Cara Menghemat Baterai Smartphone Android yang Mudah

Baca tutorial kami cara menghemat baterai smartphone android yang mudah dan bisa diaplikasikan secara langsung dirumah dengan mudah dan cepat.

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android yang Mudah
Cara Menghemat Baterai Smartphone Android yang Mudah

Apa smartphone android kamu suka kehabisan baterai? Boros Pemakaian? Pasti kesel bukan jika mengalami hal tersebut? Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan tutorial cara menghemat baterai smartphone android yang mudah.

Seiring berkembangnya teknologi, smartphone android kini sudah menjadi salah satu alat kebutuhan sehari-hari, mulai dari sekolah online, pekerjaan, hingga dijadikan alat untuk berjulan di marketplace.

Selain itu, smartphone android yang sekarang juga sudah canggih, tidak seperti zaman dahulu. Hal Ini bisa dibuktikan dengan adanya fitur yang terdapat pada smartphone android, contohnya seperti kamera.

Jika smartphone android kita mengalami masalah, tentu hal tersebut bisa membuat kegiatan sehari-hari kita menjadi kacau. Apalagi jika smartphone android tersebut digunakan untuk bekerja. Tentu hal ini bisa membuat pekerjaan kita menjadi terhalang.

Baca juga: Harga dan Spesifikasi Terbaik dari Samsung Galaxy A73 5G

Ada banyak sekali masalah yang biasanya dialami oleh pengguna smartphone android, salah satunya seperti baterai boros. Baterai boros memang menjadi salah satu masalah yang umum terjadi.

Baterai boros sangatlah mengganggu, apalagi jika kita suka bermain game online sehari-hari. Hal itu akan membuat waktu bermain game kita menjadi berkurang, yang tadinya lama jadi lebih singkat.

Jika smartphone android kamu mengalami hal tersebut. Tenang, kamu tidak perlu khawatir. Berikut beberapa tips cara menghemat baterai smartphone android yang bisa kamu lakukan agar baterai HP kamu jadi lebih hemat.

Cara Menghemat Baterai HP Android yang Mudah

 

Cara Menghemat Baterai Smartphone Android yang Mudah

Berikut beberapa tips cara menghemat baterai smartphone android agar baterai kamu jadi lebih awet.

1. Matikan mode getar

Cara menghemat baterai smartphone android yang pertama yaitu dengan cara mematikan mode getar. Cara ini cukup efektif untuk menghemat baterai smartphone android kamu. Cara mematikannya juga sangatlah mudah, kamu cukup masuk ke pengaturan lalu cari menu Suara & Getaran, kemudian pilih Off.

2. Kurangi kecerahan layar

Mengurangi kecerahan layar pada smartphone android ternyata bisa menghemat baterai loh. Cara mengurangi kecerahan layar smartphone android cukup mudah. Kamu bisa langsung geser layar smartphone android kamu ke bawah atau bisa di melalui pengaturan smartphone android.

Jika melalui pengaturan, kamu tinggal cari menu 'Tampilan' kemudian geser lingkaran kecil yang ada di garis horizontal ke samping kiri. Semakin ke kiri kecerahan semakin rendah. Kamu bisa geser sesuai selera. Selain itu, kamu juga bisa menggunkan aplikasi pihak ketiga.

 

3 . Kurangi aplikasi yang ON

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya yaitu dengan menghapus latar belakang aplikasi yang berjalan. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi baterai android yang cepat habis. 

Cara menghapusnya yaitu kamu tekan aja pada gambar kotak di pojok kiri bawah pada smartphone android, kemudian hapus aplikasi yang ON (tidak hapus aplikasi ya).

4. Matikan fungsi GPS jika tidak diperlukan

Jika kamu sering mengaktifkan GPS dan tidak digunakan, hal ini ternyata bisa menguras baterai loh. 

GPS sendiri yaitu aplikasi peta yang biasanya digunakan orang untuk mengarahkan lokasi tertentu. Untuk mematikannya, kamu bisa masuk ke setelan atau pengaturan HP milikmu atau bisa dari menu layar atas ponsel kamu. Kemudian nonaktifkan lokasi.

5. Matikan sambungan wifi bila tidak digunakan

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya yaitu dengan mematikan wifi jika tidak digunakan. Jika kamu memakai data atau kuota, lebih baik sambungan wifi dimatikan saja.

Caranya cukup mudah, kamu masuk aja ke setelan atau pengaturan smartphone kamu, kemudian ketik 'Wifi' di kotak pencarian kemudian nonaktifkan. Kamu juga bisa lewat menu layar atas jika kamu ingin cepat.

6. Aktifkan mode optimasi agar baterai lebih hemat

Biasanya di ponsel android keluaran terbaru sudah menyediakan fitur ini. Jika sudah ada, kamu masuk saja ke menu setelan atau pengaturan kemudian ketik baterai di kotak pencarian kemudian optimized mode, jika belum ada kamu bisa setting mode hemat daya di ponsel kamu atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga

7. Disable atau nonaktifkan aplikasi bawaan

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya yaitu dengan menonaktifkan aplikasi bawaan. Cara menonaktifkannya cukup mudah, kamu pergi saja ke setelan atau pengaturan kemudian ketik app atau aplikasi di kotak pencarian, setelah itu pilih aplikasi yang ingin kalian disable/nonaktifkan.

8. Jangan gunakan wallpaper bergerak

Wallpaper biasanya ada dua macam yaitu wallpaper bergerak dan wallpaper biasa (diam). Sebaiknya kamu pakai wallpaper biasa saja jika ingin baterai kamu awet dan lebih lama dalam pemakaian.

9. Matikan fitur motions & gestures

Cara menghemat baterai smartphone android selanjutnya yaitu dengan mematikan fitur motions dan gestures. Fitur ini seperti 'screensoot dengan 3 jari'. 

Cara mematikannya cukup mudah, kamu pergi saja ke setelan atau pengaturan, kemudian ketik fitur tambahan pada kotak pencarian, lalu pilih 'motion dan gestures', setelah itu matikan fitur yang kamu inginkan.


10. Gunakan Greenify

Fungsi dari Greenify sendiri adalah untuk mengaktifkan mode saat smartphone android kamu menghentikan semua aktivitas agar baterai kamu menjadi lebih hemat. Namun, cara ini sendiri tidak disarankan karena untuk mengaktifkannya membutuhkan aplikasi pihak ketiga, yang kualitasnya belum terjamin secara pasti.

 

11. Matikan Bluethooth dan Wifi

Cara menghemat baterai smartphone selanjutnya yaitu dengan mematikan Bluethooth dan Wifi. Cara ini sangat efektif untuk menghemat baterai android, karena kedua fitur tersebut akan selalu mencari saluran jaringan jika masih aktif. Jadi pastikan untuk mematikan Bluethooth dan Wifi jika tidak kamu gunakan.

Untuk menonaktifkannya pun cukup mudah, kamu bisa melalui pengaturan pada smartphone kamu lalu pilih connections’. Tetapi tidak semua merek smartphone sama untuk  menonaktifkannya, namun yang pasti tempatnya masih sama, yaitu di pengaturan.

 

12. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Jika cara di atas masih tidak membuahkan hasil, kamu bisa menggunakan cara ini. Di zaman yang sudah canggih seperti sekarang, banyak sekali developer yang sudah mengembangkan dan membuat aplikasi yang bisa membuat baterai smatphone android menjadi lebih awet.

Ada banyak sekali aplikasi pilihan yang bisa kamu gunakan, baik berbayar maupun gratis. Kamu bisa pilih saja sesuai keinginan.

 

Kesimpulan

Memiliki smartphone yang baterainya awet memang menjadi salah satu kelebihan. Selain bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari, memiliki baterai yang awet juga menghemat listrik. Jadi, tidak perlu mengisi daya baterai berkali-kali.

 

Jika baterai kamu boros, kamu bisa menggunakan cara di atas untuk mengatasinya. Namun, jika cara di atas masih tidak efektif, kamu perlu memperbaikinya di konter smartphone. Mungkin baterai smartphone kamu sudah rusak dan perlu diganti.

 

Itulah cara menghemat baterai smartphone android yang mudah. Jika cara diatas belum berhasil, kamu disarankan pergi ke toko smartphone terdekat untuk melakukan perbaikan pada baterai kamu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Catatan:

Artikel ini adalah salah satu contoh jasa penulisan artikel, untuk anda yang mencari jasa penulisan artikel bisa menmghubungi kami dan bagi anda yang ingin memberikan contoh artikel maupun tulisan anda yang original bisa anda menghubungi kami melalui form contact kami atau juga bisa mendaftar sebagai penulis pada website baca.news klik daftar disini.

Jasa penulisan kami termasuk backlink dari situs-situs yang bekerjasama dengan situs baca.news. Mulai dari DA/PA 20-50 Hingga DA/PA 55-90 kami memberikan harga terbaik dan termurah.