Pembagian Dana Gaji Personal Finance Terbaik

Hal paling utama tentu saja sisipkan tabungan untuk operasional. Penggunaan tabungan ini meliputi berbagai kebutuhan dirumah maupun urusan bekerja

Pembagian Dana Gaji Personal Finance Terbaik
Pembagian Dana Gaji Personal Finance Terbaik

BACANEWSPembagian Dana Gaji Personal Finance Terbaik – Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari orang pasti bekerja untuk mengharapkan gaji bayaran.Disamping itu, setiap orang juga memilki keinginan untuk mencapai Financial Freedom atau sebuah fase dimana kita memiliki kondisi financsial yang mampu menghidupi secara mandiri serta memenuhi berbagai kebutuhan sekunder sekalipun.

Oleh sebab itu berbagai strategi personal finance dijalankan seperti rajin menabung, investasi dan sebagainya. Akan tetapi terkadang banyak juga yang lupa untuk melakukan pembagian dana-dana penting karena fokus menabung yang rupanya dapat menjadi sebuah jebakan berbahaya di belakangnya.

Kesalahan tersebut ada dalam pembagian gaji bayaran yang dilakukan, jadi selain menabung dan berusaha utuk memperbanyak income tambahan, pembagian arus gaji yang benar juga dapat menjaga kesehatan keuangan dan mempelancar proses kalian mengapai tujuan financial freedom tanpa ada masalah.

Lantas apa saja pembagian gaji yang diperlukan simak penjelasannya dibawah ini?

Pembagian Dana Gaji Personal Finance Terbaik

Pembagian Dana Gaji Personal Finance Terbaik

Tabungan Operasional

Hal paling utama tentu saja sisipkan tabungan untuk operasional. Penggunaan tabungan ini meliputi berbagai kebutuhan dirumah maupun urusan bekerja seperti uang listrik, air, kebersihan, bahan bakar kendaran, uang saku anak dan sebagainya.

Agar lebih aman, tambahkan juga dana lebih sekitar 10%-20% dari alokasi yang telah ditetapkan sebelumnya. Dana tambahan ini kedepannya bisa digunakan lagi tanpa harus menambah jika tidak berkurang.

Investasi

Konsep sederhana investasi “From Today For Future”, oleh sebab itu bagian penting dari pembagian gaji lainnya adalah penyisipan dana investasi. Kalian dapat bebas untuk berinvestasi pada aset apa, emas, saham perusahaan, reksadana atau bisa juga menggunakan Pintu Aplikasi Jual Beli Crypto Terpercaya di Indonesia.

Tabungan investasi ini ditujukan untuk income yang dapat dinikmati diatas 10 tahun atau digunakan sebagai dana pension.

Tabungan

Biaya untuk tabungan ini ditujukan untuk berbagai keinginan pribadi seperti barang yang dimau, rencana liburan dan sebagainya. Jika memiliki lebih dari 1 objek, pastikan kalian menyiapkan tabungan yang berbeda. 

Dana Darurat

Berbeda dari tabungan, dana darurat merupakan sebuah tabungan keuanagn yang tidak boleh gunakan untuk keperluan atas dasar kemauan bukan kebutuhan. Dana darurat ini digunakan sebagai dana untuk berbagai kebutuhan tidak tertebak seperti sakit, kecelakanaan dan hal sebagainya. 

Dana darurat dapat berbentuk uang dan media investasi, namun sebelum memiliki tabungan dana darurat berupa objek investasi seperti emas, pastikan kalian memiliki dulu tabungan darurat uang dengan nominal yang cukup besar.

Besar nominal dari dana darurat ini tidak bisa dideskripsikan, karena pada asarnya kita tak pernah mengetauhi hal buruk apa yang mungkin bisa terjai an berapa kebutuhannya. Jai pastikan untuk tetap rajin menabung dana darurat sekalipun telah sangat besar. Besar dananya juga harus disiplin, misalnya 10% dari penghasilan.

Asuransi

Membeli asuransi memang cukup penting, tapi tidak semua perlu diasuransikan. Jadi pilihlah asuransi yang memang benar-benar dibutuhkan. Pertimbangkan juga bagaiaman besar asuransi dengan fasilitas yang didapat, apakah sepadan?

Selain itu perhatikan juga arus keuangan yang ada, membeli terlalu banyak investasi pasti dapat membuat keuangan menjadi bermasalah karena besarnya pengeluaran.