Wpberita Wordpress Theme

Tumbuhan jahe memang lebih banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Jangan heran kalau negara-negara di Asia Tenggara memanfaatkan jahe sebagai salah satu rempah atau bumbu masakan.

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, Sweet Couple tentunya mengetahui juga bahwa jahe diolah sebagai minuman, seperti susu jahe. Biasanya minuman jahe dikonsumsi untuk menghangatkan tubuh, terutama ketika musim dingin. Padahal, manfaat jahe tidak sebatas menghangatkan tubuh atau sebagai bumbu dapur.

Jahe mempunyai berbagai khasiat untuk kesehatan tubuh, termasuk mengatasi beberapa penyakit serius yang diderita oleh sebagian masyarakat Indonesia. Berikut ini terdapat 5 manfaat atau khasiat jahe untuk kesehatan tubuh.

1. Obat Mual

Manfaat jahe yang pertama adalah mengatasi mual. Jahe dapat mengatasi atau mengurangi rasa mual yang diakibatkan masuk angin, mabuk kendaraan, dan efek hamil. Dilansir dari Kontan, jahe juga dipercaya dapat mengatasi rasa mual akibat kemoterapi.

Baca juga:  Resep Es Teler Seger Cocok Untuk Ide Jualan

Bagi ibu hamil yang ingin mengatasi rasa mual, sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsi jahe. Mengonsumsi jahe lebih tepat bagi ibu hamil yang mual-mual selama trimester pertama. Sementara itu, perempuan yang sedang mengandung dan mendekati masa persalinan justru dianjurkan untuk mengindari konsumsi jahe.

2. Manfaat Jahe dalam Menurunkan Berat Badan

Seringkali orang mencari tahu berbagai tips untuk menurunkan berat badan. Nah, ternyata salah satu manfaat jahe adalah mengatasi masalah berat badan.

Mengonsumsi jahe berguna untuk mengurangi rasio pinggul pada orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Salah satu penelitian yang dilakukan pada tahu 2016 terhadap 80 perempuan obesitas telah membuktikan bahwa jahe berguna untuk menurunkan indeks massa tubuh dan kadar insulin darah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila Sweet Couple mengonsumsi minuman susu jahe beberapa kali dalam seminggu.

Baca juga:  6 Tips Memasak dengan Teflon

3. Mengatasi Osteoartritis

Osteoartritis merupakan peradangan kronis pada sendi akibat kerusakan pada tulang rawan. Dilansir dari Kontan, jahe ternyata bermanfaat untuk mengobati osteoartritis. Selain itu, mengonsumsi jahe juga dapat meredakan rasa nyeri.

4. Menurunkan Gula Darah

Manfaat jahe yang berikutnya adalah menurunkan gula darah. Manfaat jahe yang satu ini tidak boleh diabaikan karena gula darah merupakan faktor utama risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, Sweet Couple perlu menyadari pentingnya khasiat jahe untuk menurunkan gula darah.

Studi penelitian tahun 2015 terhadap 41 peserta dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa mengonsumsi 2 gram bubuk jahe per hari mampu menurunkan gula darah sebesar 12%.

5. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat jahe yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga daya tahan tubuh. Jahe memang telah lama diketahui khasiatnya untuk membantu pencernaan, mengurangi mual, dan membantu melawan flu.

Baca juga:  Apa Fungsi Logo Untuk Bisnis? Simak Ulasannya !

Cita rasa yang sedikit pedas dan aroma jahe berasal dari minyak alami yang disebut gingerol. Kandungan gingerol merupakan senyawa bioaktif yang dapat menjaga daya tahan tubuh manusia.

Itulah 5 manfaat atau khasiat jahe untuk kesehatan tubuh. Salah satu olahan jahe yang lezat dan menghangatkan tubuh adalah susu jahe. Sweet Couple dapat mencoba resep susu jahe yang sederhana dan praktis.

Ingin membaca artikel kami yang lainnya? Download aplikasi Sweetrip Indonesia dengan klik di sini

Artikel disadur dari kesehatan.kontan.co.id

Tema WordPress Berita

Sumber : sweetrip.id

Leave a Reply