Cara Meningkatkan Domain Authority

Solusi terbaik dan termudah yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan Domain Authority situs atau blog anda, hal ini bisa anda lakukan dengan mudah sebagai berikut.

Cara Meningkatkan Domain Authority
Cara Meningkatkan Domain Authority - Baca.News

BACA.NEWS - Memiliki domain yang tinggi levelnya sudah menjadi suatu kebanggan untuk semua para pebisnis online, terutama orang-orang yang ingin menduduki peringkat pertama di google pencarian, sehingga berbagai cara dilakukan, mulai dari memasang iklan ADS hingga membayar jasa untuk menaikan domain tersebut.

Domain authority sendiri diukur dengan skala 1 sampai 100. Semakin tinggi skor domain authority kamu, berarti situs kamu cenderung memiliki peluang mendapat peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. 

Domain Authority  menunjukkan seberapa kredibel suatu situs di antara situs lainnya berdasarkan beberapa faktor, salah satunya backlink

Misalnya, situs baca.news menautkan situs web.goads.id di situs mereka, maka tautan tersebut dapat meningkatkan domain authority situs goads.id dan meningkatkan kemungkinan halaman situs tersebut mendapat peringkat di mesin pencarian. 

Cara tersebut lebih efektif dan tidak ada saling merugikan diantara keduanya, ada beberapa pakar SEO menyarankan untuk mengunakan jasa Backlink atau membeli bertukar link sesama mereka, jika situs kamu baru dan hanya memiliki 1 situs, maka carilah orang yang memiliki domain tingkat tinggi, mintalah untuk memberikan 1 link ke situs anda, ini bisa gratis juga bisa berbayar.

Namun tidak semua orang memiliki modal lebih untuk membeli backlink dari penyedia jasa backlink, maka sebaiknya gunakan blogwalking, saling menguntungkan diantara keduanya bukan?

Oleh karena itu ada beberapa cara bagaimana cara meningkatkan domain authority pada level tertinggi, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk bisa meraih cita-cita kamu.

Cara Meningkatkan Domain Authority

Dikutip dari lamanweb ekrut.com, Ada banyak faktor yang dapat memengaruhi kenaikan skor DA  tersebut, misalnya kualitas konten, on-page SEO yang tepat, backlink yang berkualitas hingga hal-hal teknis seperti kecepatan memuat situs dan situs yang mobile-friendly

Dengan banyaknya faktor ini, tentu butuh beberapa waktu untuk dapat membangun Domain Authority apalagi sejak pertama kali kamu mendaftarkan domain. 

Meski butuh waktu untuk mendapatkan DA yang tinggi, namun ada beberapa cara meningkatkan Domain Authority yang bisa kamu lakukan, seperti: 

1. Mendapatkan link dari situs dengan Domain Authority tinggi 

Mendapatkan banyak backlink berkualitas dari situs dengan DA yang tinggi adalah salah satu cara meningkatkan Domain Authority dan Page Authority yang efektif. 

Salah satu cara untuk mendapatkan backlink yang berkualitas tersebut yang bisa kamu coba adalah dengan melakukan guest posting. 

2. Buat konten-konten berkualitas 

Untuk mendapatkan backlink dari situs dengan DA tinggi, tentu hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah membuat konten-konten berkualitas yang layak untuk ditautkan.

Saat orang merasa konten kamu bermanfaat, mereka tidak ragu untuk membagikannya dengan orang lain.

Ini akan membantu kamu meningkatkan peluang untuk mendapatkan backlink berkualitas dari situs dengan DA tinggi tadi seperti lembaga pendidikan atau badan pemerintahan.

Mendapatkan backlink dari situs yang berbeda juga akan meningkatkan domain root kamu dan menjaga DA tetap tinggi. 

Cobalah lihat konten-konten yang sudah kamu unggah dan lihat mana yang paling populer, lalu analisis dan buatlah topik dan tipe konten serupa.

Baca juga artikel menarik kami lainnya dengan judul: 5 Jurus Ampuh untuk Meledakkan Penjualan

3. Lakukan audit situs dan hapus link-link spam 

Meskipun backlink penting untuk meningkatkan DA dan peringkat situs kamu, namun perlu diingat bahwa tidak semua backlink itu baik. 

Backlink yang berasal dari situs spam dalam jumlah banyak juga dapat menurunkan skor DA kamu, bahkan bisa membuatmu mendapatkan penalti dari Google.  

Untuk menghindari hal ini, kamu harus melakukan audit situs secara berkala untuk menemukan spam link tersebut dan menghapusnya secepat mungkin. Kamu dapat menggunakan tools SEO untuk mengidentifikasi link mana saja yang masuk kategori spam tersebut. 

Jika tidak dapat menghapus link tersebut, kamu dapat menggunakan Google Search Console untuk menolak atau mengabaikan link tersebut.Dengan begitu, Google crawler tidak akan memperhitungkan spammy backlink tersebut ketika mengindeks situs kamu. 

Fitur dan laporan Search Console membantu mengukur traffic dan performa Penelusuran situs Anda, memperbaiki masalah, dan menjadikan situs Anda menonjol di hasil Google Penelusuran

Memunculkan konten Anda di Google

Kirim peta situs dan setiap URL untuk di-crawl. Tinjau cakupan indeks Anda untuk memastikan bahwa Google mendapatkan tampilan paling baru dari situs Anda.

4. Optimalkan struktur dan user experience situs

Ingatlah bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi Domain Authority adalah struktur situs kamu dan seberapa ramah bagi pengguna. 

Dengan struktur situs yang tepat, mesin pencari tentu akan lebih mudah melakukan crawl ke halaman situs kamu dan mengindekskannya pada hasil pencarian. 

Untuk memudahkan crawler search engine, kamu bisa membuat sitemap yang berisi semua halaman penting dan membantu search engine melakukan navigasi situs dengan mudah. 

Sementara untuk meningkatkan user experience, kamu bisa fokus pada pengoptimalan situs yang mobile friendly karena Google juga mengutamakan perangkat seluler. 

Selain itu kamu juga harus memastikan situs kamu aman, misalnya dengan mendapatkan sertifikat SSL dan memindahkan situs ke HTTPS. 

Lihat artikel terbaru kami tentang 7 Strategi Pemasaran Produk Beserta Contohnya yang Wajib Kamu Coba

5. Tingkatkan internal links

Fokuslah untuk meningkatkan struktur internal link dalam situs kamu. Dengan meningkatkan internal link di situs, kamu dapat membuat pengunjung tetap terlibat dan mengurangi bounce rate. 

Internal link juga memudahkan search engine bots untuk melakukan crawl dan mengindeks halaman situs kamu. 

Manfaat lain dari memiliki struktur internal link yang tepat adalah kamu bisa meneruskan link juice dari satu halaman ke halaman lain. Link juice adalah istilah SEO yang mengacu pada nilai halaman yang diteruskan ke halaman situs lainnya.

Link juice penting untuk meyakinkan mesin pencari bahwa dengan banyaknya link yang mengarah ke halaman situs kamu menunjukan situs kamu dapat dipercaya. Ini tentu akan membantumu meningkatkan DA situs kamu.

Bagaimana Cara Cek DA PA Blog dan Website?

Untuk bisa mengetahui berapa skor DA PA bukanlah hal yang sulit. Sebab, Anda bisa tinggal ikuti panduan cek DA PA blog dan website dari kami di bawah ini. 

Untuk bisa cek DA PA, Anda perlu mengunjungi link tools Moz di https://analytics.moz.com/
Masukkan alamat website atau blog pada kolom analisis. Di contoh ini kami memasukkan alamat baca.news. Lalu, klik Analyze.

Itulah beberapa cara meningkatkan domain authority yang bisa kamu coba. 

Terlepas dari beberapa cara tadi, penting untuk kamu simak bahwa hal yang harus dipastikan saat ingin meningkatkan Domain Authority situs kamu adalah meningkatkan upaya on-page maupun off page SEO. Karena itu fokuslah menerapkan strategi optimasi situs kamu dengan baik dari sekarang.