Inilah 4 Laptop Gaming Keluaran Terbaru dari Asus

Deretan laptop tersebut mencakup ROG Strix Scar 15 dan Scar 17, ROG Zephyrus M16, ROG Flow Z13, serta Asus TUF Gaming F15. Asus melengkapi jajaran laptop gaming ini dengan prosesor Intel Core H series generasi ke-12 yang menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7.

Inilah 4 Laptop Gaming Keluaran Terbaru dari Asus
Inilah 4 Laptop Gaming Keluaran Terbaru dari Asus
Inilah 4 Laptop Gaming Keluaran Terbaru dari Asus
Inilah 4 Laptop Gaming Keluaran Terbaru dari Asus
Inilah 4 Laptop Gaming Keluaran Terbaru dari Asus
Inilah 4 Laptop Gaming Keluaran Terbaru dari Asus

BACA.NEWS - Tidak tangung-tanggung kini perusahaan Asus mengeluarkan 4 Laptop Gaming Terbaru untuk memenuhi kebutuhan konsumen dimasa pandemi, menurut prediksi kami 4 latop varian terbaru dari asus ini bakal laris manis di pasaran seperti keluaran varian sebelumnya, tentu ini akan sangat disukai oleh anak-anak indonesia yang menggandrungi dunia gaming.

Asus mengumumkan lini laptop gaming barunya. Deretan laptop tersebut mencakup ROG Strix Scar 15 dan Scar 17, ROG Zephyrus M16, ROG Flow Z13, serta Asus TUF Gaming F15. Asus melengkapi jajaran laptop gaming ini dengan prosesor Intel Core H series generasi ke-12 yang menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7. 

Prosesor generasi terbaru ini menggabungkan kombinasi dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core) yang diklaim mampu menawarkan performa tinggi untuk memproses tugas-tugas berat serta efisiensi daya saat mengerjakan tugas ringan. Intel Core i9-12900HK memiliki konfigurasi 14 core (6 P-core dan 8 E-core) dan 20 thread yang mampu dipacu hingga 5 GHz. 

Konektivitas keempat lini laptop terbaru dari Asus ini mengandalkan port USB Type-C Thunderbolt 4 yang memiliki kecepatan transfer data hingga 40 Gbps. Dengan kehadiran port Thunderbolt 4, pengguna bisa menghubungkan laptop ke monitor eksternal dengan dukungan hingga resolusi 8K.

Port ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan pengisian daya alternatif menggunakan power bank dengan keluaran daya hingga 100 Watt. Keseluruhan jajaran laptop gaming ROG tersebut juga telah dilengkapi dengan MUX Switch, yaitu chip khusus yang dapat mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop.

MUX Switch diklaim mampu meningkatkan performa laptop sebesar 10 hingga 30 persen saat digunakan selama bermain game. 

1. ROG Strix Scar 15 dan Scar 17

Secara keseluruhan, ROG Strix Scar 15 dan Scar 17 mengusung spesifikasi yang identik. Keduanya sama-sama dibekali prosesor tertinggi Intel Core i9-12900H. Lini laptop ini telah mengusung chip grafis Nvidia GeForce RTX 3070Ti dan RTX 3080Ti, serta menggunakan sistem pendingin Thermal Grizzly Conductonaut Extreme Liquid Metal. 

Yang membedakan kedua laptop tersebut bisa ditemukan di sektor layar. ROG Strix Scar 15 hadir dengan ukuran layar 15 inci, sementara Scar 17 memiliki bentang layar mencapai 17 inci.

Kedua layar tersebut diklaim dapat mendukung resolusi Full HD dengan refresh rate 300 Hz dan kualitas QHD dengan refresh rate 240 Hz. Untuk menunjang kebutuhan gaming, Asus turut menyematkan Dolby Vision HDR dan Adaptive Sync untuk mencegah terjadinya efek screen tearing dan stuttering. 

2. ROG Zephyrus M16

Laptop gaming ROG Zephyrus M16 kembali hadir dengan peningkatan performa. Hal ini dapat dilihat dari aspek hardware yang memiliki konfigurasi prosesor hingga Intel Core i9-12900H. ROG Zephyrus M16 mengunggulkan desain bodi yang minimalis dengan bobot yang cukup ringan. 

Meski mengusung konsep yang simple, namun laptop ini mempunyai layar berukuran cukup luas yakni 16 inci. Layar tersebut memiliki spektrum warna color gamut 100 persen DCI-P3 serta telah mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display.

Tak ketinggalan, ROG Zephyrus M16 hadir dengan memori DDR5 dan konektivitas yang mencakup USB Type-C Thunderbolt 4 dan WiFi 6E terbaru.

3. ROG Flow Z13

ROG Flow Z13 terbagi dalam dua opsi layar, yakni layar 4K 60 Hz dengan spektrum warna color gamut 85 persen DCI-P3. Sementara opsi lainnya adalah layar Full HD 120 Hz dengan color gamut 100 persen sRGB. Keduanya mengadopsi rasio layar 16:10, mendukung teknologi Dolby Vision, dilapisi Corning Gorilla Glass, dibekali Adaptive-Sync, serta mengantongi sertifikasi Pantone Validated Display.

Menawarkan nilai jual yang terletak dari segi layar, ROG Flow Z13 dirancang untuk bisa digunakan seperti tablet. Artinya, layar laptop ini bisa dilepas dari keyboard dan dapat dioperasikan menggunakan layar sentuh (touchscreen). 

Beralih ke sektor dapur pacu, ROG Flow Z13 mengandalkan prosesor Intel Core generasi ke-12 dengan varian tertingginya yaitu hingga Intel Core i9-12900. Tablet gaming ini juga dibekali memori LPDDR5 5200 MHz serta fitur MUX Switch. Ada pula dukungan port USB Type-C Thunderbolt 4 serta WiFi 6E. 

4. TUF Gaming F15

Tidak hanya diisi oleh jajaran laptop dari ROG series, Asus turut menghadirkan TUF Gaming F15 terbaru dalam waktu dekat. Kali ini, TUF Gaming F15 ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-12 serta chip grafis hingga Nvidia GeForce RTX™ 3060 dengan TGP hingga 140 Watt. 

Sistem pendinginan laptop ini mengandalkan dengan kipas Arc Flow Fans berjumlah 84 bilah. Setiap bilah dari kipas tersebut diklaim mampu mengalirkan udara dengan senyap hingga 13 persen lebih baik dari generasi sebelumnya.

Meski telah diumumkan secara global, namun ROG Strix Scar 15 dan Scar 17, ROG Zephyrus M16, ROG Flow Z13, serta Asus TUF Gaming F15 masih belum tersedia di Indonesia. 

Kehadiran jajaran laptop gaming ini diprediksi akan masuk secara resmi ke pasar Tanah Air pada pertengahan tahun 2022. Kita tunggu saja kabar kelanjutan dari 4 laptop terbaru asus. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari baca.news. Mari bergabung di Grup Telegram "Baca.News", caranya klik link https://t.me/bacamedia, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.