by

Perhatikan Hal Ini Sebelum Anda Beli Domain Murah!

Wpberita Wordpress Theme

Membangun website menjadi hal yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis di era digital sekarang ini. Namun banyaknya pengeluaran untuk marketing dan pos lainnya, terkadang menyisakan dana yang terbatas untuk pembuatan website. Beli domain murah, terkadang dilakukan untuk menyiasati dana pembuatan website yang terbatas.

Akan tetapi langkah yang salah dalam membangun website justru malah akan menjadikan pekerjaan Anda menjadi lebih berat. Salah satunya adalah kesalahan dalam membeli domain. Karena itu sebelum membeli domain sebaiknya Anda mempertimbangkan berbagai hal agar tidak ada kesalahan.

Apa Itu Domain?

Beli Domain Murah
Pengerjaan website mengharuskan untuk membeli domain. Sumber Unsplash @sigmund

Apa itu domain? Sebenarnya hal ini pernah di ulas di artikel website ini sebelumnya. Namun tidak ada salahnya Anda merefresh kembali ingatan mengenai domain. Domain merupakan nama yang ditujukan untuk mengidentifikasi nama web server atau email server di internet.

Dengan menggunakan nama yang berbeda-beda dan unik di setiap server, maka server tersebut bisa dikenali. Sebenarnya suatu server website atau email sudah memiliki nama dalam bentuk kode IP. Hanya dengan mengakses nomor kode tersebut Anda bisa terhubung ke server.

Akan tetapi alamat IP yang berupa kode angka tersebut sulit di hafalkan dan tidak bisa menjelaskan secara langsung tentang isi web. Karena itu nama domain suatu website menjadi sangat di butuhkan. Ini juga bermanfaat untuk tujuan branding bisnis Anda.

Beli Domain Murah? Berhati-hatilah!

Untuk membeli domain, Anda bisa menghubungi penyedia layanan yang menyediakan domain dengan harga yang bervariasi. Domain adalah sebuah nama dan menjadi perwakilan dari bisnis Anda di dunia maya. Karena itu sebelum Anda mengambil atau beli domain murah, sebaiknya Anda harus mempelajari hal di bawah ini.

1. Kenali Yang Anda Butuhkan

Anda bebas saja memilih nama domain yang Anda sukai. Hanya saja, Anda m akan dibatasi dalam penggunaan nama. Apakah nama tersebut sudah digunakan atau belum. Termasuk dalam hal ini adalah ekstensi nama domainnya. Karena itu, pastikan Anda memilih nama yang tepat untuk website bisnis Anda.

Baca juga :  How to Start a Wedding Organizer Business, Recognize the Strengths and Weaknesses

Harga domain bervariasi, tarifnya berdasarkan ekstensi domain yang dipilih. Memang yang paling populer adalah domain dengan ekstensi dot com. Namun ada ekstensi domain yang harganya lebih murah berkali lipat, yakni domain dengan ekstensi xyz.

Jika Anda mendapatkan penawaran harga beli domain murah dari penyedia layanan, maka pastikan Anda mengetahui ekstensi domain tersebut. Jika bisnis Anda sudah besar tentu domain yang di butuhkan bukan sembarang domain dengan ekstensi xyz. Anda seharusnya menggunakan domain TLD seperti dot com atau mungkin domain bisnis yakni dot co dot id (.co.id)

Akan tetapi jika bisnis Anda cukup menggunakan ekstensi xyz, mungkin karena alasan pembiayaan atau alasan lainnya maka menggunakan domain tersebut tidak masalah. Semua pilihan menyesuaikan kebutuhan.

2. Biaya Transparan

Ketika mendapatkan penawaran domain murah, maka pastikan Anda memiliki informasi harga sesungguhnya. Termasuk dalam hal ini adalah biaya tambahan jika ada, tarif perpanjangan sewa domain atau mungkin biaya kemananan.

Ada banyak penyedia layanan yang menjual domain harga murah namun sebenarnya mereka menyembunyikan biaya setelahnya. Jika Anda tidak memiliki pengalamanm atau pengetahuan tentang ini maka akan tergoda untuk mengambil kesepakatan atau beli domain murah yang di tawarkan.

Biasanya mereka akan mematok harga rendah di awal namun bisa jadi kemudian mereka akan menaikkan harga di pembiayaan perpanjangan berikutnya. Anda tidak akan protes karena mereka akan mengunci kesepakatan di awal, dan Anda tidak menyadarinya.

Baca juga :  Cara Kerja SEO : Bagaimana Website Anda Masuk peringkat SERP?

Anda juga perlu waspada dengan penyedia layanan yang membebankan biaya administrasi saat Anda menginginkan keperluan seperti mengedit catatan WHOIS atau RDAP.

Terkadang ketika Anda melakukan transfer domain ke penyedia layanan atau registrar lain akan di kenakan biaya tambahan atau mungkin akan di persulit. Karena itu sebelum Anda melakukan kesepakatan dengan pihak registrar, pastikan Anda mengetahui apakah kedepannya Anda akan mudah melakukan transfer domain.

3. Dukungan Pelanggan

Beli Domain Murah
Layanan dukungan pelanggan pada layanan website sangat penting. Sumber Unsplash @berkeleycommunication

Sebelum Anda melakukan kesepakatan atau beli domain murah ke penyedia layanan, pastikan mereka memiliki tim dukungan pelanggan yang bisa diandalkan. Kedepannya, Anda tidak akan mengetahui, bagaimana kedepannya keadaan domain Anda, atau keadaan website Anda secara umum.

Karena itu layanan purna jual harus Anda dapatkan secara optimal. Anda bisa melihat track record berbagai perusahaan yang menyediakan nama domain untuk website. Biasanya penyedia layanan yang sudah populer dan mapan memiliki tim dukungan pelanggan yang bagus dan melayani pelanggan dengan optimal.

4. Keamanan Data

Ketika Anda sebagai individu atau organisasi mendaftarkan diri untuk memiliki sebuah domain, maka domain tersebut harus terdaftar di WHOIS. Namun sebelumnya Anda harus memberikan informasi yang di perlukan selama pendaftaran.

WHOIS  merupakan database publik online yang memungkinkan Anda atau siapapun bisa mencari informasi kontak tertentu tentang individu, bisnis, atau organisasi yang mendaftarkan domain. Biasanya setiap orang atau organisasi yang mendaftarkan nama domain ingin merahasiakan informasi kepada oranglain.

Biasanya setiap penyedia layanan domain akan memberikan biaya tambahan untuk layanan yang memberikan perlindungan informasi pemilik domain di WHOIS. Akan tetapi ada juga yang memberikan perlindungan tersebut secara gratis, akan tetapi mungkin mereka juga akan membandrol harga domain lebih tinggi.

Baca juga :  Inbound Marketing Dalam Dunia Pemasaran Digital

Untuk alasan perlidnungan data publik, ada baiknya Anda membayar biaya tambahan. Jadi, jika Anda mendapatkan penawaran beli domain murah, maka pastikan dahulu sisi privasi informasi diri Anda, apakah terjamin kemamanannya atau tidak. Jika Anda menginginkan informasi tentang diri Anda terjaga dari publik, maka pilihlah biaya tambahan jika perlu.

Solusi Menghemat Biaya Pembuatan Website

Ketika Anda membeli sebuah domain, maka bisa dipastikan Anda akan membangun sebuah website. Dan tentu Anda akan membutuhkan hosting untuk menempatkan kontennya bukan? Atau Anda menggunakan layanan hosting gratis yang memiliki banyak keterbatasan?

Pastikan Anda membangun website yang profesional untuk bisnis Anda. Karena itu, sebaiknya jangan mempertaruhkan kredibilitas bisnis Anda dengan mencoba membangun website bisnis dengan serampangan. Untuk hasil yang profesional tentunya menggunakan tenaga yang profesional, bukan percobaan yang menghasilkan trial-error berkali-kali.

Solusi praktis pembuatan website adalah dengan membeli paket website pemula untuk bisnis Anda. Anda jangan hanya terfokus menggunakan layanan domain murah untuk menghemat pengeluaran. Memilih paket website dasar dengan harga yang terjangkau namun dikerjakan dengan profesional itu lebih baik untuk bisnis Anda. Dengan cara ini Anda bisa meningkatkan kapasitas, fitur dan penambahan hal yang dibutuhkan pada website di masa depan ketika bisnis Anda meningkat.

Beli Domain Murah
Temukan langkah penghematan pembuatan website. Sumber Unsplash @rupixen

Kesimpulan

Penawaran untuk beli domain murah tentunya bisa Anda ambil ketika Anda mengetahui berbagai hal mengenai produk yang Anda beli tersebut. Jangan sampai Anda merasa tertipu karena melakukan kesepakatan di awal dengan minim informasi. Karena itu, membeli paket website dari penyedia layanan yang terpercaya merupakan langkah terbaik. Pastikan Anda mempercayakan kepada penyedia jasa pembuatan website profesional, SEO Anak Sholeh!

Tema WordPress Berita

Source link

Comment

Leave a Reply

News Feed