by

Bisnis Online di Masa Pandemi? Simak Penjelasannya!

Wpberita Wordpress Theme

Pandemi menjadikan semua hal berubah. Termasuk salah satunya adalah cara dalam menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan adanya pembatasan sosial yang diterapkan di seluruh lapisan masyarakat dan di berbagai tempat kapan saja. Pasar konvensional mulai sepi dan bisnis online di masa pandemi malah semakin menanjak.

Banyak pebisnis yang merasakan perubahan besar di masa pandemi. Mereka harus menyiasati bisnis saat pandemi agar tetap hidup. Berbagai upaya di lakukan untuk mempertahankan bisnis agar tidak ambruk. Namun ada sebagian sektor bisnis yang malah meraup untung berlipat ganda di masa pandemi. Mengapa bisa seperti itu?

Fakta Pandemi

Bisnis Online di Masa Pandemi
pembatasan sosial menjadikan lingkungan dan bisnis sepi. Sumber Unsplash @dimitry_b

Memang pandemi menjadikan sebagian orang menjadi frustasi dengan keadaan. Namun tentu saja rasa frustasi tersebut harus di barengi dengan pengasahan otak dengan mencari ide baru agar pendapatan tetap ada.

Pandemi memenjarakan milyaran manusia penduduk bumi untuk membatasi interaksi dengan manusia lain. Karena aturan yang ketat tersebut, berbagai sektor perekonomian menjadi kolaps. Mereka kehilangan konsumen, kehilangan pemasok, kehilangan pendapatan dan bahkan banyak yang kehilangan pekerjaannya.

Namun ada pihak yang diuntungkan dengan pandemi ini. Salah satunya adalah berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan dan juga mereka yang menjalankan aktifitas ekonominya dengan cara remote. Artinya yang bertahan adalah yang melakukan aktifitas bisnisnya melalui jaringan internet.

Benar! Ternyata bisnis online di masa pandemi melalui grafik yang meningkat di masa pandemi. Karena itu membuka bisniis online di masa pandemi adalah ide yang bagus.

Mengapa Bisnis Online di Masa Pandemi Adalah Ide Yang Bagus?

Ketika banyak aktifitas bisnis yang kolaps, mengapa justru bisnis online menjadi bertahan? Bahkan bisnis online menjadi peluang besar di masa pandemi.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin sebaiknya menjalankan bisnis online di masa pandemi global COVID-19.

1. Semuanya Beralih ke Online

Tidak ada cara lain untuk menjangkau konsumen kecuali dengan perantara online. Ketika virus corona datang dan mendatangkan malapetaka di seluruh belahan dunia, banyak bisnis beralih ke tenaga kerja remote, banyak sekolah diliburkan dan diganti dengan belajar daring. Semua dipaksa untuk beralih ke dunia digtal.

Dunia digital bergerak dengan cepat dan tidak pernah tidur. Persaingan berjalan sengit di dunia online, tetapi Anda tidak dapat mencapai kemenangan tanpa menceburkan diri ke dunia digital tersebut.

Semua orang berharap bisa mneunggu hingga normal. Namun pandemi tidak diketahui kapan akan berakhir. Jika harus menunggu semua normal kembali, sampai kapan sekolah akan diliburkan? Sampai kapan ekonomi akan berhenti? Semua harus berjalan dengan penyesuaian.

Baca juga :  Mengulas Bisnis Unik Jastip yang Sedang Naik Daun

2. Membantu Anda Menyesuaikan Diri dengan Situasi

Penyesuaian segala aktifitas di masa pandemi ini populer dengan istilah new normal. Artinya setiap orang bisa melakukan kehidupan normal, hanya saja ada batasan tertentu yang harus di taati. Kontak dengan orang lain harus di batasi, jika harus terjadi kontak maka harus ada jarak. Selain itu jika aktifitas bisa di lakukan dengan daring, maka disarankan untuk melakukannya secara daring.

Karena pembatasan tersebut maka bisnis online di masa pandemi cukup menjanjikan. Hal ini karena seseorang tentu ingin mencukupi kebutuhannya setiap hari namun disisi lain ada batasan sosial. Karena itu ketika Anda menjalankan bisnis online di masa pandemi, maka Anda sebenarnya sudah benar, karena meminimalisir kerumunan dan kontak sosial.

3. Fleksibilitas Kerja Jarak Jauh

Work from home menjadi salah satu style para pekerja. Namun ini hanya untuk pekerjaan yang bisa dilakukan dari jarak jauh, bukan untuk pekerja lapangan. Dengan bekerja di rumah maka sebenarnya setiap orang memiliki waktu luang lebih banyak. Dari situlah berbagai hoby dan kesenangan lainnya menjadi tersalurkan.

Sebuah studi memaparkan fakta bahwa sejak di lakukannya work from home, maka para karyawan yang bekerja dari rumah tersebut justru membelanjakan sejumlah uang untuk hoby dan kesenangan pribadi mereka dimana sebelumnya tidak pernah tersalurkan karena sibuk bekerja. Tren seperti ini tentu membuka peluang untuk bisnis jarak jauh atau bisnis penjualan barang secara online.

4. Mudah Untuk Memulainya

Memulai bisnis online itu mudah sehingga hampir semua orang dapat melakukannya. Dan semua orang mencoba. Tetapi Anda harus tahu bahwa kecakapan Anda dalam menjalankan bisnis online akan meningkat dengan seiring waktu.

Menggunakan jasa SEO untuk menjadikan website Anda muncul di mesin telusur adalah salah satu metode untuk menjalankannya. Mesin telusur dan platform media sosial akan mempromosikan konten Anda karena mereka tahu bahwa konten tersebut berasal dari sumber otoritatif yang layak untuk di edarkan. Namun ini membutuhkan waktu yang lama.

Anda bisa memulainya dengan menggunakan iklan berbayar yang di sediakan oleh platform mesin pencarian seperti iklan PPC atau menggunakan iklan media sosial. Dengan cara ini Anda akan memiliki banyak audiens iklan yang bisa di target. Lebih mudahnya lagi, Anda bisa merencanakan iklan sesuai dengan keuangan Anda.

Baca juga :  Page Rank Peringkat Halaman Website di Masa Sekarang

5. Memanfaatkan Bootstrap

Memulai bisnis online memerlukan dana yang rendah. Bahkan Anda bisa menggunakan tabungan Anda pribadi untuk diinvestasikan. Dengan memanfaatkan skema permodalan bootstraping, Anda akan memiliki kebebasan dalam berusaha.

Jika Anda menggunakan dana pinjaman atau membuka peluang investasi untuk orang lain, Anda akan ‘tersandera’ oleh orang lain baik karena urusan pengembalian modal atau urusan kebebasan dalam menentukan kebijakan. Sedangkan dengan memulai bisnis online skala kecil terlebih dahulu Anda bisa melakukannya sendiri.

Tips Menjalankan Bisnis Online di Masa Pandemi

Bisnis Online di Masa Pandemi
Menjalankan bisnis online selama pandemi bisa menjadi pilihan. Sumber Unsplash

Meskipun membangun bisnis online merupakan hal mudah, akan tetapi dalam perjalanannya Anda harus memperhatikan banyak hal agar bisnis Anda bisa berjalan. Setidaknya Anda harus memperhatikan hal berikut ini untuk memulai bisnis online.

1. Identifikasi Perbedaan Anda denga Bisnis Lain

Sebenarnya apapun jasa dan produk yang Anda tawarkan secara online sudah di lakukan oleh orang lain. Bahkan bisa jadi mereka telah memulai bisnis nya jauh-jauh hari sebelum pandemi. Jika Anda menawarkan produk atau jasa yang sama, maka Anda akan kalah dalam persaingan.

Namun berikan yang berbeda pada produk dan layanan yang Anda jual. Dengan produk dan layanan berbeda, namun pada hakekatnya adalah sama, maka pelanggan akan melirik bisnis Anda. Anda bisa melakukan penawaran unik, harga yang sedikit berada di bawah harga kompetitor atau memberikan bonus tertentu akan menjadikan apa yang Anda jual terlihat berbeda.

2. Lakukan Riset Konsumen Anda

Sebaiknya Anda melakukan riset konsumen sebelum menjalankan bisnis Anda. Riset bisa Anda lakukan menggunakan berbagai tools gratisan yang ada di internet. Salah satunya mungkin Anda bisa menggunakan Google Trend.

Dengan menggunakan tools untuk melakukan riset, maka setidaknya Anda akan mendapatkan data permintaan pasar, ceruk pasar potensial dan data penting lainnya. Ini akan membantu Anda untuk membuat keputusan.

3. Memulai Dengan Anggaran Rendah

Keunggulan bisnis online adalah Anda bisa memulai dengan biaya yang rendah. Bahkan ada pula yang sampai tanpa modal, hanya menggunakan modal akses internet. Salah satu cara agar tidak menyerap modal yang banyak adalah dengan mencoba sebagai dropshipper.

Setelah Anda cukup berpengalaman, atau paling tidak mengetahui seluk beluk produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan mengetahui alur distribusinya, Anda bisa beralih menjadi agen. Jika demikian maka Anda membutuhkan persediaan barang sehingga membutuhkan modal yang cukup.

Baca juga :  Website Builder dan Baik Buruknya Dalam Membangun Website

Mengapa Anda perlu menggunakan anggaran rendah terlebih dahulu? Sangat penting untuk mengetahui prospek bisnis di masa depan. Ketika Anda sudah mengeluarkan banyak modal baik untuk biaya iklan atau hal lain tanpa mengetahui prospek pasar, maka ketika tren produk yang Anda jual menurun maka Anda akan mengalami kerugian. Modal yang Anda keluarkan tidak sebanding dengan hasil yang di dapat.

4. Merancang Rencana Bisnis

Perencanaan bisniis menjadi hal yang sangat penting. Jika saat ini Anda masih bekerja sebagai dropshipper, maka rencanakanlah kedepannya untuk melakukan stok barang. Artinya Anda merencanakan memiliki posisi yang lebih tinggi, yakni sebagai agen atau bahkan distributor.

Dengan memiliki grade yang lebih tinggi tentu Anda membutuhkan modal yang lebih besar juga. Namun keuntungan yang Anda dapatkan dari penjualan akan semakin besar. Usaha Anda dalam perencanaan tentu menjadi tidak sia-sia. Pastikan Anda konsekuaen dengan apa yang telah Anda rencanakan.

5. Manajemen yang Matang

Bisnis Online di Masa Pandemi
SEO menjadi openunjang sebagian bisnis online. Sumber Unsplash

Setelah semua berjalan dengan baik, pastikan Anda mengelola perusahaan Anda dengan baik. Dengan manajemen yang handal, perusahaan akan bekerja dengan baik. Dengan demikian maka pemasukan bisa diketahui dengan jelas. Berapa laba bersih Anda dalam periode waktu tertentu akan mudah diketahui.

Hal ini akan bermanfaat. Terutama ketika akan mengembangkan bisnis yang lebih luas. Anda akan mengetahui sejauh mana kemampuan bisnis Anda untuk melakukan ekspansi. Jangan sampai perusahaan Anda melampaui sesuatu yang di luar kemampuan bisnis Anda.

Kesimpulan

Bisnis online di masa pandemi menjadi bisnis yang menguntungkan jika Anda menjalankan bisnis di ceruk pasar yang tepat. Artinya, ada banyak ceruk pasar yang tersedia, namun tidak semuanya akan berjalan dengan baik di masa pandemi. Yang perlu diingat adalah masa pandemi merupakan masa dimana perekonomian sebagian besar terganggu.

Itulah ulasan mengenai bisnis online di masa pandemi. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda. Ceruk mana saja yang potensial di masa pandemi saat ini? Untuk informasi lebih detail mengenai bisnis online dan digital marketing, silahkan menghubungi SEO Anak Sholeh. Kami akan senantiasa bersenang hati membantu Anda.

Tema WordPress Berita

Source link

Comment

Leave a Reply

News Feed