by

Biaya Maintenance Website Mahal? Kenali Prosesnya!

Wpberita Wordpress Theme

Memiliki website tidak hanya sekedar memiliki domain, hosting dan pengelolaannya melalui CMS. Namun banyak hal yang harus dilakukan selain hanya menyediakan hal tersebut. Salah satunya adalah maintenance website. Mungkin Anda akan berpikir bahwa biaya maintenance website mahal karena penanganan website yang sudah jadi tidak memerlukan banyak effort. Bernarkah?

Mungkin bagi yang awam tentang website bisa berkata demikian. Namun bagi yang mengetahui pentingnya website dan juga posisi di peringkat SEO, keberadaan biaya maintenance website yang mahal bukan menjadi permasalahan karena memang aktifitas SEO tidak bisa lepas dari aktifitas maintenance website.

Biaya Maintenance Website
Maintenance diperlukan untuk website yang prima. Sumber Pexels

Maintenance Website

Maintenance atau pemeliharaan situs website biasanya dikenal sebagai aktifitas yang lebih kepada memeriksaan situs website secara teratur untuk masalah dan kesalahan dan menjaganya agar tetap update. Pemeliharaan website dilakukan secara konsisten untuk menjaga situs website tetap sehat.

Maintenance situs website mendorong pertumbuhan lalu lintas yang berkelanjutan da tentu ini angat berkaitan dengan menjaga posisi website pada peringkat SERP. Menjaga situs website agar terpelihara dengan baik penting bagi perusahaan besar dan kecil untuk keberlangsungannya di dunia maya.

Mungkin website yang Anda miliki tidak mengalami sesuatu yang mengganggu, sehingga Anda menganggap maintenance website tidak penting karena biaya maintenance website menurut Anda mahal. Namun sebagaimana tubuh manusia, meskipun tidak merasakan gangguan, ketika Anda tidak pernah melakukan medical check-up maka Anda tidak benar-benar mengetahui kondisi kesehatan tubuh Anda.

Sebagaimana medical check-up, maintenance website juga memerlukan agenda rutin dan juga tentus aja pengeluaran rutin untuk menyewa orang atau badan usaha yang berkompeten dalam hal itu. Semua kembali kepada pilihan Anda, apakah mau membiarkan kondisi yang benar-benar ‘gambling’ atau akan memastikan website Anda baik-baik saja.

Proses Pembuatan Website

Dalam membangun sebuah website, diperlukan beberapa tahapan hingga sampai pada website yang berada di posisi SERP yang diinginkan. Apakah jika sudah ada pada posisi SERP yang diinginkan semuanya berhenti? Tentu tidak, Anda harus mempertahankan posisi tersebut dari pergesaeran. Lebih jelasanya, inilah fasenya :

Baca juga :  Investasi Emas Antam Apakah Menguntungkan? Simak ulasan berikut

1. Membangun Website

Pada tahapan ini pengembang akan membangun website dari mulai menentukan alamat domain, menyewa hosting dan menggunakan CMS. Desain dan struktur website mulai dibangun. Pengembang akan mempertimbangkan UI dan UX website dimana integrasi UX dan SEO bisa dilakukan. Tahapan inilah sebenarnya upaya optimasi sudah dimulai.

2. Mengelola Konten dan Optimasi

Setelah website terbangun, pengembang tinggal mengisi website dengan konten yang relevan. Di fase inilah penggunaan teknik link building dilakukan. Backlink berkualitas dan optimal diupayakan untuk memperkuat posisi website di mata mesin pencari.

Seiring waktu maka posisi website emakin meningkat ke peringkat awal. Selama website masih berada di posisi yang belum ideal, maka proyek pengerjaan website masih pada tahapan optimasi sampai peringkat website menjadi ideal.

3. Mengelola Konfigurasi, Update dan Kemanan

Setelah website berada di posisi yang idel, misalnya di peringkat lima halaman pertama, maka pekerjaan tidak berhenti. Ada pembaruan rutin yang di lakukan, pengecekan perangkat apakah ada yang out of date dan penyelesaian masalah bug pada website. Inilah tahapan yang dinamakan maintenance website.

Namun, beberapa orang gagal menyadari bahwa maintenance atau pemeliharaan website di jangka panjang juga sangat penting. Baik itu Drupal, WordPress, atau CMS open source lainnya, perlu dilakukan pembaruan keamanan rutin dan rencana pemeliharaan situs jangka panjang. Mengapa hal ini menjadi penting ?

Pentingnya Maintenance Website

Disavow Backlink Kualitas buruk
Lacak backlink buruk yang mengganggu situs anda sebagai langkah perawatan. Sumber Unsplash

Ada beberapa alasan mengapa melakukan maintenance website menjadi sangat penting. Meskipun harus mengeluarkan biaya secara rutin, sebagian orang menganggap maintenance website penting karena hal berikut ini :

Baca juga :  Page Rank Peringkat Halaman Website di Masa Sekarang

1. Alasan Keamanan

Ketika website Anda menggunakan teknologi yang kurang mutakhir, maka kemanan website Anda sangat beresiko. Salah satu gangguan kemanan bagi website yang memiliki teknologi yang ketinggalan jaman adalah kasus peretasan. Pelaku dengan mudah bisa mengetahuinya melalui ‘lihat sumber halaman’ untuk melihat versi WordPress yang Anda jalankan.

Ketika mereka mengetahui bahwa website Anda memiliki teknologi yang kurang mutakhir, website Anda akan menjadi target mereka. Sesederhana itu bagi peretas untuk menargetkan situs yang sudah ketinggalan zaman.

2. Kemerosotan Posisi SERP

Semakin lama Anda tidak dilakukan update konten, maka semakin besar risiko Anda menghadapi masalah penurunan posisi SERP. Semakin sering Anda memperbarui, semakin kecil kemungkinan masalah akan muncul.

Maintenance website tidak hanya terbatas pada kemanan website akan serangan peretas atau jenis kejahatan lainnya. Namun update konten pada website diperlukan untuk memastikan website Anda berada di posisi SERP yang aman.

3. Menghindari Kerusakan Lebih Besar

Jika Anda tidak benar-benar memperhatikan kondisi website dari waktu ke waktu, seperti melakukan pencadangan secara berkala, maka ketika terjadi hal yang tidak diinginkan maka Anda tidak akan memiliki data cadangan. Dalam sebuah website data adalah hal yang penting.

4. Kegagalan Fungsi Fitur

Pernahkah aplikasi mobile Anda tidak berfungsi sama sekali? Biasanya untuk menormalkan kembali maka Anda harus melakukan pembaruan aplikasi. Itulah yang terjadi pada website. Berbagai tools termasuk plugin ketika menyediakan pembaruan maka sebaiknya segera diperbarui. Dengan tools terbaru yang Anda miliki maka kinerjanya menjadi maksimal.

5. Penurunan Kecepatan

Ketika website banyak bug atau hal lain seperti perangkat yang tidak update tentu akan menjadikan kinerja website menjadi menurun, terutama dalam hal kecepatan akses. Karena itu diperlukan pengecekan berkala dan pembaruan perangkat dan perbaikan ketika terjadi bug.

Baca juga :  Membangun Website Penghasil Uang Untuk Pemasukan Keuangan

Kapan Dilakukan Maintenance Website?

Kapan dilakukan maintenance website? Meskipun dilakukan berkala, namun harus ada jadwal yang jelas mengenai pelaksanaan perawatannya. Untuk interval maintenance website Anda ada baiknya Anda menerapkan penjadwalan berikut ini :

Maintenance Website Mingguan

  • Pemeriksaan halaman dari kesalahan
  • Lakukan pencadangan dan pastikan versi sebelumnya dari website Anda disimpan
  • Lakukan pembaruan pada perangkat lunak dan plugin situs web
  • Pemeriksaan formulir pada website
  • Menghapus spam dari halaman dan postingan
  • Pemeriksaan tautan yang rusak
  • Memperbaiki Error 404
  • Pembaruan postingan konten.

Maintenance Website Bulanan

  • Pemeriksaan kecepatan pemuatan
  • Pemindaian keamanan
  • Analisis statistik situs website
  • Pemeriksaan blog

Maintenance Website Tiga Bulanan

  • Pemeriksaan struktur dan desain website
  • Pemeriksaan gambar atau grafis pada website
  • Pemeriksaan judul, meta deskripsi dan hal lain yang berkaitan dengan SEO
  • Uji situs web Anda di semua perangkat dan browser untuk melihat apakah website milik Anda ditampilkan dengan benar
  • Tinjau kampanye iklan dan pemasaran
  • Pulihkan versi situs web sebelumnya untuk memeriksa kesehatan cadangan Anda

Maintenance Website Tahunan

  • Tinjau setiap halaman untuk akurasi konten, tata bahasa, kesalahan ketik, dan relevansi
  • Periksa alamat email yang aktif
  • Pastikan nama domain situs website Anda dan juga sewa hosting diperbarui
Biaya Maintenance Website
Hasil SERP dipengaruhi oleh perawatan website. Sumber Nsplash

Kesimpulan

Pekerjaan maintenance website memang bukanlah pekerjaan yang sederhana. Karena banyak hal yang harus dilakukan, maka biaya maintenance website yang terlihat mahal tentu sepadan dengan hasil yang akan di dapatkan. Yang jelas, pastikan Anda mempercayakan pengelolaan website Anda kepada penyedia jasa maintenance website profesional.

Kami dari perusahaan SEO Anak Sholeh menyediakan layanan jasa maintenance website, jasa SEO, pembuatan website dan layanan digital marketing lainnya. Kami akan bersenang hati membersamai UMKM Anda untuk berkembang. Segera hubungi kami !

Tema WordPress Berita

Source Seo Anak Sholeh

Comment

Leave a Reply

News Feed