Faktor Yang Menyebabkan Bisnis Gagal Saat Beralih Ke Online

Sebagian pengusaha saat ini masih belum Mahir di dunia digital, padahal pangsa pasar jauh lebih luas dan calon konsumen pun banyak dibandingkan dengan zaman sebelum orang mengenal internet. Sehingga meskipun bermodal besar, tapi gagal dalam pemasaran melalui Internet.

Faktor Yang Menyebabkan Bisnis Gagal Saat Beralih Ke Online
Faktor Yang Menyebabkan Bisnis Gagal Saat Beralih Ke Online

BACA.NEWS - Faktor yang menyebabkan bisnis gagal saat beralih ke online harus diketahui oleh para pelaku bisnis. Dalam menjalankan sebuah bisnis, para pengusaha tentunya mengikuti perkembangan teknologi yang akan berpengaruh terhadap perusahaan yang dimiliki. Seperti zaman saat ini yang hampir setiap rumah dengan mudahnya bisa mengakses informasi melalui Internet.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan bisnis gagal saat pindah ke dunia Internet adalah:

1. Tidak Memahami Target Pasar

Sudah tidak asing lagi bahwa setiap pelaku bisnis harus tahu calon konsumennya dan target penjualannya, sehingga akan lebih mudah dalam memasarkan sebuah produk.

Hal ini syarat utama yang harus diketahui oleh para pengusaha, baik dalam pemasaran offline maupun online. Dalam online marketing tentu menjadi syarat mutlak untuk kemajuan usaha yang dipunyai.

2. Belum Siap Go Online 

Sebagian pengusaha saat ini masih belum Mahir di dunia digital, padahal pangsa pasar jauh lebih luas dan calon konsumen pun banyak dibandingkan dengan zaman sebelum orang mengenal internet. Sehingga meskipun bermodal besar, tapi gagal dalam pemasaran melalui Internet.

Untuk mengatasi hal ini diperlukan Sumber Daya Manusia yang paham dengan internet marketing, sehingga modal besar yang digunakan untuk pemasaran online lebih optimal dan meningkatkan daya beli produk perusahaan. dan Anda bisa juga membaca artikel kami lainnya dengan judul Menjadi Pengusaha Sukses Mulai dari Nol.

3. Pemasaran Tidak Terencana

Digital marketing yang baik akan meningkatkan omzet bisnis sebuah perusahaan, namun jika pemasaran melalui Internet belum berhasil bisa disebabkan oleh strategi pemasaran yang tidak terencana.

Sebaiknya perhatikan beberapa hal dalam menjalankan Internet marketing. Diantaranya Target Pasar yang jelas, Modal yang mencukupi, Sumber Daya manusia yang handal. Sehingga bisa menyusun rencana yang matang dengan modal yang ada, menyesuaikan target pasar yang pas, menggunakan metode yang sesuai dan tidak asal bayar ke penyedia layanan iklan online.

4. Kehabisan Dana

Seperti yang sudah diberitakan di atas bahwa untuk beralih ke pemasaran digital diperlukan modal, baik untuk menyewa hosting dan domain jika menggunakan toko online, membeli saldo FB ads jika menggunakan Fan Page Facebook atau mengisi saldo Google ads jika menggunakan Google Adsense. 

Tentunya hal tersebut membutuhkan biaya yang cukup, bahkan kalo strategi pemasaran online kurang tepat akan menguras modal yang ada. Karena iklan yang dibuat terbuang sia-sia, disebabkan oleh target pasar yang salah.

5. Tidak Mampu Bersaing 

Setiap usaha pasti akan ada persaingan dan setiap persaingan pasti akan ada pemenang, itulah hal yang patut ditanamkan dalam diri seorang entrepreneur.

Jika pelaku bisnis menyadari hal di atas tentu akan memacu semangat untuk terus berinovasi agar bisa bersaing dengan yang lain. Dalam internet marketing bisa dikatakan semakin banyak anggaran dan SDM yang handal maka akan mudah bersaing dengan pelaku bisnis lainnya.

Apabila tidak mampu bersaing dalam internet marketing maka tidak heran jika usaha akan gagal, yang bisa berakibat fatal.

6. Manfaat yang ditawarkan kurang menarik 

Apapun bisnis anda, berapapun modal anda, jika saat menawarkan sebuah produk tidak terlihat manfaatnya maka orang akan ragu mencoba. Untuk itu perlu dijelaskan secara detail manfaat dan kegunaan barang ketika melakukan promosi.

Target konsumen biasanya mencari manfaat sebelum membeli sesuatu, semakin banyak manfaatnya maka semakin besar kemungkinan membeli. Namun jika tidak terlihat kegunaan barang itu akan berbeda ceritanya. Konsumen kemungkinan besar lari dari anda.

Itulah beberapa faktor yang perlu diperhatikan, semoga bermanfaat untuk kemajuan bisnis anda. Jangan lupa share berbagi ke temanmu info menarik ini, dengan klik tombol medsos di bawah.

Artikel Faktor Yang Menyebabkan Bisnis Gagal Saat Beralih Ke Online pertama kali tampil pada Bisnis Baru.