinan, arisan atau pun buat hidangan saat kumpul bareng keluarga besar.

Yuk, mari kita coba resep jenang ketan yang enak dan mudah buat nya ini. Kalau mau tahu cara membuat jenang ketan yang lebih jelasnya, jangan lupa untuk menyaksikan video di bawah ini ya Bunda.

Jangan lupa tekan tombol subscribe di Channel YouTube Mama Ina ya teman-teman supaya tidak ketinggalan dengan video resep terbaru.

Terima kasih, Bunda.

Tema WordPress Berita

Source link

Comment

Leave a Reply

News Feed