Pengertian Usaha Jasa Ekspedisi, Modal dan Tips agar Usaha Sukses!

Sebelum membahas peluang usaha ini, kamu tentunya perlu pengantar mengenai seperti apa bisnis ekspedisi yang sesungguhnya. Jasa ekspedisi adalah sebuah usaha yang menyediakan layanan untuk mengirimkan barang yang cara menentukan tarifnya memperhatikan jarak tempuh.

Pengertian Usaha Jasa Ekspedisi, Modal dan Tips agar Usaha Sukses!
Pengertian Usaha Jasa Ekspedisi, Modal dan Tips agar Usaha Sukses!

BACA.NEWS - Pengertian Usaha Jasa Ekspedisi, Modal dan Tips agar Usaha Sukses, Sahabat baca.news dimanapun anda berada, Belakangan ini jasa pengiriman barang atau biasa dikenal dengan jasa ekspedisi nampak menggiurkan untuk jadi bisnis yang bagus.

Karena itu sekarang marak muncul usaha jasa ekspedisi di daerah-daerah. Mereka banyak bermunculan dan saling bersaing menawarkan beberapa layanan yang bisa masyarakat dapatkan.

Bisnis jasa ekspedisi ini sangat luas pasarnya. Terutama di era yang serba online seperti sekarang ini, penggunaan jasa pengiriman barang-barang terutama dari toko-toko online sangat bergantung kepada layanan kirim barang. Seberapa peluang usaha jasa ekspedisi sebenarnya?

Apa Itu Jasa Ekspedisi?

Sebelum membahas peluang usaha ini, kamu tentunya perlu pengantar mengenai seperti apa bisnis ekspedisi yang sesungguhnya. Jasa ekspedisi adalah sebuah usaha yang menyediakan layanan untuk mengirimkan barang yang cara menentukan tarifnya memperhatikan jarak tempuh, berat barang yang akan kamu kirimkan, serta paket waktu pengiriman yang akan pelanggan pilih.

Jika nanti barang yang akan kamu kirim memiliki berat yang besar, volumenya juga besar, serta tujuannya jauh maka tarifnya akan mahal. Sebaliknya kalau kamu mengirim barang kecil dengan jarak yang dekat, maka akan murah hitungan tarifnya. Biasanya jika ukuran terlalu kecil akan masuk dalam kategori satuan berat paling kecil yaitu 1 kilogram.

Ada beberapa sistem pengiriman dengan ekspedisi. Ekspedisi bisa memanfaatkan kendaraan umum untuk mengirim sebuah barang atau juga menggunakan kendaraan milik pribadi. Namun, untuk usaha jasa ekspedisi yang cukup besar akan menggunakan armada sendiri atau menjalin kerjasama dengan perusahaan kendaraan umum.

Kamu harus tahu kalau jasa ekspedisi itu berbeda dengan jasa kargo. Apa bedanya? Kalau jasa ekspedisi umumnya mengirimkan secara door to door langsung ke alamat, berbeda dengan kargo pelanggan harus mengambilnya di pangkalan terdekat. Ekspedisi akan menghitung per kilogram dengan bobot yang lebih ringan daripada kargo yang mengangkut barang-barang besar.

Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Ketika Memulai Usaha Jasa Ekspedisi

Kamu tertarik membangun sebuah bisnis jasa pengiriman barang? Kalau iya, maka ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mulai membangunnya. Apa saja hal-hal itu? Yuk lanjut.

Orang yang Bisa Menjalankan Bisnis Ekspedisi

Pertama kamu harus tahu bahwa bisnis ini bisa dijalankan oleh siapapun kalau menginginkannya. Karena itu terbuka peluang untuk semua orang termasuk kamu. Peluang sukses juga sangat bisa kamu dapatkan melalui jasa ekspedisi ini.

Konsumen untuk Usaha Jasa Ekspedisi

Selain terbuka peluang untuk semua orang, hal yang menarik dari bisnis yang satu ini adalah luasnya konsumen yang bisa terjangkau menjadikan layanan pengiriman ini konsumennya tidak sulit kamu dapatkan. Banyak orang yang membutuhkan jasa yang satu ini. Mulai dari toko online hingga perorangan yang ingin mengirimkan barang atau dokumen penting untuk pribadi atau instansi.

Bahan Baku Untuk Usaha

Setiap usaha pasti memerlukan bahan baku untuk menjalankannya. Dalam usaha jasa ekspedisi yang termasuk dalam bahan baku adalah hal hal seperti kertas, plastik untuk membungkus, kotak kayu, lem, bensin, isolasi dan beberapa hal lainnya yang habis pakai.

Semua hal itu penting untuk kamu perhatikan karena sangat menunjang usaha yang akan kamu jalankan. Bahan ini tentu saja bisa kamu dapatkan dengan mudah di toko maupun tempat perbelanjaan. Paling penting adalah bensin yang perlu kamu perhitungkan karena sangat menunjang pengiriman.

Peralatan Usaha

Setelah bahan baku, kamu perlu juga perlu memperhatikan peralatan yang usaha ini perlukan kedepannya. Setidaknya kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan. Antara lain yaitu meja untuk tempat administrasi, kursi untuk pegawai dan pelanggan, komputer untuk pendataan, mobil pengangkut, ATK, sepeda motor, timbangan dan peralatan lainnya yang penting.

Jika tidak memiliki mobil atau motor kamu bisa memutar strategi. Jika mobil kamu bisa menyewa atau bekerjasama dengan pemilik mobil untuk mengangkut barang-barang ekspedisi. Untuk motor kamu bisa menerapkan sistem setiap pegawai pengantar paket ekspedisi untuk memiliki sepeda motor sebagai alat transportasi sehari-hari.

Karyawan

Karyawan adalah hal yang penting untuk kamu perhatikan. Jika masih merupakan usaha yang baru, sebaiknya meminimalisir karyawan. Beberapa bagian yang perlu kamu perhatikan adalah karyawan untuk administrasi dan beberapa kurir pengantar paket.

Peluang Usaha Jasa Ekspedisi dan Kelebihan Bisnis

Secara pasti usaha jasa ekspedisi ini memiliki peluang laba yang besar. Tidak hanya itu, jangkauan pasarnya memang sangat luas. Tren dari berbelanja masyarakat dari yang suka pergi ke pasar menjadi belanja online adalah kekuatan dari bisnis ini.

Paling penting adalah modal yang kamu perlukan tidak terlalu besar. Yang penting bangunlah sistem dan layanan yang baik dan terukur.

Modal yang Kamu Butuhkan

Membutuhkan modal berapa kalau ingin membangun sebuah usaha jasa ekspedisi? Meskipun sudah dijelaskan kalau modalnya kecil, pastinya kamu masih bertanya-tanya karena penasaran. Yuk bahas bersama modal membangun bisnis ini.

Membangun usaha ini kamu cukup menyiapkan modal awal kurang lebih sekitar 5 hingga 10 juta rupiah. Hal ini terpisah dari biaya kios. Karena kamu hanya perlu menyiapkan ruangan untuk usaha yang tidak perlu terlalu besar maka modal tempat bisa kamu pangkas. Modal lainnya tentu saja timbangan seperti yang telah kamu ketahui di awal, dan seperangkat komputer atau handphone pintar untuk pencatatan.

Meskipun begitu, modal awal usaha ini sebenarnya sangat bervariasi tergantung pada skala usaha yang ingin kamu jalankan nantinya. Jika tidak ingin terlalu repot untuk menyiapkan segala hal termasuk modal, kamu bisa juga membangun kemitraan bersama ekspedisi lain yang telah ada misalnya TIKI, Pos Indonesia, Ninja Express, Sicepat. Biasanya bisa dengan sistem franchise.

Dengan sistem franchise ini kamu tidak perlu repot-repot juga mencari pelanggan. Ini karena brand-brand tersebut telah banyak orang kenal. Sistem manajemen juga telah diatur oleh pemilik brand usaha jasa ekspedisi.

Selain modal material, paling penting adalah modal semangat. Hal ini menjadi penentu usahamu akan berjalan atau tidak. Tanpa modal semangat juang dan juga semangat entrepreneur yang mantap maka kesuksesan tidak akan datang padamu.

Tips Sukses Menjalankan Usaha Jasa Ekspedisi

Sudah bulat ingin berkecimpung dalam dunia pengantaran paket? Maka saatnya untuk simak tips sukses berbisnis usaha ekspedisi barang yang ada di bawah ini.

Memilih Tempat Usaha Jasa Ekspedisi yang Strategis

Saat membuka ekspedisi, kamu harus pintar dan tepat memilih lokasi tempat kantornya. Lokasinya yang strategis akan mempengaruhi banyaknya orderan yang akan kamu terima nantinya. Kamu harus memilih lokasi toko yang dekat dengan pusat keramaian penduduk. Bisa di dekat pusat perbelanjaan, sekitar wilayah perkantoran, dan dekat pusat pendidikan sekolah atau kampus.

Selain dekat dengan keramaian, kalau bisa akses menuju ke kantor ekspedisi harus mudah. Misalnya dekat dengan jalan besar, tetapi tidak banyak truk-truk besar. Semakin mudah jalan menuju tempat ekspedisi semakin nyaman orang yang akan memakai jasa antar barang milikmu.

Membuat SOP Bekerja

Dalam menjalankan sebuah usaha kamu perlu membuat SOP dalam bekerja. Apalagi jika nanti memiliki karyawan, maka standar operasional (SOP) ini amat penting untuk menjaga kualitas layanan. Semakin ketat SOP yang kamu terapkan maka nantinya semua pekerjaanmu dan karyawan bisa lebih terarah.

Apa yang terjadi jika tidak ada SOP? Tentu saja karyawan dan kamu bisa saja seenaknya sendiri dalam bekerja. Usaha yang telah kamu rancang bisa bubar jalan jika tidak ada standar yang bisa diterapkan.

Yang termasuk di dalam SOP adalah cara seorang admin melayani pelanggan, jam kerja pegawai serta buka toko, cara seorang kurir mengantarkan paket hingga tangan pelanggan. Hal-hal ini memang nampak sepele, tetapi menjadi amat penting dalam usaha ini. SOP yang bisa kamu terapkan secara benar akan mempermudah segala bentuk pekerjaan.

Melakukan Promosi yang Menarik dan Efektif

Selain SOP dan lokasi strategis, tips penting untuk menjadi sukses di bidang ini adalah melakukan promosi yang menarik dan efektif. Apa maksudnya promosi yang menarik dan efektif itu?

Pertama promosi yang menarik dalam usaha jasa ekspedisi tentu saja dengan memainkan konten promosi yang bisa membuat pelanggan datang ke geraimu. Bisa dengan memberikan promo antar barang di hari-hari tertentu pada awal pembukaan usaha. Contohnya dalam bulan pertama usaha, setiap hari Jumat kamu akan memberikan setengah harga biaya ekspedisi kepada dua orang pertama yang datang untuk mengirim barang di tempatmu.

Selain promo, kamu juga bisa membuat paket-paket potongan harga misalnya untuk yang mengirimkan barang dengan berat tertentu. Atau bisa memberikan kupon setiap menggunakan satu kali jasa, yang jika nanti terkumpul sepuluh kupon dapat gratis sekali layanan jasa.

Kedua, promosi yang efektif yaitu penggunaan media tertentu untuk menghemat biaya promosi sekaligus menjangkau konsumen secara luas. Saat ini memanfaatkan medis sosial dan membuat konten yang memadukan visual dan audio akan menjadi strategi yang paling efektif. Sekali membuat konten promosi di media sosial maka akan banyak orang melihatnya.

Kamu tidak perlu lagi mencetak kertas untuk pamflet promosi. Cukup desain dengan apik dan sebarkan dengan akun tokomu.

Pantang Menyerah dan Konsisten

Terakhir, tips yang perlu kamu jalankan adalah konsisten dan tidak pantang menyerah. Mengapa hal ini penting? Jika baru sebulan menjalankan sebuah usaha jasa ekspedisi dan setelahnya menyerah, maka gagal melewati cobaan tersebut. Kadangkala kesuksesan datang dengan lambat atau justru kesempatan sukses baru muncul ketika kamu menyatakan diri berhenti.

Cobalah untuk konsisten untuk bertahan dan terus melakukan segala daya upaya promosi. Kenalkan brand dengan luwes sehingga masyarakat bisa segera tahu dan datang padamu. Jika perlu, kamu bisa belajar dari saingan untuk menerapkan sebuah strategi usaha ini.

Jadi Kapan Kamu Akan Mulai?

Peluang dari usaha jasa ekspedisi ini sangat luas. Kamu bisa membangunnya dengan modal yang kecil. Tidak perlu ribet juga dengan banyak peralatan. Kamu cukup mencobanya sekarang dan buktikan pada semua orang bahwa brand ekspedisi serta layanan yang kamu berikan adalah yang paling baik jika disandingkan dengan pesaing.

Konten ini dipulikasikan pertama kali di #LokalSupportLokal. Hak cipta oleh #LokalSupportLokal.