18 Alat Penguji Kecepatan Situs Web Gratis

Alat Penguji Kecepatan Website atau situs web memiliki pengaruh signifikan terhadap lalu lintas dan reputasinya. Ini juga salah satu faktor terpenting yang dibutuhkan untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Selain itu, situs web yang lambat menghalangi pengunjung untuk terus menelusuri situs web.

18 Alat Penguji Kecepatan Situs Web Gratis
18 Alat Penguji Kecepatan Situs Web Gratis

BACA.NEWS - 18 Alat Penguji Kecepatan Situs Web Gratis ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap lalu lintas dan reputasi website kamu. Ini juga salah satu faktor terpenting yang dibutuhkan untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari. Selain itu, situs web yang lambat menghalangi pengunjung untuk terus menelusuri situs web.

Dengan demikian, memantau kecepatan halaman web Anda sangat penting. Melakukan tes kecepatan situs web dapat menjelaskan kinerja situs web Anda, titik lemah apa pun yang perlu ditingkatkan, dan membantu mengoptimalkan situs web Anda .

Namun, melakukan tes kecepatan situs web yang tepat bisa menjadi pekerjaan yang rumit. Untuk mendapatkan hasil yang berarti, pemilik situs web perlu memahami metrik utama dan metode pengujian yang benar.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda cara melakukan tes kecepatan situs web dengan menggunakan alat penguji kecepatan website dan menjelaskan metrik utamanya. Selain itu, kami akan menganalisis 18 alat pengujian kecepatan situs web dan menyajikan beberapa tips untuk mengoptimalkan kecepatan situs web Anda.

Cara Menjalankan Tes Kecepatan Situs Web

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sebelum melakukan tes kecepatan situs web.

Pertama, aktifkan caching dan pastikan untuk menggunakan jaringan pengiriman konten (CDN) di situs web Anda. Ini adalah dua alat yang secara signifikan dapat mempercepat waktu pemuatan Anda.

Cache akan menyimpan salinan file situs web baik di sisi klien maupun server. Ini mempercepat waktu buka situs web berikutnya menggunakan file yang disalin alih-alih memintanya lagi dari server situs web.

Periksa dengan penyedia hosting Anda apakah ada alat caching yang diinstal. Di Hostinger, kami telah menginstal LiteSpeed ​​Cache di semua paket hosting, jadi Anda tidak perlu menyiapkannya sendiri.

Jika tidak, dapatkan LiteSpeed ​​atau plugin WordPress pengoptimalan kecepatan apa pun seperti WP Rocket atau W3 Total Cache dan instal di situs WordPress Anda.

Setelah Anda memiliki alat caching, lanjutkan dan siapkan CDN.

CDN adalah jaringan server proxy dan pusat data yang terdistribusi secara geografis. Ini bertujuan untuk mengurangi jarak fisik antara server dan pengguna untuk meminimalkan waktu pemuatan. Menggunakan CDN dapat mengurangi waktu buka hingga 30% .

Setelah Anda menyiapkan caching dan CDN, pilih alat uji kecepatan situs web. Sebaiknya gunakan GTMetrix atau Pingdom untuk pengujian kecepatan situs web desktop dan Google PageSpeed ​​Insights untuk pengujian kecepatan situs web seluler.

18 Alat Penguji Kecepatan Situs Web Gratis

Metode 1: Uji Menggunakan Beberapa Alat

Kami merekomendasikan melakukan beberapa tes kecepatan dengan beberapa alat pengujian. Hasil pengujian dari satu alat mungkin berbeda, jadi menggunakan beberapa alat akan memberikan rentang waktu muat. 

Bandingkan hasil tes untuk mendapatkan angka rata-rata.

Kami juga merekomendasikan menjalankan beberapa pengujian dengan setiap alat. Di GTMetrix, mudah untuk melakukannya dengan mengklik tombol Tes Ulang.

Laporan GTmetrix, menyoroti tombol Tes Ulang

Menjalankan beberapa tes penting untuk membuat caching berfungsi. Saat Anda menjalankan pengujian untuk pertama kalinya, cache tidak menyimpan data apa pun, membuat situs web lebih lambat dari yang seharusnya. Hasil tes kecepatan situs web akan memberi Anda tajuk respons untuk melihat apakah sumber daya di-cache.

Setelah menjalankan pengujian beberapa kali, harus ada cukup penyimpanan dalam cache untuk mengungkapkan kinerja optimal situs web. Melakukannya juga mengukur perbedaan yang dibuat caching di situs web Anda.

Metode 2: Uji di Lokasi Server yang Berbeda

Sebagian besar alat pengujian kecepatan situs web mendukung pengujian dari berbagai lokasi di seluruh dunia. Ini membantu Anda menemukan bagaimana lokasi yang berbeda dapat mengalami kecepatan situs web yang berbeda. Secara alami, semakin jauh dari pusat data, semakin lambat.

Jadikan pengujian lebih relevan dengan menggunakan Google Analytics untuk menemukan dari mana sebagian besar lalu lintas berasal. Kemudian, jalankan pengujian memilih lokasi server sesuai dengan sumber lalu lintas.

Misalnya, jika pengunjung Anda sebagian besar berasal dari Asia, menjalankan pengujian menggunakan server Singapura akan mencerminkan kecepatan situs web sebenarnya yang dialami pengunjung. Jalankan beberapa pengujian jika Anda memiliki berbagai sumber lalu lintas untuk melihat perbedaan kinerja antar wilayah.

Ini juga merupakan kesempatan bagus untuk menguji kecepatan situs Anda dengan dan tanpa CDN diaktifkan. Ini menunjukkan seberapa efektif CDN mempercepat situs web Anda di berbagai wilayah.

Memahami Metrik Kecepatan Situs Web

Setelah memeriksa kecepatan situs Anda, alat ini akan memberi Anda laporan kinerja web. Alat yang berbeda mungkin menyertakan metrik yang berbeda pada hasil pengujiannya.

Namun, yang paling penting untuk dilihat adalah waktu buka halaman .

Laporan pengujian situs web yang menampilkan waktu buka halaman

Beberapa alat mungkin menyebut metrik ini secara berbeda, seperti waktu dimuat penuh , tetapi pada dasarnya, ini mengukur waktu yang diperlukan untuk memuat semua elemen laman.

Pengguna dapat mengklik tombol kembali jika halaman dimuat terlalu lambat. Selanjutnya, mereka akan mendapatkan kesan buruk baik dari website maupun brand. Pengguna yang kecewa juga cenderung tidak mengunjungi situs lagi.

Jika situs web Anda membutuhkan waktu lebih dari dua detik untuk dimuat, lihat detail pada laporan. Sebagian besar alat akan menunjukkan apa yang mungkin menyebabkan laman dimuat dengan lambat dan akan memberikan saran untuk mempercepat situs.

Laporan kinerja yang mengidentifikasi masalah teratas di situs web

Bagan air terjun juga merupakan cara yang baik untuk memvisualisasikan proses pemuatan situs web. Dari sana, Anda dapat memeriksa waktu pemuatan situs web untuk setiap sumber daya, membantu menganalisis mana yang membutuhkan waktu lebih lama.

Bagan air terjun yang merinci proses pemuatan situs web

Klik sumber daya apa pun untuk membuka header HTTP. Ini akan memberi tahu Anda jika sumber daya di-cache atau dikompresi ke dalam GZIP.

Header HTTP yang menunjukkan apakah sumber daya di-cache atau dikompresi ke dalam GZIP

Sekarang, mari kita lihat metrik lainnya.

First Contentful Paint (FCP) mengukur waktu antara permintaan pengunjung dan teks pertama, gambar, atau elemen konten lainnya yang muncul di browser mereka.

Ini tidak menjadi bingung dengan First Paint atau Start Render TimeMetrik ini memperhitungkan elemen non-konten seperti warna latar belakang. Meskipun ini merupakan indikasi yang baik tentang kapan pengguna mendapatkan respons di browser mereka, tidak ada konten yang berarti untuk dilihat.

Cat Contentful Terbesar juga merupakan metrik yang berguna. Mirip dengan FCP, ini mengukur waktu yang dibutuhkan untuk memuat elemen. Namun, metrik ini berfokus pada elemen konten terbesar, seperti gambar pahlawan.

Terakhir, lihat Time to Interactivity . Ini mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan halaman untuk menjadi sepenuhnya interaktif – ketika pengguna dapat mengklik tombol, membuka menu drop-down, atau mengisi kolom teks, misalnya.

Mengapa Kecepatan Halaman Penting?

Kecepatan halaman yang lebih cepat akan meningkatkan pengalaman pengguna, memungkinkan pengunjung menavigasi situs web Anda tanpa harus menunggu lama untuk memuat halaman web.

Kecepatan situs web yang lambat dapat menyebabkan pengguna meninggalkan halaman dan dengan demikian berdampak negatif pada lalu lintas situs web, reputasi, dan retensi pengguna Anda.

Intinya, melakukan pengujian kecepatan halaman situs web penting untuk melacak metrik berikut:

  • Lalu lintas – jika waktu buka halaman meningkat dari satu menjadi tiga detik, kemungkinan terpental meningkat sebesar 32% .
  • SEO – kecepatan halaman penting untuk SEO. Jika halaman Anda tidak dimuat dengan cepat, peringkatnya akan lebih rendah di halaman hasil mesin pencari (SERP).
  • Tingkat konversi – SEO yang buruk dan lalu lintas yang rendah akan berdampak negatif pada tingkat konversi Anda. Jika Anda menjalankan eCommerce atau situs web berbasis langganan, Anda mungkin akan mendapatkan lebih sedikit pelanggan sebagai hasilnya.

Melakukan tes kecepatan web berkala mencegah Anda memiliki situs web yang lambat dan mengalami konsekuensi negatifnya. Ini akan membantu mengungkap masalah apa pun yang mungkin Anda alami dengan situs web Anda dan memberi Anda kesempatan untuk mengoptimalkan dan membuatnya lebih cepat.

18 Alat Uji Kecepatan Situs Web Gratis Teratas

Beberapa alat uji kecepatan situs web gratis mungkin menawarkan ratusan lokasi pengujian dan pengujian simultan.

Kami telah membuat daftar 18 alat uji kecepatan situs web terbaik untuk membantu Anda memilih yang tepat.

1. GTmetrix

Beranda GTmetrix

GTmetrix menggunakan Google Lighthouse untuk mengukur kinerja situs web. Ini mencakup metrik penting seperti waktu terisi penuh, cat puas pertama, dan cat puas terbesar.

Ini juga memberikan detail ukuran konten dan informasi tentang masalah teratas yang memengaruhi kinerja situs web. Pengujian dari beberapa lokasi server juga dimungkinkan.

Untuk melihat seberapa baik kinerja situs web Anda dengan berbagai jenis koneksi jaringan, gunakan fitur pembatasan koneksi, yang memungkinkan Anda memilih kecepatan koneksi.

Menggunakan GTmetrix untuk menguji kecepatan situs web gratis . Namun, ada paket premium yang menawarkan lokasi server pengujian tambahan, pengujian perangkat seluler, dan laporan label putih.

2. Pingdom

Beranda tes kecepatan situs web Pingdom

Pingdom adalah platform pemantauan kinerja situs web yang menawarkan tes kecepatan situs web gratis . Pengguna mendapatkan akses ke metrik penting seperti waktu buka halaman, ukuran halaman, dan tingkat kinerja.

Selain itu, hasil pengujian memberikan saran untuk perbaikan halaman dan perincian ukuran konten.

Pingdom menawarkan layanan premium, seperti monitor uptime, tes kecepatan halaman, serta wawasan transaksi dan pengunjung. Ini juga akan memberi tahu klien jika ada waktu henti. Harga mulai dari $10/bulan .

3. WebPageTest

Beranda WebPageTest

WebPageTest adalah alat gratis yang memungkinkan Anda menguji situs web dari berbagai lokasi dan menggunakan beberapa browser, termasuk desktop, seluler, dan tablet.

Salah satu fitur utamanya adalah pengujian multi-lari. Ini mampu melakukan hingga sembilan kali pengujian dan, pada akhir semua sesi, ini menyediakan pemeriksa kecepatan halaman web, bagan air terjun untuk setiap proses, dan saran peningkatan.

Fitur hebat lainnya adalah tes perbandingan visual. Ini memungkinkan Anda memasukkan beberapa URL untuk mengujinya secara bersamaan dan memberikan perbandingan visual menggunakan tampilan strip film tentang bagaimana halaman dibandingkan satu sama lain.

4. Google PageSpeed Insights

PageSpeed ​​Insights milik Google mengukur pengalaman pengguna di perangkat seluler dan desktop berdasarkan Laporan Chrome UX.

Di bagian atas halaman hasil tes, Anda mendapatkan skor kinerja yang ditentukan oleh Lighthouse, diikuti oleh data lapangan dan lab. Data lapangan berisi informasi tentang apa yang sebenarnya dialami pengunjung di situs, sedangkan data lab dikumpulkan di lingkungan yang terkendali untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah kinerja.

Laporan ini juga memberikan saran untuk pengoptimalan kecepatan yang mencakup perkiraan penghematan waktu pemuatan. Laporan diagnostik menunjukkan tugas dan aplikasi mana yang memengaruhi kinerja situs web.

5. Site Speed (Google Analytics)

Side Speed ​​adalah bagian dari Google Analytics dan mengevaluasi kinerja situs Anda berdasarkan waktu buka halaman, kecepatan eksekusi, dan durasi parse.

Laporan pengujian berisi analisis terperinci dari masing-masing halaman dan kinerja sumber daya, juga memberikan saran pengoptimalan yang disesuaikan.

Untuk menggunakan alat ini, Anda perlu menambahkan Google Analytics ke situs web Anda .

6. Google Test My Site

Uji Situs Saya adalah alat pengujian kinerja situs web seluler yang tersedia secara gratis . Seiring dengan mengukur kecepatan situs web, ini membandingkan situs Anda dengan pesaing.

Ini juga memberikan laporan khusus bersama dengan saran tentang cara meningkatkan kinerja halaman.

Karena sangat penting untuk memberikan kinerja situs web seluler yang sesuai dengan versi desktop situs, alat ini adalah salah satu platform paling berguna untuk mencapainya.

7. KeyCDN Website Speed Test

KeyCDN melakukan tes kecepatan dari 10 lokasi berbeda. Hasilnya menampilkan tiga metrik utama: waktu buka, ukuran halaman total, dan jumlah permintaan.

Laporan lengkap mengelompokkan metrik menggunakan bagan dan memberikan perincian bagan air terjun yang mendetail.

Selain tes kecepatan halaman penuh dan pemeriksaan geolokasi, KeyCDN juga menawarkan berbagai pemeriksaan jaringan dan keamanan seperti kueri DNS dan tes SSL FREAK.

8. Dotcom-Monitor

Alat uji kecepatan situs web Dotcom-Monitor

Alat pengujian kecepatan situs web Dotcom-Monitor menawarkan pengujian waktu buka berbasis browser dari 21 server pengujian. Ini memungkinkan Anda memilih salah satu dari lima browser yang tersedia dan mengonfigurasi kecepatan koneksi untuk pembatasan jaringan.

Versi gratisnya memungkinkan pengujian hingga lima lokasi berbeda secara bersamaan. Namun, jika Anda menggunakan Dotcom-Monitor tanpa mendaftar, itu hanya terbatas pada tiga lokasi.

Anda akan mendapatkan rata-rata waktu buka kunjungan pertama, waktu buka kunjungan berulang, dan laporan waterfall mendetail dari setiap lokasi pengujian.

Versi premium mulai dari $9,99/bulan , menawarkan lokasi bersamaan tanpa batas dan otomatisasi pengujian.

9. Dareboost

Alat uji kecepatan web Dareboost

Alat uji kecepatan Dareboost dapat melakukan pemantauan kinerja dari 13 lokasi dan tujuh perangkat, termasuk seluler.

Fitur utama alat ini mencakup kemampuan untuk mensimulasikan tes kecepatan dengan dan tanpa pemblokiran iklan dan memblokir domain tertentu untuk menemukan penyebab kinerja web yang buruk.

Tes ini memberikan laporan menyeluruh. Ini mencakup rekomendasi yang dibagi menjadi beberapa kategori, seperti aksesibilitas dan rendering browser, sehingga memudahkan untuk memprioritaskan peningkatan yang diperlukan.

Paket gratis memungkinkan hingga lima tes/bulan. Untuk melakukan lebih banyak pengujian dan mengakses layanan pemantauan kinerja, dapatkan paket premium, mulai dari $59/bulan .

10. Geekflare

Beranda Geekflare

Geekflare menyediakan audit menyeluruh terhadap situs Anda, dengan opsi untuk melakukan uji kecepatan menggunakan desktop atau perangkat seluler. Setelah tes, Anda akan mendapatkan laporan yang komprehensif.

Ini memberikan tiga skor: kinerja , praktik terbaik , dan SEO . Selain itu, ada metrik lain yang memeriksa kinerja situs Anda, seperti waktu untuk byte pertama dan cat konten pertama.

Kinerja, praktik terbaik, dan audit SEO menyoroti aspek situs web yang memerlukan pengoptimalan. Selain itu, ada bagan air terjun terperinci dan perincian semua permintaan.

11. Sintetis Relik Baru

Alat Sintetis Relik Baru

Tes online New Relic memungkinkan pemantauan pemuatan halaman dari 20 lokasi berbeda - hanya perlu memasukkan URL, frekuensi pemantauan, dan lokasi pengujian.

Setelah monitor dibuat, monitor akan menghasilkan bagan yang menganalisis kinerja halaman. Pengguna dapat menyesuaikan kebijakan pemberitahuan untuk menerima peringatan tertentu ketika ada masalah.

Paket gratis memungkinkan hingga 10.000 cek pemantauan/bulan. Paket premium menawarkan hingga 10 juta cek pemantauan/bulan dan beberapa akun pengguna. Platform mengikuti model penetapan harga berbasis penggunaan.

12. k6 Load Testing

k6 adalah alat pengujian beban yang dirancang untuk tim teknik dan tersedia dalam dua versi: sumber terbuka dan berbasis cloud.

Versi cloud-nya mampu menjalankan tes dari 17 wilayah di seluruh dunia. Selain itu, pengguna dapat melihat bagaimana kinerja situs web mereka di bawah volume lalu lintas puncak. Jika masalah keandalan muncul, k6 akan segera memberi tahu mereka.

Uji coba gratis tersedia dengan batas 50 uji coba cloud. Jika Anda membutuhkan lebih banyak lari, dapatkan paket premium yang dimulai dari $59/bulan .

Atau, gunakan alat sumber terbuka secara gratis untuk pengujian terbatas dan skala kecil.

13. Alat Uji Kecepatan Situs Web IsItWP

Alat uji kecepatan IsItWP untuk situs web WordPress

IsItWP adalah alat uji kecepatan untuk situs web WordPress. Ini mengukur total waktu muat Anda, ukuran halaman, dan mengumpulkan data lab yang mirip dengan PageSpeed ​​Insights.

Kemudian, ini menilai kinerja situs Anda dan memberikan daftar saran peningkatan yang menarik.

14. Alat Analisis Gambar (Cloudinary)

Alat Analisis Gambar Cloudinary

Alat Cloudinary menganalisis gambar di situs web Anda karena sering kali meningkatkan ukuran halaman total, memperlambat waktu pemuatan.

Alat ini mengungkapkan masalah terkait gambar dan menyarankan tindakan pengoptimalan gambar serta potensi penghematan ukuran.

15. Pemantauan Situs Web TeamViewer

Layanan pemantauan situs web TeamViewer

Layanan pemantauan situs web premium TeamViewer memungkinkan Anda memantau hingga lima URL dengan frekuensi pemeriksaan hingga 20 menit. Ada 32 opsi lokasi yang tersedia, dan Anda dapat memilih hingga dua lokasi untuk setiap pemantauan web.

Wawasan pemuatan halaman memberi Anda waktu pemuatan terperinci untuk setiap elemen, sehingga Anda akan tahu aspek mana yang perlu ditingkatkan. Ini akan mengingatkan Anda jika suatu elemen gagal dimuat atau waktu muat melebihi ambang batas tertentu.

Harga untuk layanan pemantauan web ini adalah $130,80/tahun , dengan jaminan uang kembali 7 hari. Jika Anda memerlukan lebih banyak monitor atau opsi, hubungi tim TeamViewer untuk paket khusus.

16. Alat Pengembang Chrome

Halaman dokumentasi Chrome DevTools

Chrome DevTools adalah layanan yang terpasang di browser Google Chrome. Menargetkan pengembang sebagai pengguna utama mereka, alat ini memfasilitasi pengauditan situs, mendiagnosis masalah, dan mengoptimalkan halaman.

Namun, ini tidak ramah pemula seperti kebanyakan alat lainnya. Menggunakan Chrome DevTools membutuhkan pengetahuan pengkodean dan pemrograman untuk mengoptimalkan situs web sepenuhnya.

17. GiftOfSpeed

Beranda GiftOfSpeed

GiftOfSpeed ​​menyediakan opsi untuk menguji kecepatan situs Anda dari delapan lokasi berbeda. Ini juga menawarkan metrik penting seperti ukuran halaman, waktu untuk konten yang terlihat, dan waktu yang dimuat penuh. Laporan tersebut mencakup bagan air terjun permintaan dan perincian permintaan juga.

Selain itu, ia menyediakan berbagai alat pengoptimalan halaman seperti kompresor gambar dan penghapus jeda baris kode. Untuk melengkapi semua ini, GiftOfSpeed ​​menawarkan layanan pengoptimalan khusus yang tersedia dengan harga khusus.

18. Uptrend

Tes kecepatan situs web tren naik

Alat uji kecepatan situs gratis dari Uptrends mengevaluasi waktu buka situs web Anda di browser desktop atau seluler. Ada 10 lokasi untuk dipilih dan fitur pembatasan bandwidth.

Ini mendukung Google Chrome, Firefox, dan Internet Explorer. Untuk perangkat seluler, ada lebih dari 20 opsi emulasi perangkat.

Paket premium tersedia dengan harga mulai $15,47/bulan untuk 10 monitor situs web.

Kiat untuk Mengoptimalkan Kecepatan Situs Web

Setelah Anda menjalankan beberapa tes kecepatan situs web, Anda mungkin ingin tahu cara mempercepat situs Anda. Kami telah mengumpulkan beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan kinerja situs web.

1. Memanfaatkan Caching

Caching menyimpan konten di penyimpanan lokal. Pengguna mendapatkan konten dari cache yang disimpan daripada mengirim permintaan ke server utama, yang menghasilkan waktu pemuatan yang lebih cepat.

Cara termudah untuk memanfaatkan caching browser adalah dengan menggunakan plugin WordPress. WP Rocket dan W3 Total Cache adalah salah satu plugin caching yang paling populer, dan mereka juga membantu mengoptimalkan aspek lainnya.

Kiat Pro

Untuk memanfaatkan browser untuk kinerja situs web terbaik, pertimbangkan untuk mengaktifkan Keep-Alive , yang memungkinkan browser menggunakan kembali satu koneksi TCP untuk memuat konten halaman.

2. Optimalkan Gambar

Optimalisasi gambar adalah salah satu metode paling umum untuk mempercepat situs web. Ini meminimalkan ukuran file gambar dan karena itu mengurangi ukuran halaman web total.

Ada beberapa cara untuk mengoptimalkan gambar . Yang pertama adalah kompresi gambar, yang dapat mengurangi ukuran gambar tanpa mengorbankan kualitasnya.

Cara kedua adalah dengan mengaktifkan lazy loading. Dengan cara ini, gambar pada halaman tidak akan dimuat hingga pengguna menggulir ke bawah ke bagian yang memuatnya.

3. Aktifkan Kompresi GZIP

Kompresi GZIP adalah metode lain untuk mengurangi ukuran file situs web. Dengan cara ini, pengunjung akan mengunduh data terkompresi alih-alih file berukuran penuh, yang menghasilkan waktu pemuatan yang lebih cepat di sisi klien.

Ada dua cara untuk mengaktifkan kompresi GZIP . Jika Anda menggunakan WordPress, instal plugin WordPress untuk pengoptimalan seperti WP-Optimize atau WP Rocket .

Cara lain adalah dengan memodifikasi file .htaccess . Namun, ini adalah pendekatan yang lebih teknis, jadi sebaiknya buat file cadangan terlebih dahulu.

4. Perkecil File CSS, JavaScript, atau HTML

Minifikasi CSS, JavaScript, atau HTML mempercepat situs web dengan mengurangi ukuran file kode. Ini menghilangkan spasi, karakter, dan garis putih yang tidak perlu untuk membuatnya lebih ringkas namun tetap fungsional.

Meskipun perbedaannya mungkin kecil, sedikit perubahan diperhitungkan saat mengoptimalkan seluruh situs web.

Meminimalkan file CSS, JavaScript, atau HTML secara manual bisa menjadi tugas yang membosankan. Untungnya, ada sejumlah plugin minifikasi untuk membantu Anda, seperti Fast Velocity Minify dan WP Super Minify .

5. Siapkan CDN

Metode lain untuk mengoptimalkan kecepatan situs Anda adalah dengan menyiapkan CDN , yang menyediakan jaringan server proxy yang menangani permintaan pengguna.

Saat pengguna mengakses situs web Anda, mereka mengirim permintaan untuk mendapatkan data situs web Anda. Tanpa CDN, server asal – sumber utama situs web Anda – menangani semua permintaan lalu lintas.

CDN memotong proses ini dengan mengambil beberapa permintaan di server mereka. Selain itu, server CDN ini mungkin secara geografis lebih dekat dengan pengguna, sehingga mengurangi waktu pengiriman konten.

Menyebarkan permintaan ke CDN juga membantu mengurangi penggunaan bandwidth di server utama sehingga dapat menangani lalu lintas dengan lebih baik.

Beberapa paket Hostinger sudah menyertakan CDN, menghemat waktu dalam menyiapkannya dan membantu mengoptimalkan situs Anda sejak awal.

Kesimpulan

Kecepatan situs web adalah aspek yang pasti perlu menjadi bagian dari upaya pengoptimalan situs web apa pun. Karena sebagian besar pengunjung menghindari situs web yang memuat lambat, waktu buka menjadi faktor penting dalam menentukan kualitas pengalaman pengguna.

Waktu pemuatan yang lambat juga memainkan peran penting dalam menyebabkan situs Anda mendapat peringkat rendah di SERP dan mengalami lalu lintas situs web yang rendah. Jadi, Anda tidak ingin masalah ini terjadi pada situs Anda.

Untungnya, ada banyak alat uji kecepatan untuk membantu memantau dan mengoptimalkan halaman web Anda.

Jika Anda mencari yang mudah digunakan, Google memiliki banyak alat praktis seperti Wawasan PageSpeed ​​dan Uji Situs Saya . Mereka gratis dan dibangun langsung ke Google Chrome, jadi mereka juga sangat mudah diakses.

Jika situs web Anda berisi banyak gambar, Alat Analisis Gambar adalah pilihan yang sempurna. Ini membantu meningkatkan penggunaan gambar berkualitas tinggi tanpa mengorbankan waktu muat Anda.

Untuk pengujian pemantauan dan metode pengoptimalan lainnya, Pingdom dan GTMetrix adalah beberapa di antara opsi terbaik Anda. Reputasi dan keahlian mereka memberi Anda akses ke beberapa alat terbaik untuk menguji kinerja web, mengidentifikasi kemacetan, dan memecahkan masalah.

Beri tahu kami di komentar di bawah jika Anda telah menggunakan salah satu alat ini untuk memeriksa kecepatan situs Anda.

Baca juga: Daftar Hosting Terbaik 2022