5 Tipe Kebahagiaan Dalam Hidup

Merupakan tipe kebahagiaan yang bersumber dari keteraturan, struktur dan fokus. Kebahagiaan ini lebih condong "dipaksakan" untuk ada akan tetapi jika terus menerus dilakukan secara teratur maka akan "terbiasa".

5 Tipe Kebahagiaan Dalam Hidup
5 Tipe Kebahagiaan Dalam Hidup

Definisi bahagia menurut saya adalah penyatuan dan keselarasan antara elemen kehidupan yang satu dengan yang lainnya. Ketika penyatuan dan keselarasan ini berhasil bersinergi maka muncullah kebahagiaan genre baru yang mungkin hanya anda saja yang bisa menyadarinya dan menikmatinya. Atau bahkan bisa anda tularkan ke orang lain sehingga orang lain bisa menikmatinya juga. Inilah kenapa kita sebagai manusia adalah manusia yang sosial dan juga spiritual.

Inilah 5 tipe kebahagiaan dalam hidup:

1. Cinta

Sudah jelas kalau ini ya. Cinta adalah rasa suka yang levelnya tinggi terhadap sesuatu. Cinta berarti mampu mencurahkan segala rasa dan perasaan dalam diri keluar tubuh sehingga mampu dirasakan oleh penerima cinta.

Penerima cinta ini bisa sesama manusia atau makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Bahkan cinta bisa diterima oleh benda mati. Interaksi menggunakan media cinta mampu menghasilkan kebahagiaan.

2. Harga Diri

Dengan ini berarti menjaga nilai-nilai yang sudah ada didalam diri. Harga diri mampu memberikan suatu eksklusifitas tersendiri yang bisa dipancarkan oleh seseorang dari dalam tubuhnya keluar tubuhnya.

Dengan cara ini orang lain bisa melihat dia dengan cara yang jauh lebih positif. Harga diri adalah tipe kebahagiaan yang ketika bisa menjaganya dengan baik, rasanya seperti berada dipuncak dunia dan orang lain menatapnya dengan penuh senyum.

3. Bangga

Ini adalah tolak ukur kebahagiaan yang umumnya terjadi karena ada keselarasan yang ada disekitar kita. Sehingga dengan ini kita sadar akan keselarasan itu dan bereaksi sesuai pada porsinya. Contohnya ada anggota keluarga kita yang memiliki prestasi dibidang akademik. Maka respon kebahagiaan terbaik dari kita adalah bangga untuknya.

4. Percaya Diri

Merupakan tipe kebahagiaan yang mau menerima keadaan fisik dan non fisik apa adanya. Menjadikan suatu kekurangan didalam diri menjadi suatu kelebihan. Jika kekurangan itu tidak bisa dikondisikan maka dihilangkan dan belajar untuk menggantikannya dengan kepositifan yang baru.

5. Disiplin

Merupakan tipe kebahagiaan yang bersumber dari keteraturan, struktur dan fokus. Kebahagiaan ini lebih condong "dipaksakan" untuk ada akan tetapi jika terus menerus dilakukan secara teratur maka akan "terbiasa". Dan tipe kebahagiaan ini baru akan terasa ketika sudah mendapatkan hasil tertentu diaspek kehidupan tertentu.