Masyarakat Minang Kehilangan Tante Elly Kasim

Masyarakat Minang Kehilangan Tante Elly Kasim, Penyanyi lagu Ayam Deh Lapeh, Elly Kasim menghembuskan nafas terakhir pada usia 77 tahun sekitar pukul 3.48 pagi Rabu.

Masyarakat Minang Kehilangan Tante Elly Kasim
Masyarakat Minang Kehilangan Tante Elly Kasim

BACA.NEWS - Masyarakat Minang Kehilangan Tante Elly Kasim, Elly Kasim penyanyi asal lagu Ayam Den Lapeh meninggal dunia, Penyanyi legenda Indonesia, Elly Kasim Ali Umar meninggal dunia sekitar pukul 3.48 pagi (waktu tempatan) ini.

Penghibur yang pernah menempa kemashyuran menerusi lagu Ayam Den Lapeh itu menghembuskan nafas terakhir selepas menghadapi masalah pencernaan pada usia 77 tahun.

Lagu Ayam Den Lapeh juga pernah dirakamkan oleh penyanyi terkenal, Anita Sarawak. Allahyarham Elly Kasim dilahirkan di Sumatera Barat pada 27 September 1944. Media tempatan melaporkan, berita pemergian artis berdarah Minang itu disahkan oleh ahli keluarga terdekat Allahyarham.

Selain aktif sebagai penyanyi, Allahyarham Elly juga terkenal sebagai perancang perkahwinan khususnya yang berkaitan dengan adat dan budaya Minang di bawah syarikatnya, Elly Kasim Collection.

Sepanjang bergelar penyanyi, Allahyarham Elly pernah menghasilkan hampir 100 album. Suami beliau yang juga seorang seniman berdarah Minang, Nasif Bazir meninggal dunia pada 2020.

Biodata Artis Legendaris Elly Kasim

Selebritis– Kabarduka datang dari penyanyi Minang, Elly Kasim yang tutup usia ke 76 tahun, bahkan politikus Fadli Zon melalui unggahan Twitternya pagi ini.

“Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya penyanyi legendaris Minang, Elly Kasim. Semoga diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT,” cuit Fadli Zon.

Dia juga mengunggah foto kebersamaan dengan Elly Kasim saat sang legendaris bertamu ke rumahnya pada November 2019.

“Foto kenangan ini akhir November 2019 bersama almarhumah ibu saya ketika Tante Elly beberapa kali mampir ke rumah. Selamat jalan Tante Elly, al Fatihah,” tulisnya.

Elly Kasim dikabarkan meninggal dunia di RS MMC, Kuningan, Jakarta Selatan, akibat peradangan usus. Saat ini, jenazah sedang dalam proses diantarkan menuju rumah duka di kawasan Kayu Putih, Kampung Ambon, Jakarta Timur.

Elly Kasim merupakan seorang penyanyi yang sering membawakan lagu-lagu berbahasa Minang. Salah satu karyanya yang paling terkenal adalah lagu berjudul Ayam Den Lapeh.

Elly Kasim merupakan seorang penyanyi berkebangsaan Indonesia yang sering membawakan lagu-lagu Minang. Ia juga mengelola wedding organizer khusus adat Minang, dengan label Elly Kasim Collection.

Elly Kasim meninggal di Rumah Sakit MMC Kuningan, pada Rabu, 25 Agustus 2021, pukul 03.48 WIB, Biodata almarhum cukup berderet dengan prestasinya, termasuk yang melambungkan lagu “Ayam Den Lapeh”.

Elly Kasim punya usaha jasa sebuah Wedding Organizer, yang baru saja ikut mengurusi pernikahan Rizky Billar dengan Lesti Kejora pada 19 Agustus 2021 lalu.

Lagu Ayam Den Lapeh identic dengan Elly Kasim, kepopuleran lagu Minang ini banhak menyebar hingga ke berbagai negara.

Saking terkenalnya, Elly Kasim bahkan sempat mendengar lagu tersebut diterjemahkan dalam bahasa Vietnam.

“Saya sudah manggung di hampir seluruh daerah di Indonesia dan lagu Ayam Den lapeh begitu populer, termasuk di luar negeri. Saat saya ke Vietnam ternyata lagu itu sudah diterjemahkan ke bahasa setempat,” kata Elly Kasim pada 2008 lalu.

Elly Kasim lahir di Tiku, Tanjung Mutiara, Agam, Sumatra Barat pada 27 September 1944.

Sampai saat ini Elly Kasim telah merilis kurang lebih 100 buah album solo. Ia juga tengah sibuk mengurusi wedding organizer khusus adat minang, dengan label Elly Kasim Collection.

Pada usia 73, Elly Kasim pernah menggelar konser yakni pada tahun 2017. Konser bertajuk “Menjulang Bintang ,57 Tahun Elly Kasim Berdendang” di selenggarakan di Teater Jakarta ,Taman Ismail Marzuki, pada tanggal 29 Juli 2017.

Di acara tersebut juga diramaikan dengan penyanyi-penyanyi senior dan terkenal seperti Titiek Puspa, Be3, Judika dan Rancak Voice.

Elly Kasim memulai kariernya sejak 1961 dengan membawakan lagu-lagu daerah kelahiranya.

Hingga menutup usia, hampir 100 album solo telah dilahirkan oleh sang legendaris. berikut ini biodata singkat Elly Kasim 

  • Agama : Islam
  • Profesi : penyanyi, Wedding Organizer
  • Suami : Nazif Basir
  • Karier music : Pop Minang
  • Tahun aktif : 1961–sekarang

Semoga amal ibadah beliau di terima disisi Allah subhanaahu wata'ala, dan mendapatkan predikat Husnul Khotimah.