by

10 Langkah Praktis SEO WordPress Untuk Website Anda

Wpberita Wordpress Theme

SEO menjadi salah satu hal yang penting ketika Anda membangun sebuah website. Apalagi kalau website tersebut merupakan website bisnis yang lalu lintas kunjungan websitenya sangat diharapkan. WordPress yang menjadi salah satu CMS populer di dunia menyediakan beragam fitur dan kemundahan langkah dalam optimasi. Karena itu  SEO WordPress perlu di pelajari.

Mengapa SEO WordPress itu Penting?

Meisn pencarian menggunakan algoritme canggih untuk memahami dan memberi peringkat halaman dengan tepat dalam hasil pencarian. Namun, algoritme tersebut akan maksimal dalam kinerjanya jika dibantu oleh manusia, artinya ada keterlibatan manusia dalam membuat hasil pencarian menjadi sempurna.

Karena itulah keberadaan manusia diperlukan dalam pengadaan konten yang berkualitas, sehingga nantinya hasil yang dikeluarkan oleh mesin pencarian memang sesuai dengan standar dan harapan manusia sebagai penggunanya. Karena itu diperlukan upaya optimasi, termasuk optimasi WordPress sebagai penyedia layanan manajemen konten.

 Jika konten Anda tidak dioptimalkan, mesin telusur tidak akan tahu cara memberikan peringkat. Saat orang menelusuri topik yang Anda tulis, situs web Anda tidak akan muncul di hasil penelusuran, dan Anda akan kehilangan semua lalu lintas tersebut.

Sangat penting bagi semua pemilik bisnis untuk membuat situs web mereka ramah mesin pencari, sehingga mereka dapat memaksimalkan lalu lintas pencarian mereka. Sehingga nantinya akan tercippta konversi yang diinginkan.

SEO WordPress
WordPress menjadi salah satu CMS yang memudahkan untuk SEO. Sumber Pexels

Dasar-dasar SEO WordPress

Menggunakan WordPress untuk membangun situs website tentu akan lebih mudah, termasuk dalam hal melakukan optimasi website tersebut. Setidaknya Anda bisa melakukan langkah berikut ini utuk menjadikan website Anda optimaal dan tentu akna terindeks mesin pencari.

1. Periksa Pengaturan Visibilitas

WordPress pada setelan bawaan biasanya akan menyembunyikan situs web Anda dari mesin pencari. Tujuan dari opsi ini adalah memberi Anda waktu untuk mengerjakan situs web Anda sebelum siap untuk dapat diakses oleh publik.

Jika situs web Anda tidak muncul di hasil pencarian, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa pada pengaturan WordPress tidak ada centang pada Search engine visibility. Caranya adalah :

  • Masuk ke dashboard wordpress
  • Kunjungi Setting
  • Pilih Reading.
  • Pada search engine visibility di pastikan tidak di centang pada Discourage search engines from indexing this site
  • Jangan lupa untuk mengklik tombol save change untuk menyimpan perubahan Anda.

2. Struktur URL Ramah SEO

URL yang dibuat untuk setiap artikel sebaiknya memiliki kemudahan ketika dibaca baik oleh manusia maupun mesin pencari. Inilah beberapa contohnya :

Perhatikan bahwa URL ini dapat dibaca dan pengguna dapat menebak apa yang akan mereka lihat di halaman hanya dengan melihat teks URL.

Baca juga :  10+ Cara Efektif Mendapatkan Passive Income Agar Sukses Besar

Anda perlu mengunjungi halaman

  • Setting
  • Permalinks
  • Pilih custom structure
  • Isikan /%postname% pada bagian isian
  • Save change

Dengan mengubah struktur permalink Anda maka keterbacaan ddi meisn pencar menjadi semakin tinggi. Selain itu, dengan menggunakan opsi costum structure, Anda masih bisa mengubah URL menjadi pendek sesuai keinginan. Hal in untuk menghindari URL yang panjang.

3. Penggunaan Plugin SEO WordPress

Keunggulan WordPress dari CMS lainnya adalah ketersediaan plugin untuk mempermudah dalam pengelolaan website. Ada ribuan plugin WordPress untuk aktifitas SEO yang menjadikan bingung pengguna WordPress pemula. Belum lagi plugin yang berkaitan dengan hal lain selain SEO, tentu sebagai pemula menjadi bingung.

Tentunya Anda tidak akan memasang banyak plugin pada situs WordPress Anda. Ketika memilih plugin SEO WordPress terbaik, kemungkinan besar Anda akan mempersempit pilihan Anda menjadi dua plugin paling populer, yakni All in One SEO (AIOSEO) dan Yoast SEO.

4. Penggunaan Sitemap

XML Sitemap merupakan file khusus yang diformat sebagai daftar isi pada setiap halaman di situs Web Anda. File ini memudahkan mesin pencari untuk menemukan semua konten Anda. Jika Anda menggunakan plugin AIOSEO maka sitemap tersebut akan terbentuk otomatis.

Meskipun menambahkan peta situs XML tidak meningkatkan peringkat pencarian situs Anda, namun file ini akan membantu mempercepat kinerja mesin pencari dalam pengindeksan. Anda bisa mengunjungi sitemap tersebut dengan memasukkan alamat ini :

http://situsanda.com/sitemap_index.xml

5. Submit Website ke Google Search Console

Anda juga bisa melihat bagaimana pengguna internet menemukan situs web Anda, bagaimana setiap halaman muncul di hasil pencarian, dan seberapa sering halaman Anda diklik. Semua informasi ini membantu Anda memahami apa faktor yang menjadikan website Anda ada di peringkat atas.

Google Search Console juga memberi tahu Anda bila ada yang salah dengan situs web Anda, seperti halaman yang tidak dapat diakses, menemukan konten duplikat, dan hal lainnya.

SEO WordPress
Anda bisa memantau perkembangan website dari Google Search Console. Sumber Unsplash

6. Melakukan Riset Kata Kunci

Riset kata kunci adalah teknik penelitian yang digunakan oleh pembuat konten dan pakar SEO. Teknik ini membantu Anda menemukan kata-kata yang sering dimasukkan pengguna ke mesin pencari untuk mencari konten, produk, dan layanan di mesin pencari.

Anda kemudian dapat menggunakan kata dan frasa tersebut untuk pembuatan konten di web Anda dengan tujuan mendapatkan lebih banyak lalu lintas pencarian. Ada banyak sekali alat penelitian kata kunci baik yang gratis maupun berbayar.

7. Posting Blog Yang Berkualitas SEO

Semua plugin SEO, seperti Yoast akan membantu Anda dalam membuat konten. Plugin tersebut akan menuntun Anda menambahkan judul, deskripsi, dan kata kunci fokus ke setiap posting dan halaman blog.

Baca juga :  Boneka uji NASA untuk misi bulan membutuhkan bantuan Anda memilih nama

Karena itu penting untuk membuat postingan konten yang memenuhi standar SEO. Dengan menggunakan plugin tersebut, Adna akan terbantu dalam membuat artikel konten yang sesuai dengan standar SEO versi plugin yang Anda gunakan. Inilah yang harus diperhatikan ketika membuat artikel konten standar SEO :

1. Menggunakan Kategori dan Tag dengan Benar

Kategori dan tag juga membantu mesin pencari memahami struktur dan konten situs web Anda. Selain itu bagi pembaca manusia, mereka akan terbantu menemukan berbagai konten yang diklasifikasi berdasarkan tema.

Kategori dimaksudkan untuk pengelompokan posting Anda secara luas. Jika blog Anda adalah sebuah buku, maka kategori akan menjadi daftar isi. seangkan tag menggambarkan kata kunci yang lebih spesifik dari setiap postingan. Misalnya, posting blog yang memiliki kategori SEO dapat memiliki tag seperti internal backlink, eksternal backlink, plugin SEO dll.

Pengguna dapat menelusuri situs web Anda dengan lebih mudah ketika memiliki kategori dan tag yang benar. Selain itu penggunaan kategori dan tag yang benar akan memudahkan mesin pencari untuk menelusuri situs web Anda.

2. Menambahkan internal link

Backlink menjadi salah satu parameter yang dominan dalam penilaian posisi SERP oleh mesin pencari. Inilah sebabnya mengapa penting bagi Anda untuk menautkan ke konten Anda sendiri dari posting dan halaman blog Anda yang lain. Artinya antara satu konten dengan konten lainnya menjadi berkaitan.

Penggunaan internal link akan mempertinggi nilai pengalaman pengguna, meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs Anda, dan pada akhirnya akan meningkatkan skor SEO dari setiap posting dan halaman blog Anda.

3. Menambahkan eksternal link

Untuk peringkat pencarian yang baik, Anda perlu memastikan bahwa tautan Anda berada di website lain daripada Anda sendiri mengambil tautan dari website lain. Namun Anda sebaiknya tetap mengambil tautan dari website lain.

Tidak masalah jika Anda mengambil tautan dari website lain yang otoritatif seperti Wikipedia. Namun jika Anda mengutip link website lain yang tidak diketahui tingkat otoritatif-nya, Anda bisa menggunakan tautan eksternal no-follow.

Tautan eksternal normal terlihat seperti ini di HTML:

<a href=”http://contohweb.com”>anchor teks</a>

Tautan eksternal dengan atribut nofollow terlihat seperti ini:

<a href=”http://contohweb.com” rel=”nofollow”> anchor teks </a>

4. Komentar Pada WordPress

Komentar pada WordPress menjadi dua sisi mata uang yang bertolak belakang. Komentar bisa menghancurkan reputasi SEO, namun juga bisa menunjukkan keterlibatan aktif pengunjung website yang nantinya akan berpengaruh dengan nilai SEO.

Baca juga :  Semua yang kami ketahui tentang pengaturan kamera iPhone 13 sejauh ini

Karena itulah Anda harus memastikan bahwa komentar yang ada pada blog Anda bukanlah komentar spam. Spam biasanya mengandung tautan buruk yang dapat mempengaruhi SEO Anda. Anda bisa menggunakan plugin untuk menghilangkan komentar spam di WordPress.

5. Buat Kutipan

Mesin pencari dalam memberikan informasi list website pada SERP tentu tidak menampilkan semua konten. Karena itu diperlukan kutipan yang nantinya akan menampilkan sebagian konten pada website Anda.

Anda bisa memberikan kutipan untuk memberikan informasi singkat tentang konten Anda ketika konten tersebut terindeks mesin pencarian. Pada plugin Yoast, ada fitur yang memungkinkan untuk  menambahkan kutipan dengan mudah.

6. Mengoptimalkan Gambar

Gambar yang ada pada konten akan lebih menarik daripada teks tetapi juga membutuhkan lebih banyak waktu untuk dimuat. Karena itu dalam pemberian gambar, Anda perlu menerapkan trik berikut ini kerika memasang gambar di postingan.

  • Ukuran file yang tidak terlalu besar
  • Kualitas gambar yang bagus
  • Menambahkan teks alternatif dan caption
  • Gambar berupa infografis akan lebih menarik

8. Mempercepat Pemuatan

Banyak dari berbagai studi mengatakan bahwa pengunjung website akan segera meninggalkan website yang lamban dalam pemuatannya. Karena itu penting untuk memastikan website memuat dengan cepat.

Mesin pencari seperti Google sekarang memberi peringkat situs web yang lebih cepat dengan nilai yang lebih tinggi daripada situs web yang memuat lambat. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempercepat wordpress saat akses. Anda bisa menemukan trik ini di artikel lain pada website ini.

9. Menggunakan SSL

Website yang menggunakan alamat HTTPS dan terdapat gembok pada adress bar-nya menandakan website tersebut aman karena menggunakan SSL. SSL atau Secure Sockets Layer adalah teknologi yang mengenkripsi koneksi antara browser pengguna dan server yang mereka hubungkan. Biasanya perusahaan hosting WordPress menawarkan sertifikat SSL gratis pada paket penjualannya.

10. Tampilan Mobile

SEO WordPress
Tampilan mobile memudahkan pengunjung website mengakses website Anda. Sumber Unsplash

Anda perlu menampilkan website Anda sesuai dengan prangkat mobile, karena sebagian besar pengguna internet menggunakan perangkat mobile untuk akses internet sehari-hari. Ada banyak theme pada WordPress yang support dengan tampilan mobile. Anda bisa mengunduhnya baik yang versi gratis atau berbayar.

Penutup

Itulah beberap ulasan mengenai SEO WordPress yang bisa kami sampaikan. Semoga artikel ini membantu Anda dalam upaya mengoptimalkan situs WordPress Anda dengan benar. Jangan lewatkan artikel menarik lainnya dari SEO Anak Sholeh yang akan diperbarui setiap pekan. Terima kasih.

Tema WordPress Berita

Source Seo Anak Sholeh

Comment

Leave a Reply

News Feed